Apa itu Superkomputer? 10 Superkomputer Yang Ada Saat Ini!

Apa Itu Superkomputer Header

Tidak semua komputer diciptakan untuk menangani beban pekerjaan yang sama. Prosesor yang tersedia di pasaran pun bermacam-macam yang disesuaikan dengan kebutuhan dan harga. Namun, kebutuhan akan pemrosesan data yang lebih cepat dan lebih banyak membuat terciptanya Superkomputer. Lalu, apa itu Superkomputer dan bagaimana bentuknya?

Apa itu Superkomputer?

Superkomputer

Sebenarnya Superkomputer sama saja dengan komputer biasa dalam hal fungsional, namun bedanya hanyalah Superkomputer dapat memproses data lebih cepat dan lebih banyak. ‘Tenaga’ dari superkomputer biasanya diukur berdasarkan berapa operasi sistem tersebut dapat memproses setiap detik.

Teraflop dan Petaflop

Pernah mendengar istilah Teraflop? Teraflop adalah satuan untuk mengukur seberapa cepat sebuah perangkat (dalam hal ini komputer) melakukan kalkulasi floating point (FLOP) setiap detiknya. Kalkulasi FLOP ini mencakup angka integer, bilangan nyata, dan desimal lalu di acak dan dijadikan sebuah soal untuk dikalkulasikan oleh perangkat.

Sebagai contoh, kalkulator yang biasa kita pakai memiliki kecepatan penghitungan sebesar 10 FLOP. Itu artinya, setiap detik kalkulator sanggup menyelesaikan 10 perhitungan angka. Lalu, bagaimana dengan Teraflop?

Teraflop merupakan satuan triliun untuk FLOP. Sehingga jika komputer anda memiliki kecepatan 1 Teraflop, maka komputer anda sanggup menyelesaikan penghitungan angka sebanyak 1 triliun dalam 1 detik. Tentu terdengar sangat cepat bukan? Namun, ketika anda mendengar Petaflop, satuan ini untuk saat ini hanya digunakan untuk superkomputer.

1 Petaflop adalah sama dengan 1000 Teraflop. Kecepatan seperti itulah yang sanggup dilakukan oleh superkomputer, bahkan lebih. Tentu komputer biasa yang dijual di toko-toko belum ada yang memiliki kecepatan sebanyak itu.

Daftar superkomputer tercepat di dunia

Dari penjelasan diatas, anda sudah tahu bagaimana performa superkomputer sebenarnya. Tentu kita harus memiliki contoh superkomputer yang ada untuk benar-benar tergambarkan di benak kita semua.

Berikut daftar 10 superkomputer tercepat di dunia yang dihimpun oleh Top500 pada bulan Juni 2018.

No. Nama Jumlah Core Kecepatan (Teraflop) Daya (kW)
1 Summit (Amerika Serikat) 2.282.544 122.300 8.806
2 Sunway Taihulight (Cina) 10.649.600 93.014,6 15.371
3 Sierra (Amerika Serikat) 1.572.480 71.610 (Belum ada informasi)
4 Tianhe-2A (Cina) 4.981.760 61.444,5 18.482
5 AI Bridging Cloud Infrastructure (ABCI) – (Jepang) 391.680 19.880 1.649
6 Piz Daint (Switzerland) 361.760 19.590 2.272
7 Titan (Amerika Serikat) 560.640 17.590 8.209
8 Sequoia (Amerika Serikat) 1.572.864 17.173,2 7.890
9 Trinity (Amerika Serikat) 979.968 14.137,3 3.844
10 Cori (Amerika Serikat) 622.336 14.014,7 3.939

Mari kita bicara sedikit mengenai superkomputer tercepat saat ini yaitu Summit.

Summit, Superkomputer tercepat saat ini

Summit merupakan superkomputer yang di buat oleh IBM untuk digunakan di Laboratorium Nasional Oak Bridge. CPU yang Summit miliki menggunakan 2 IBM POWERS 9.216 dan GPU yang dipakai menggunakan 6 NVidia Volta 27.648. Jumlah node yang ia miliki mencapai 4.608 dan masing-masing node memiliki performa sebesar 42 Teraflop.

