19 Situs Dan Aplikasi Untuk Download Video Gratis Di Internet

Situs Dan Aplikasi Untuk Download Video Gratis Di Internet

Di zaman serba online ini, kegiatan menonton umumnya saat ini dimulai dari internet. Mungkin sudah sangat jarang kita melihat fenomena dimana kita membeli CD atau DVD untuk menonton video. Kendala utama dalam menonton video lewat internet mungkin dari internet itu sendiri, karena tidak selalu tersedia. Untuk itu, mengetahui situs dan aplikasi untuk download video gratis adalah solusi yang paling baik.

Apapun situs tempat anda menonton video, mudah-mudahan artikel ini dapat membantu anda men-download apapun video yang anda temukan di internet. Sehingga, anda bisa menghemat kuota internet anda dan anda bisa menontonnya kembali kapan anda mau. Langsung saja ini dia 19 situs dan aplikasi untuk download video gratis di internet.

Download Video Di Youtube, Twitter, Facebook, dan Vine

Pertama, penulis akan membahas bagaimana men-download video di situs video yang spesifik terlebih dahulu seperti Youtube. Mari kita mulai.

1. SaveFrom (Youtube)

Savefrom Download VideoSangat mudah dalam menggunakan situs download video yang satu ini. Anda hanya perlu copy link Youtube yang ingin anda download, kemudian paste ke SaveFrom seperti gambar diatas. Kemudian, klik tanda “>”. Setelah itu, anda bisa memilih resolusi video yang ingin anda download.

Bahkan lebih mudah lagi, anda bisa menambahkan 2 huruf saja yaitu “ss” untuk men-download youtube. Berikut caranya.

Ketika anda membuka video Youtube di browser, link-nya akan terlihat seperti ini:

  • https://www.youtube.com/watch?v=2LuQV7-X6V

Tambahkan saja hutuf “ss” sebelum kata “youtube”. Jadinya akan seperti dibawah ini

  • https://www.ssyoutube.com/watch?v=2LuQV7-X6V

Shortlink Savefrom Download Video

Kemudian, silahkan tekan enter di browser anda.

2. YoutubeMp4 (Youtube)

Youtubetomp4 Download Youtube Video

Seperti sebelumnya, anda bisa copy dan paste link Youtube. Kemudian, klik “Convert” untuk memulainya. Setelah itu, anda bisa memilih resolusi video yang ingin anda download. Namun di situs ini tidak mendukung shortlink seperti sebelumnya.

3. FLVTO (Youtube)

Flvto Download Youtube

Satu lagi situs download video di Youtube adalah FLVTO. Selain bisa download video, anda juga bisa membuat video di Youtube menjadi MP3. Sangat berguna jika anda ingin ekstrak hanya lagu saja dari video seperti klip musik.

4. Browser (Firefox, Chrome, Edge, Opera) (Vine)

Sekarang kita beralih untuk Vine. Walaupun Vine sudah tidak bisa digunakan untuk upload video, namun anda masih bisa men-download video yang sudah ter-upload disana. Bahkan, anda bisa langsung men-downloadnya dengan menggunakan Firefox, Chrome, Edge, Opera, maupun browser lainnya.

Firefox Download Vine Video

Yang perlu anda lakukan adalah silahkan klik salah satu video yang ada di Vine, kemudian klik kanan dan klik “Save video as…” seperti gambar diatas.

5. DownloadTwitterVideo (Twitter)

Download Twitter Video

Setelah Vine, mari kita menuju Twitter. Jika anda ingin men-download Video di Twitter, maka situs ini adalah situs yang tepat sekali. Sama seperti lainnya, anda copy dan paste saja link video di Twitter kemudian klik tombol “Download” yang ada dibawahnya.

6. Video-Download.co

Video Download Co Download Video

Jika dukungan 1000 situs dirasa kurang, maka 2288 dukungan situs akan lebih memukau anda. Ya, Video-Download.co mengklaim bisa men-download video dari ribuan situs tersebut.

7. FB Down (Facebook)

Fb Down Download Video Facebook

Selain anda bisa copy dan paste link seperti sebelumnya, anda juga bisa menggunakan extension untuk Chrome, sehingga anda bisa download dengan satu kali klik. Jika anda jarang download video, menggunakan link seperti biasa menurut penulis adalah cara terbaik.

Download Video Di Situs Secara Umum

Setelah anda mengetahui cara download video di situs-situs spesifik, sekarang kita membahas cara men-download video dengan cara yang lebih umum untuk banyak situs. Mari kita bahas satu per satu

8. VideoGrabby

Videograbby Download Video

VideoGrabby mendukung banyak situs download video. Mulai dari Youtube, Vine, Vimeo, dan masih banyak lagi. Seperti biasa, yang perlu anda lakukan hanyalah copy dan paste ke kolom yang tersedia dan klik “Go”.

