Apa Itu Snapdragon – Semua Yang Perlu Anda Ketahui

Apa Itu Snapdragon Header

Apa itu Snapdragon? Banyak sekali yang bertanya-tanya mengenai istilah ini. Pertanyaan ini muncul bagi kita yang semakin teliti dalam membeli smartphone. Snapdragon sama halnya seperti jantung manusia yang pastinya sangat penting untuk kita ketahui. Lalu, apa itu Snapdragon? Apa saja peran dari perangkat ini? Mari kita sama-sama ketahui.

Apa itu Snapdragon?

Orang Menggunakan Smartphone Snapdragon

Snapdragon adalah seperangkat system on a chip (SOC) yang biasa digunakan oleh perangkat mobile dan dipasarkan oleh Qualcomm yang memiliki banyak fungsi. Fungsinya banyak karena Snapdragon merupakan sebuah sistem yang saling terkoneksi (System on Chip). Sebagai contoh, berikut perangkat yang digunakan di SOC Snapdragon 845:

  • Central Processing Unit (CPU)/Prosesor – Menggunakan ARM RISC Instruction Set, yaitu sebuah arsitektur bagaimana cara CPU bekerja . Satu CPU biasanya memiliki banyak coreProsesor yang dimiliki oleh Qualcomm adalah Qualcomm Kryo.
  • Graphic Processing Unit (GPU) – Digunakan untuk mengolah informasi visual atau grafik. Qualcomm menggunakan Adreno untuk GPU.
  • Wireless Modem – Sebuah modem yang digunakan untuk koneksi internet. Qualcomm memiliki modem bernama Qualcomm X dan diikuti 2 angka. Saat artikel ini turun, versi terakhir modemnya adalah Qualcomm X24.
  • Digital Signal Processor (DSP) – Sebuah microprocessor yang dikhususkan untuk memproses sinyal-sinyal tertentu. Misalnya penggunaan sonar, radar, dan berbagai sensor lainnya. DSP yang dimiliki oleh Qualcomm adalah Qualcomm Hexagon.
  • Image Signal Processor (ISP) – Seperti namanya, prosesor ini digunakan untuk memproses sinyal gambar. Di sinilah gambar atau video yang anda hasilkan di smartphone akan diproses. ISP yang dimiliki Qualcomm bernama Qualcomm Spectra.
  • Qualcomm Aqstic Audio – Dengan teknologi ini, suara yang dihasilkan dari smartphone dapat lebih jernih, pengurangan suara bising, dan lain-lain. Teknologi ini mencakup audio codec, DAC, penguat daya, dan berbagai teknologi software untuk audio dan suara yang saling bekerja sama.
  • System Memory – Memori yang digunakan untuk penyimpanan sementara data yang akan di proses oleh SoC. Untuk Snapdragon 845, System Memory dalam bentuk L2 Cache adalah sebesar 2 MB.
  • Qualcomm Mobile Security – Sesuai namanya, bagian ini melindungi smartphone anda dari tangan-tangan tak bertanggung jawab. Dukungan keamanan seperti Password, sidik jari, pemindaian wajah, hingga iris mata nantinya disimpan dalam bagian ini untuk di autentikasi.

Tidak semua prosesor Snapdragon memiliki semua fitur yang dibahas diatas. Namun anda bisa mendapatkan gambar seperti apa fitur dimiliki prosesor kelas atas seperti Snapdragon 845.

Sejarah singkat

Qualcomm Snapdragon pertama kali diperkenalkan pada bulan November 2006 dan dirilis pada bulan November 2007. Snapdragon ini menggunakan prosesor Scorpion yang sebelumnya sudah dirilis oleh Qualcomm pada tahun 2005. Qualcomm bekerja sama dengan ARM untuk membuat SoC dengan arsitektur milik ARM. Pada saat itu, prosesor Scorpion memiliki arsitektur yang mirip dengan Cortex-A8.

Maskot Qualcomm Snapdragon

Nama ‘Snapdragon’ ini pun cukup unik. Pembicara dari Qualcomm mengatakan bahwa “Snap dan Dragon terdengar sangat cepat dan ganas”. Snapdragon pertama yang dirilis diberi nama QSD8250 dimana SoC ini diklaim merupakan SoC pertama yang memiliki kecepatan 1 GHz untuk prosesor smartphone. Karena pesaing lainnya hanya memiliki kecepatan 500 mHz saja. Pada saat itu, Snapdragon mampu mendukung layar hingga 720P, 3D Graphics, dan kamera hingga 12 MP.

