BerandaDesktopWindows10 Aplikasi Untuk PC Baru yang Wajib Anda Install

10 Aplikasi Untuk PC Baru yang Wajib Anda Install

Memiliki komputer baru pastinya merupakan hal yang menyenangkan. Karena komputer baru saat ini lebih cepat, lebih stabil, dan lebih bertenaga dibandingkan komputer-komputer sebelumnya. Sebelum anda pakai komputernya, yuk ketahui apa saja aplikasi PC baru yang wajib anda install. Dengan begitu, anda siap menggunakannya baik untuk bekerja maupun untuk hal lainnya.

1. Browser: Google Chrome

Internet saat ini sudah jadi hal yang biasa. Untuk itu, browser sangat penting untuk anda install pertama kali. Walaupun Windows 10 memiliki browser sendiri yang bernama Microsoft Edge, banyak orang yang tidak menyukainya. Jika anda seperti itu juga, saya disini merekomendasikan Google Chrome. Kenapa?

Halaman Utama Situs Google Chrome

Untuk saat ini, Google Chrome menguasai pangsa pasar browser di desktop dengan persentase lebih dari 60%. Itu artinya, browser dari Google ini merupakan browser paling banyak digunakan. Bisa diambil kesimpulan bahwa Google Chrome saat ini memang sangat mudah digunakan dan juga sangat cepat, sehingga banyak orang yang memakainya.

Walaupun Chrome terdengar sangat bagus, namun Chrome memiliki kelemahan. Banyak orang yang komplain bahwa Chrome sangat boros RAM. Dan jika komputer anda melambat karena banyak sekali membuka tab di Chrome, ada browser alternatif yang bisa anda gunakan seperti Mozilla Firefox dan Opera.

2. Streaming Music: Spotify

Industri musik saat ini telah banyak berubah. Dulu, kita harus mendownload lagu dan memutarnya dengan aplikasi seperti Windows Media Player. Bahkan jika anda pengguna komputer di tahun 2000-an, anda mengenal aplikasi bernama Winamp.

Di tahun 2020 ini, streaming music sudah menjadi kebiasaan karena semakin murahnya biaya internet dan internet saat ini bisa di dapatkan dimana saja. Dan aplikasi streaming music yang paling populer saat ini adalah Spotify. Yang perlu anda lakukan adalah membuat akun dan anda langsung bisa mendengar jutaan musik dari seluruh dunia secara gratis.

Aplikasi Spotify Di Microsoft Store - Salah Satu Aplikasi Untuk PC Baru

Untuk meng-install aplikasi Spotify. Anda bisa menggunakan Microsoft Store. Caranya adalah buka Start menu dan ketik “store” dan tekan enter untuk membuka Microsoft Store. Kemudian, pada kotak pencarian, ketik “spotify” dan tekan enter. Silahkan klik “Install” untuk memasang Spotify di komputer anda.

Walau Spotify bisa anda gunakan gratis, akan ada iklan yang harus anda dengarkan dan juga lihat ketika menggunakannya. Namun, anda bisa berlangganan agar bisa menghilangkan iklan.

3. Video Player: VLC Media Player

Karena saya sudah bertahun-tahun menggunakan PC, saya sering sekali mengganti aplikasi yang saya gunakan, termasuk aplikasi untuk memutar video. Dan saat ini, saya terus menggunakan VLC Media Player. Ada beberapa alasan kenapa saya menggunakan media player ini.

Halaman Utama Vlc Media Player

Alasan pertama adalah media player ini sangat cepat. Ketika saya klik dobel sebuah video, tak perlu memakan banyak waktu untuk video tersebut langsung diputar. Alasan lainnya adalah VLC mendukung banyak sekali format video dan film. Dan saya pribadi tidak pernah mengeluh karena tidak bisa memutar video di format tertentu. Terakhir, karena aplikasi ini Open Source, tidak ada iklan yang muncul.

Namun jika anda tidak suka dengan VLC, ada beberapa alternatif lain yang pernah saya gunakan. Contohnya adalah Media Player Classic dan GOM Media Player.

