BerandaReviewBagaimana Cara Kerja Internet?

Bagaimana Cara Kerja Internet?

Kali ini, Windowsku akan membahas, apa dan bagaimana cara kerja dari internet. Kok bisa internet membawa kita menuju informasi yang kita butuhkan. Ini semua akan saya jelaskan di artikel ini. Tentu saja, internet sudah menjadi keseharian kita saat ini. Membuka jejaring sosial seperti Facebook juga dinamakan berinternet.

10 tahun yang lalu, untuk mendapatkan informasi, orang – orang membeli koran atau majalah, atau jika ingin menonton video, harus meminjam dan membelinya. Jika ingin mengirimkan surat, anda harus ke kantor pos.
Pada peta dibawah ini, anda dapat melihat bahwa banyak sekali yang mengarah ke satu titik. Itu seperti komputer yang dipasangkan oleh modem dan dipasangkan kebali oleh telpon kabel, atau kabel biasa, atau satelit, atau jaringan HP, dan tentu saja dipasangkan kembali ke komputer, server, router, dan modem kembali, dan begitulah selanjutnya. Tidak ada awal, dan tidak ada akhir.
Lalu, apakah yang membuat internet bisa berjalan? Itu semua berasal dari Internet Protocol atau IP. Atau, anda pernah mendengar istilah IP Address. Kalau anda tahu itu, apakah anda tahu fungsinya? Protocol adalah sebuat set dari metode untuk melakukan sesuatu. Sebagai contoh, pikirlah sebuat panggilan telpon yang masuk. Logikanya begini, anda mendengar telpon anda berdering, dan anda pun menjawab panggilan telpon dengan mengatakan “Helo” atau kata lainnya. Lalu, orang yang menelpon anda pun menjawab “Helo juga”. Itu dinamakan Protocol dari panggilan telpon
Itu adalah dasar dari cara kerja internet. Anda memberitahukan komputer untuk mengkoneksikan ke sebuat resource atau sumber. Sebagai contoh windowsku.com. Windowsku.com adalah sebuah alamat yang dapat dibaca oleh manusia dan diingat dengan mudah. Namun, memiliki IP address yang bisa diterjemahkan oleh komputer. Misalnya, Windowsku.com memiliki IP Address 210.91.92.54
Dalam dunia internet, kita dapat menemukan istilah URL atau Universal Resource Locator, sama saja seperti Windowsku.com. Ada juga yang dinamakan Domain Nama Server (DNS) yang akan memeriksa URL dan akan mencari IP Address dari URL tersebut. Sebagai contoh, coba anda pikirkan ada sebuat buku telfon yang sangat besar. Anda akan mencari nomor telfon teman anda dan anda pun berhasil menemukannya. 
Apakah anda mengerti arti dari gambar diatas? Sebagai contoh, sebuah tempat yang bernama ARIN berada di blok ke 210. 3 digit pertama dari IP Address itulah yang dapat mengidentifikasikan lokasi dari website yang kita tuju.
Setiap data yang anda kirim akan dipaketkan. Bayangkan ketika anda mengirim sebuah buku melalui E-mail, halaman per halaman. Setiap halaman akan membawa alamat dari teman anda dan juga nomor halaman dari buku tersebut. Tentu saja, informasi berapa halaman buku itu, dan teman anda pun akan tahu itu semua. Dia juga akan mendapatkan alamat anda.
Jadinya, setiap paket akan membawa IP Address, sebuah angka untuk mengetahui apakah paket tersebut dapat diterima, berapa paket yang akan diterima, dan tentu saja IP Address-mu.
Ini adalah dasar dari Internet dan sebenarnya lebih rumit lagi. Dulu orang mengirim sebuah informasi atau data melalui kabel. Pada jaman ini, internet sangat memudahkan kita untuk menerima informasi.

3 tanggapan pada “Bagaimana Cara Kerja Internet?”

  1. Pingback: Apa itu Proxy Server? Berikut Penjelasan Lengkapnya! - Windowsku

  2. Pingback: Apa itu DNS dan Bagaimana Cara Kerja DNS? – mediaaipos

  3. Pingback: Apa itu DNS dan Bagaimana Cara Kerja DNS? - Windowsku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.