Apa Itu Permissions Di Android Dan Kenapa Anda Harus Berhati-Hati

Setiap kali anda memasang aplikasi baru di Android, sebenarnya anda memberikan izin aplikasi tersebut untuk mengakses beberapa informasi smartphone anda. Hal tersebut dinamakan Permissions dan biasanya, anda tidak tahu kapan anda memberikan izin tersebut. Jika hal tersebut terdengar mengerikan, maka anda harus paham apa itu permissions dan kenapa anda harus berhati-hati di artikel ini.

Apa Itu Permissions Di Android Dan Kenapa Anda Harus Berhati-Hati

Di artikel ini, anda akan mempelajari apa itu Permissions di Android serta bagaimana hal tersebut dapat mengganggu privasi anda. Selain itu, anda juga mengetahui bagaimana mengatur permissions tersebut agar sesuai dengan keinginan anda. Langsung saja, ini dia pembahasannya.

Apa itu Permissions?

Permissions adalah sebuah hak akses yang ada pada aplikasi agar aplikasi tersebut dapat mengakses beberapa informasi dari smartphone anda. Seperti yang anda ketahui, Android yang anda miliki memiliki informasi personal, seperti lokasi anda saat ini, kontak, dan bahkan foto-foto pribadi anda.

Permissions Di Aplikasi Facebook

Agar aplikasi dapat memberikan manfaat lebihnya, biasanya ia membutuhkan beberapa informasi dari smartphone anda. Contohnya bisa anda lihat pada gambar diatas. Aplikasi Facebook yang anda miliki saat ini mengambil banyak sekali informasi dari smartphone anda.

Melihat Permissions Di Android

Jika anda penasaran dengan permissions di setiap aplikasi yang anda miliki, anda bisa membuka Settings > Apps. Kemudian, sentuh saja aplikasi yang ingin anda lihat permissions-nya. Gulir ke bawah untuk melihat permissions-nya.

Lalu, kenapa anda harus memperhatikan hal ini?

Di tahun ini, privasi menjadi hal yang sangat penting. Seperti kasus serius yang dialami oleh Apple. FBI mendesak agar Apple membuat software khusus, agar iPhone dapat dibobol oleh FBI. Dan FBI dapat mengakses seluruh data pengguna iPhone kapan saja. Tentu saja hal tersebut ditolak oleh Apple.

Masalah privasi ini juga dapat menimpa anda jika anda tidak memperhatikan permissions setiap kali anda memasang aplikasi baru di Android. Yang perlu anda perhatikan adalah jenis permission apa yang dibutuhkan dan siapa pembuat aplikasi tersebut.

Permission Di Microsoft Office Mobile

Sebagai contoh, kita bisa melihat pada gambar diatas. Aplikasi ini adalah Microsoft Office Mobile yang dibuat oleh Microsoft. Dari semua permission tersebut, coba anda lihat pada bagian Photos/Media/Files. Disana, anda dapat membaca bahwa aplikasi ini dapat membaca, mengubah, maupun menghapus konten yang ada di USB Storage.

Apakah anda perlu takut? Tenang saja, karena aplikasi ini dibuat oleh perusahaan yang sudah anda kenal, sehingga anda bisa mempercayainya. Kesimpulannya adalah selain anda harus memperhatikan permission, anda juga harus mengenali siapa yang membuat aplikasi tersebut.

Permission di Android 5.0 Lollipop dan sebelumnya

Permission Pada Saat Instalasi Aplikasi

Jika anda menggunakan Android versi 5.0 kebawah, permission akan dimunculkan ketika anda menyentuh tombol “install” di Play Store.  Anda harus menyentuh tombol “Accept” agar aplikasi tersebut bisa dipasang. jangan lupa, anda harus melihat permission apa saja yang dibawah oleh aplikasi tersebut dan periksalah siapa yang membuat aplikasi tersebut.

Permission di Android 6.0 Marshmallow dan seterusnya

Jika anda menggunakan Android 6.0 Marshmallow, permission tidak akan tampil pada saat anda memasang aplikasi. Permission akan muncul ketika aplikasi tersebut mulai anda gunakan. Bisa dilihat pada video diatas, pada saat anda menggunakan aplikasi pertama kali, Android akan memunculkan permission yang dibutuhkan pada saat tersebut.

Dengan cara tersebut, anda memegang kendali terhadap permission di setiap aplikasi yang anda pasang. Anda juga bias mengakses Settings > Apps untuk mengatur dan mengetahui lebih lanjut mengenai permission.

Kesimpulan

Lalu, bagaimana menurut anda? Jika anda memiliki komentar, jangan sungkan untuk menulisnya disini. Bagikan juga pengalaman anda menggunakan Android 6.0 Marshmallow jika anda sudah menggunakannya. Sekian artikel Apa Itu Permissions Di Android Dan Kenapa Anda Harus Berhati-Hati, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk LIke Facebook Windowsku untuk mengetahui artikel menarik lainnya seperti artikel ini.

Jika anda penasaran dengan fitur terbaru dari Android N, silahkan anda cek di artikel ini: Android N Developer Preview Sudah Tiba! Ini Dia Fitur Barunya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

4 pemikiran di “Apa Itu Permissions Di Android Dan Kenapa Anda Harus Berhati-Hati”