9. YooDownload

Yoodownload Download Video

Satu lagi situs download video yang bisa men-download untuk banyak situs adalah YooDownload ini. Selain Youtube dan Twitter, situs ini bisa download video dari Vimeo, Facebook, Instagram, Soundcloud, dan lain-lain.

10. KeepVid

Keepvid Download Video

Kompetitor lainnya dari YooDownload dan VideoGrabby adalah KeepVid yang mengklaim dapat men-download video di 30 situs populer. Penulis sendiri belum mencoba satu per satu, namun jika anda menemukan situs download yang ingin anda download videonya, silahkan di cek daftar situs yang didukung KeepVid dibawah ini.

Situs Yang Didukung Keepvid

11. OnlineVideoConverter

Onlinevideoconverter Download Video

Sama seperti KeepVid, OnlineVideoConverter ini mendukung banyak situs yang bisa anda download videonya. Langsung saja kunjungi situsnya untuk download video yang anda inginkan.

12. Video Grabber

Video Grabber Download Video

Satu lagi situs yang bisa anda coba jika yang lainnya gagal adalah Video Grabber. Dukungan situsnya pun tak kalah banyak dengan yang lainnya. Bahkan, Video Grabber memiliki aplikasi sendiri yang bisa anda install di komputer anda.

13. AmoyShare

Amoyshare Download Video

AmoyShare bahkan mengklaim dapat men-download di situs video lebih banyak lagi yaitu 1000 situs. Selain itu, tersedia juga aplikasi desktop yang bisa anda download dan gunakan.

14. PickVideo

Pickvideo Download Video

Satu lagi sebagai pelengkap adalah PickVideo. Walaupun tidak sebanyak AmoyShare, PickVideo juga layak anda coba jika situs lainnya tidak sesuai dengan harapan anda.

Download Video Menggunakan Aplikasi Download Manager

Di bagian ini, penulis mencoba download video dari situs dengan menggunakan download manager. Walau aplikasi tersebut memang tidak di khususkan untuk download video, namun anda bisa menggunakannya sebagai alternatif. Berikut beberapa yang bisa anda gunakan.

15. EagleGet

Eagleget Download Video

Karena aplikasi ini adalah download manager, anda bisa menggunakannya untuk mempercepat download file apapun yang ada di internet. Download video dari situs pun bisa ia lakukan. EagleGet memiliki extension yang bisa anda gunakan untuk men-download video. Selain itu, EagleGet bersifat freeware, itu artinya anda bisa menggunakannya secara gratis.

16. Free Download Manager

Free Download Manager

Satu lagi yang bisa anda gunakan untuk download video yaitu Free Download Manager. Karena berbasis open sourceanda bisa menggunakannya gratis.

17. Internet Download Manager

Internet Download Manager

Dari awal sampai saat ini, penulis hanya menyertakan situs atau aplikasi gratis saja yang ada di artikel ini. Khusus Internet Download Manager, penulis juga masukkan ke daftar karena banyak sekali di Indonesia yang menggunakannya. Jika anda belum tahu, IDM juga bisa men-download video dengan mudah berkat adanya extension untuk browser.

Aplikasi Perekam Layar

Sudah banyak situs dan aplikasi yang penulis tawarkan untuk download video di situs favorit anda. Namun jika anda masih gagal men-download-nya, maka alternatif terakhir adalah menggunakan aplikasi perekam layar. Idenya, ketika anda streaming video, anda rekam menggunakan aplikasi ini.

18. CamStudio

Camstudio Perekam Layar

Aplikasi ini merupakan aplikasi perekam layar yang cukup populer dan yang membuatnya lebih menarik adalah anda bisa gunakan secara gratis untuk apapun kegiatan anda, karena aplikasi ini adalah open source. Tampilannya yang sederhana membuat siapa pun dapat dengan mudah membuat video tanpa harus belajar banyak.

19. Open Broadcaster Software (OBS Studio)

Obs Studio Rekam Layar

Aplikasi untuk download video gratis terakhir yang dibahas adalah OBS Studio. Jika dirasa fitur yang ditawarkan CamStudio tidak cukup, anda bisa menggunakan OBS Studio, dimana aplikasi ini lebih kaya akan fitur untuk merekam layar. Sama seperti CamStudio, OBS Studio juga bersifat open source, sehingga anda bisa gunakan secara gratis apapun tujuannya.

Bagaimana menurut anda artikel Situs Dan Aplikasi Untuk Download Video Gratis Di Internet?

Dari semua 19 situs dan aplikasi yang sudah di bahas, yang mana yang paling anda sukai? Saya sendiri lebih suka menggunakan SaveFrom atau menggunakan download manager (saya menggunakan EagleGet). Silahkan bagikan pengalaman anda dalam men-download video di internet di kotak komentar.

Sekian artikel 19 Situs Dan Aplikasi Untuk Download Video Gratis Di Internet, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa berlanggan lewat Facebook atau lewat email untuk mendapatkan artikel terbaru.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.