Spesifikasi mencengangkan lainnya yaitu untuk kapasitas memori per node yaitu sebesar 512 GB dengan jenis DDR4 ditambah dengan 96 GB memori jenis HBM2. Total memori yang Summit miliki berjumlah lebih dari 10 Petabyte DDR4! Sedangkan sistem operasi yang Summit gunakan adalah Red Hat Enterprise Linux (RHEL) versi 7.4.

Dengan spesifikasi yang benar-benar tinggi, sebenarnya untuk apakah superkomputer ini? Mari kita bahas bersama.

Penggunaan Superkomputer di seluruh dunia

Seperti yang sebelumnya dibahas, penggunaan superkomputer pada dasarnya sama saja dengan komputer biasa yang kita pakai, namun jika pekerjaannya benar-benar kompleks dan cukup lama untuk komputer biasa untuk melakukannya, maka superkomputer bisa jadi solusi yang tepat.

Ada 3 tempat atau bidang dimana superkomputer biasa dipakai. Mungkin masih banyak tempat lain, tapi kita bahas saja tempat atau bidang yang paling banyak penggunaannya.

Militer

Pastinya anda tidak menyangka bahwa militer juga menggunakan superkomputer. Penggunaan superkomputer di bidang militer biasanya digunakan ketika pihak militer ingin melakukan simulasi eksperimen untuk demonstrasi peledakan atau skenario penembakan untuk penangkapan teroris. Sehingga, para prajurit dapat bertindak sesuai simulasi dan bisa mengurangi hilangnya nyawa prajurit

Desain Pesawat

Penggunaan lain di bidang militer mencakup pattern recognition, dimana superkomputer dapat mengenali pola pergerakan musuh di dalam sebuah gedung. Selanjutnya penggunaan superkomputer untuk pengolahan citra satelit digunakan untuk menganalisa bidang tanah dimana prajurit akan bertarung dengan lawan. Militer pun pastinya punya mesin senjata seperti pesawat, tank, dan lain-lain yang mungkin di desain oleh superkomputer karena desain produk seperti itu harus memiliki desain yang rinci. Dan masih banyak lagi pengaplikasian superkomputer di bidang militer.

Pemerintahan

Tentu pemerintahan ingin seluruh rakyatnya sehat. Untuk itu, pemerintahan seperti pemerintahan Amerika Serikat memiliki superkomputer yang ditujukan khusus untuk mempelajari penyakit, dalam kasus ini adalah penyakit hepatitis C yang disebabkan oleh virus. Dengan superkomputer, para peneliti berhasil membuat sebuah terapi baru yang dapat mengurangi dan bahkan menyembuhkan penyakit hati pada pasien.

Selain di bidang medis, superkomputer digunakan untuk membuat sebuah model cuaca yang membantu badan metereologi memprediksi angin topan dan badai. Bahkan superkomputer yang lebih canggih dapat memprediksi bencana tersebut 5 hari sebelumnya.

Industri

Semakin banyak industri saat ini yang mulai menggunakan superkomputer. Salah satu penggunaannya adalah simulasi mesin jet dengan teknologi terbaru. Perusahaan-perusahaan aerospace tersebut tentu butuh superkomputer agar dapat melakukan simulasi tersebut dengan cepat.

Sama seperti pemerintahan, beberapa industri swasta juga menggunakan superkomputer untuk mendesain kendaraan baik darat, laut, maupun udara. Contohnya seperti pesawat yang dapat didesain di superkomputer, sekaligus melakukan simulasi jika desain pesawat tersebut terbang dengan kecepatan yang bisa ditentukan.

Bagaimana menurut anda artikel Apa itu Superkomputer?

Setelah anda membaca artikel ini, anda mengerti apa itu superkomputer, apa saja contohnya, dan bagaimana pengaplikasiannya di dunia nyata. Lalu, apakah anda pernah menggunakan superkomputer? Sepenting apakah superkomputer di pekerjaan anda saat ini jika anda diberikan satu buah superkomputer? Silahkan tulis di kotak komentar ya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.