Pada akhir tahun 2009, beberapa merk ternama seperti Acer, HTC, Toshiba, dan Sony mengumumkan akan menggunakan Snapdragon di smartphone mereka. Smartphone seperti Acer Liquid Metal, HTC HD2, Toshiba TG01, dan Sony Ericssson Xperia X10 semuanya menggunakan Snapdragon. Terbukti bahwa prosesor Snapdragon memang lebih hemat daya dan lebih kecil ukurannya jika dibandingkan yang lain.

Bahkan Snapdragon juga dapat digunakan di Netbook. Pada bulan November 2008, Qualcomm memiliki rencana untuk membuat SoC untuk Netbook. Dan ternyata benar pada tahun tersebut, Qualcomm merilis prototype SoC dengan nama Kayak yang memiliki clock speed sebesar 1,5 GHz. Produsen pertama yang menggunakan SoC Snapdragon untuk Netbook adalah Lenovo.

Snapdragon Wear 2100

Selain smartphone dan netbook, Snapdragon juga digunakan untuk penggunaan otomotif dan jam tangan pintar. Untuk otomotif, Qualcomm salah satunya meluncurkan Snapdragon 602A. Untuk jam tangan pintar, salah satunya ada Snapdragon Wear 2100.

Snapdragon saat ini

Hingga saat ini, Snapdragon milik Qualcomm terbilang sangat sukses dalam hal jumlah penggunaannya di smartphone, khususnya smartphone Android. Bahkan pada bulan Juli 2014, ada 41% smartphone yang menggunakan Snapdragon. Mulai dari smartphone Android paling murah dan paling mahal sekalipun, Snapdragon bisa anda temukan.

Asus Zenfone 5z

Saat artikel ini turun, prosesor terbaru dan paling kuat adalah Snapdragon 845 dan bisa anda temukan di Asus Zenfone 5 yang baru. Zenfone 5z merupakan smartphone pertama di Indonesia yang menggunakan SoC tersebut. Selain smartphone, memang Snapdragon juga digunakan untuk otomotif dan juga smartwatch tapi persentase penggunaannya tidak terlalu besar seperti smartphone.

Pada acara Computex 2017, Qualcomm dan Microsoft bekerja sama untuk membuat laptop dengan prosesor Snapdragon. Jika biasanya kita membeli laptop melihat spesifikasi laptop prosesornya pasti antara Intel maupun AMD. Nah, beberapa waktu lagi pasar laptop semakin berkembang berkat adanya logo baru yaitu logo Snapdragon. Yang membuat Snapdragon lebih memikat adalah konsumsi dayanya yang lebih rendah daripada Intel dan AMD, sehingga laptop akan memiliki waktu hidup yang lebih lama.

Hp Envy X2 Snapdragon

Produsen laptop seperti HP, Acer, dan Lenovo merupakan produsen pertama yang menggunakan SoC Snapdragon di laptopnya. Contohnya saja adalah HP Envy X2 (2018) yang diklaim dapat bertahan terus digunakan hingga 22 jam berkat menggunakan SoC Snapdragon 835. Karena menggunakan Snapdragon, tentu laptop ini bisa anda masukkan kartu SIM sehingga bisa berinternet dimanapun dan kapanpun.

Untuk pasar smartwatch, Qualcomm mengklaim bahwa akhir tahun 2018 ini mereka akan meluncurkan SoC Snapdragon baru khusus untuk smartwatch. Karena sebelumnya, smartwatch yang menggunakan Android Wear (kini bernama Wear OS) menggunakan SoC yang ketinggalan zaman yaitu menggunakan Snapdragon 400 dan itupun dibuat untuk smartphone. Dengan hadirnya Snapdragon Wear seperti Snapdragon Wear 2100 yang khusus untuk smartwatch, konsumsi dayanya pun diharapkan lebih baik.

Saya sangat tertarik membeli smartphone berbasis Qualcomm Snapdragon

Tak perlu khawatir karena penulis sudah memiliki artikel khusus untuk membahas cara memilih smartphone dengan SoC Qualcomm Snapdragon. Disana, anda bisa menemukan apa saja seri Snapdragon, daftar SoC Snapdragon, dan berbagai smartphone yang bisa anda beli.

Bagaimana menurut anda artikel Apa Itu Snapdragon?

Setelah anda membaca artikel ini, anda pastinya sudah tahu betul apa itu Snapdragon. Apakah anda memiliki smartphone atau ingin membeli smartphone dengan Snapdragon? Bagaimana menurut anda mengenai Snapdragon? Silahkan tulis di kotak komentar.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.