Apa itu Sertifikat SSL dan Apakah Anda Membutuhkannya?

Apa Itu Sertifikat Ssl Header

Internet adalah tempat terbuka yang bisa diakses siapapun, dimanapun, dan kapanpun. Semakin bebas, mudah, dan banyak orang yang menggunakannya, maka sudah bisa dipastikan ada orang-orang jahat yang ingin mengambil keuntungan dari anda sebagai pengguna internet. Keamanan untuk internet menjadi sangat penting dan untuk itu hadirnya sebuah sertifikat SSL. Apa itu sertifikat SSL sebenarnya?

Apa itu Sertifikat SSL?

Sertifikat SSL (Secure Sockets Layer) adalah sebuah sertifikat digital yang bisa didapatkan oleh organisasi dan bahkan individual yang memungkinkan kita untuk mengamankan koneksi antara server web dan browser. Cara mengamankan koneksinya adalah dengan mengikat kunci cryptographic kepada informasi organisasi atau individual.

Kunci cryptographic adalah sebuah kunci yang digunakan untuk mengubah data informasi dari bentuk yang bisa dibaca manusia menjadi bentuk yang tidak dapat dibaca lagi, kecuali dengan menggunakan kunci ini.

Kesimpulannya, sertifikat SSL digunakan dan dipasang di situs web. Situs yang memiliki sertifikat SSL sebagai keamanan memiliki tampilan berbeda jika anda memperhatikannya lewat address bar browser anda.

Koneksi Aman Situs Windowsku

Sebagai contoh adalah situs ini yang sudah memiliki sertifikat SSL. Gambar diatas menunjukkan bahwa koneksi anda ke situs ini aman dan sudah terenkripsi. Selain ciri khas tersebut, situs ini juga secara otomatis mengarahkan anda ke HTTPS dimana artinya adalah “secure” atau aman. Jika anda mengakses situs yang tidak memiliki sertifikat SSL, maka situs tersebut menggunakan HTTP tanpa S.

Untuk apa biasanya situs menggunakan sertifikat SSL?

Dengan sertifikat SSL, koneksi antar server dan anda sebagai klien aman dan bersifat pribadi. Apapun model internet anda seperti mengakses situs di browser, menggunakan email, chatting, dan hal lainnya yang berbasis internet biasanya menggunakan sertifikat ini. Sertifikat SSL ini akan mengenali identitas situs dan melakukan enkripsi menggunakan teknologi SSL.

Ketika anda mengakses sebuah situs, data situs tersebut juga berasal dari komputer, layaknya komputer yang anda gunakan saat ini dan dikirimkan ke anda. Saat pengiriman ini, orang yang tidak bertanggung jawab seperti cracker atau hacker dapat mengganggu bahkan mengambil data-data anda jika situs yang anda akses memiliki formulir untuk anda mengisi informasi seperti nama, alamat, no rekening, dan lain-lain.

Dengan sertifikat SSL, data yang anda terima maupun anda kirim akan di enkripsi, sehingga pihak jahat tidak dapat mengambil data anda. Hal ini juga memastikan bahwa informasi tersebut terjadi hanya untuk 2 orang, yaitu komputer server dan anda sendiri.

Siapa yang menyediakan sertifikat SSL?

Banyak perusahaan yang menawarkan sertifikat SSL yang bisa anda gunakan untuk situs anda. Berikut beberapa perusahaan tersebut:

Sertifikat Ssl Windowsku

Sedangkan situs ini saat ini menggunakan Comodo SSL yang bisa anda lihat sertifikatnya dengan mengklik tulisan “Secure” atau “Aman” pada address bar browser anda.

Jika saya memiliki situs, apakah saya membutuhkan sertifikat SSL ini?

Saat ini, kebutuhan akan informasi yang bersifat personal atau pribadi semakin meningkat. Karena tidak ada pihak ketiga yang dapat mengganggu antara anda dan situs yang anda kunjungi jika anda menggunakan sertifikat SSL.

Pernahkah anda mengakses sebuah situs, kemudian situs tersebut menayangkan iklan dari penyedia internet anda seperti Telkom atau provider lain seperti Indosat dan XL? Jika anda menggunakan penyedia internet tersebut dan membuka situs tanpa sertifikat SSL, bisa saja penyedia internet tersebut menyusupi iklan yang sebenarnya tidak ada di situs tersebut. Hal ini mungkin bagi kita biasa saja karena hanya disusupi iklan. Tapi sebagian orang, termasuk saya ini adalah yang tidak benar. Untuk itulah penulis dan banyak pemilik situs lain menggunakan sertifikat SSL untuk menjaga anda sebagai pembaca.

Sertifikat Ssl Bukalapak
Contoh situs E-Commerce Bukalapak yang menggunakan sertifikat SSL

Situs lain seperti situs E-Commerce tentu sudah menjadi kewajiban menggunakan sertifikat SSL. Karena di situs belanja online, anda akan memasukkan informasi pribadi, bahkan nomor rekening dan no HP serta melakukan pembayaran online. Sehingga jangan anda beli online jika situs tersebut tidak memiliki sertifikat SSL.

Jika anda memiliki situs web, penulis juga sangat menyarankan anda untuk menggunakan sertifikat SSL. Sertifikat SSL ada yang berbayar dan juga ada yang gratis. Contoh penyedia sertifikat SSL gratis yang paling terkenal saat ini adalah Let’s Encrypt.

Saya memiliki situs, bagaimana cara memesan dan memasang sertifikat SSL?

Cara termudah untuk mulai menggunakan sertifikat SSL adalah menanyakannya kepada pihak penyedia hosting anda. Penyedia hosting merupakan perusahaan yang memberikan anda tempat untuk menaruh situs anda. Biasanya hosting tersebut menyediakan pemesanan dan pemasangan sertifikat SSL.

Layanan Niagahoster Sertifikat Ssl

Setiap penyedia hosting memiliki layanan chatting atau tiket agar anda bisa bertanya bagaimana cara tercepat memasang sertifikat SSL, baik yang versi gratis maupun berbayar. Sebagai contoh penyedia hosting dari Windowsku yaitu Niagahoster menawarkan SSL gratis selamanya jika anda menggunakan layanan hostingnya. Selain versi gratis, anda juga bisa membeli sertifikat SSL berbayar yang disediakan oleh Comodo SSL.

Bagaimana menurut anda artikel Apa itu Sertifikat SSL?

Pertanyaan apa itu sertifikat SSL sudah terjawab disini. Sertifikat SSL ini sangat penting untuk situs dan juga untuk anda. Walaupun internet bersifat terbuka, akses yang digunakan tentu tetap harus personal dan anda hanya saja yang bisa tahu apa saja situs yang anda buka saat ini. Lalu, apakah anda ingin menggunakan sertifikat SSL di situs anda? Silahkan tulis di kotak komentar ya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.