4. Produktivitas: Microsoft Office

Microsoft Office Word 1

Ketika anda menggunakan komputer, hampir mustahil jika anda tidak pernah membuka dokumen baik untuk bekerja maupun hanya untuk sekedar membaca. Saat ini, aplikasi office yang paling banyak orang pakai adalah Microsoft Office. Oleh karena itu, menggunakan Microsoft Office merupakan pilihan utama saat ini karena agar menjaga kompatibilitas dokumen ketika anda mendapatkan file office dari rekan kerja maupun dari internet.

Microsoft Office bisa anda dapatkan dengan 2 cara. Cara pertama adalah membelinya penuh dan kedua adalah dengan cara berlangganan. Ketika anda membeli penuh, anda akan mendapatkan semua aplikasi Office seperti Word, Excel, PowerPoint, dan Access dan lain-lain. Namun, anda hanya mendapatkan update untuk keamanan saja dan tidak mendapatkan fitur baru ketika Microsoft merilisnya.

Sebagai contoh, Microsoft Office terbaru saat ini adalah Microsoft Office 2019. Ketika anda membelinya, anda bisa menggunakan produk tersebut selama-lamanya. Namun ketika Microsoft merilis Office 2022, anda tidak bisa upgrade ke versi tersebut.

Cara kedua adalah dengan cara berlangganan dengan paket bernama Office 365 (telah diubah menjadi Microsoft 365). Skema berlangganannya adalah bisa per bulan maupun per tahun. Microsoft juga memberikan anda update keamanan dan juga fitur baru selama anda terus berlangganan.

Jika anda tidak ingin membayar dan mau menggunakan aplikasi alternatif yang gratis, ada beberapa opsi yang bisa anda gunakan. Salah satunya adalah WPS Office. Aplikasi ini memiliki kompatibilitas dengan file Microsoft Office yang sangat tinggi. Namun kelemahannya adalah aplikasi ini terkadang menampilkan iklan ketika anda menggunakannya.

Berbeda dengan alternatif lain seperti LibreOffice. Aplikasi ini gratis dan bebas iklan. Namun kompatibilitas dengan file Microsoft Office tidak setinggi WPS Office, sehingga terkadang ketika membuka file Microsoft Office menggunakan WPS, ada beberapa elemen yang tidak sesuai.

5. Kompres File dan Folder: 7-Zip

Pastinya nanti anda akan menjumpai file atau folder yang di kompres. Baik itu karena ada batasan ukuran file ketika menggunakan email atau anda ingin mengarsipkan file atau folder lama. Dan dari semua aplikasi kompresi file dan folder, saya sangat menyukai 7-Zip dan anda juga akan menyukainya.

Aplikasi 7 Zip Windows

Aplikasi ini Open Source, sehingga ia gratis dan bebas iklan. Ukuran aplikasinya pun sangat kecil dan juga sangat cepat. Aplikasi ini dapat melakukan kompresi dengan ekstensi file .7z yang ketika saya gunakan, hasil kompresinya lebih bagus daripada .zip maupun .rar. Namun, anda juga bisa membuka .zip dan .rar serta ekstensi kompresi lainnya dengan mudah.

Biasanya, banyak teman anda mungkin menyarankan aplikasi Winrar. Namun perlu diingat bahwa Winrar adalah aplikasi berbayar. Saya kira aplikasi 7-Zip ini sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan sehari-hari anda. Alternatif lain yang bisa anda gunakan adalah Peazip. Aplikasi ini juga bersifat Open Source, namun ketika saya menggunakannya, performanya tidak secepat 7-Zip.

6. Screenshot: ShareX

Aplikasi PC baru lainnya yang sangat disarankan yaitu aplikasi untuk menangkap layar atau Screenshot. Untuk melakukan Screenshot, sebenarnya Windows 10 sudah menyediakannya yaitu aplikasi Snip & Sketch. Namun aplikasi tersebut tidak memiliki fitur yang lengkap. Saya memiliki saran lain untuk anda yaitu aplikasi ShareX.

Aplikasi PC Baru: Sharex

Sama seperti 7-Zip, aplikasi ini berbentuk Open Source, sehingga gratis dan bebas iklan. Selain itu, banyak sekali fitur-fitur yang ditanamkan, bahkan anda bisa mengambil animasi GIF dengan mudah. Selain itu, sudah ada editor gambar yang siap di gunakan untuk mengedit gambar anda.

Alternatif lain yang bisa anda gunakan Greenshot. Jangan khawatir juga, Greenshot juga berbentuk Open Source. Namun, Greenshot ini tidak memiliki fitur untuk membuat animasi GIF.

7. PDF Reader: Foxit Reader

Aplikasi PC Baru: Foxit Reader Windows

Sama seperti sebelumnya, Windows 10 juga sudah membenamkan aplikasi untuk melihat PDF. Karena fiturnya kurang lengkap, saya menyarankan anda untuk menggantinya. Aplikasi yang saya sarankan adalah Foxit Reader.

Tampilannya sangat mirip dengan aplikasi Microsoft Office sehingga tidak perlu banyak waktu untuk mempelajari bagaimana cara menggunakannya. Selain itu dalam membuka file PDF, aplikasi ini cukup cepat dan fitur-fitur seperti memberikan komentar, anotasi, dan dukungan Bookmark juga tersedia.

Namun jika kecepatan dalam membuka file PDF adalah nomor satu, aplikasi SumatraPDF bisa jadi pilihan anda. SumatraPDF secara instan akan membuka file PDF ketika anda klik dobel. Kekurangannya adalah fiturnya yang tidak selengkap Foxit Reader.

8. Editor Gambar: Gimp

Editor gambar yang biasa orang gunakan adalah Adobe Photoshop. Namun, anda tidak perlu membeli software yang mahal itu hanya untuk mengedit foto, kecuali anda adalah seorang yang memang bekerja dalam dunia edit foto. Aplikasi alternatif yang sebenarnya sangat powerful dan gratis adalah Gimp.

Aplikasi Gimp Windows 1

Gimp sudah lama menjadi alternatif pilihan untuk editor gambar. Mengingat fiturnya yang cukup banyak dan juga gratis, sangat disayangkan jika anda langsung membeli Photoshop dengan harga mahal. Saat ini, belum ada yang bisa menandingi aplikasi Open Source ini. Jika ingin alternatif lain, ada aplikasi bernama Paint.NET, namun fitur-fiturnya tidak selengkap Gimp.

9. Penganalisa Penggunaan Ruang Harddisk/SSD: Windirstat

Ruang harddisk atau SSD sangat terbatas. Kecuali anda adalah orang yang sering memperhatikan ukuran file yang tersimpan, maka anda butuh aplikasi yang dapat mengetahui file atau folder apa yang memiliki ukuran yang besar. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi Windirstat.

Menggunakan Windirstat

Saya sebelumnya sudah membahas secara eksklusif mengenai cara penggunaan Windirstat. Intinya, aplikasi ini dapat menemukan file atau folder apa yang memakan banyak ruang dan di representasikan dalam bentuk grafik warna seperti gambar diatas.

10. Download Manager: Free Download Manager

Halaman Utama Free Download Manager 1

Aktivitas download juga saat ini merupakan hal yang lumrah. Untuk itu, anda perlu aplikasi khusus yang bisa mengatur file yang ingin anda download. Dan rekomendasi saya adalah aplikasi Free Download Manager (FDM). Aplikasi ini sekali lagi gratis dan Open Source serta tanpa iklan. Dukungan mendownload Torrent juga ada di aplikasi ini. Aplikasi seperti FDM ini memungkinkan kita untuk mendownload dengan kecepatan maksimal dan jauh lebih cepat jika dibandingkan download biasa di browser.

Jika anda memiliki uang lebih, anda bisa membeli aplikasi Internet Download Manager (IDM). Aplikasi tersebut juga sangat bagus untuk melakukan download. Namun saya perhatikan, seluruh fitur yang ada di IDM sudah ada di FDM. Selain itu, yang membuat saya sayangkan adalah FDM belum memiliki fitur untuk mendownload video Youtube.

PC Baru anda sudah siap dengan aplikasi-aplikasi esensial

Aplikasi PC baru anda sudah siap untuk anda pakai bekerja maupun sebagai media hiburan. Namun tidak cukup itu saja, pastikan anda selalu meng-install update dan driver terbaru dan melakukan optimasi Windows 10 sehingga komputer anda terasa seperti baru terus menerus. Lalu, apakah ada aplikasi baru untuk PC yang anda rekomendasikan? Yuk berikan komentar anda di kotak komentar dibawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.