BerandaDesktopWindowsWindows 7Bagaimana Cara Mengamankan Data di USB Flash?

Bagaimana Cara Mengamankan Data di USB Flash?

Hari ini, Windowsku akan membagikan beberapa cara untuk mengamankan data penting anda di USB Flash. USB Flash adalah salah satu hardware yang sangat rentan. Data didalamnya sangat mudah untuk diakses dan juga untuk dihapus. Untuk itu, kita perlu mengamankannya agar data kita tidak bisa diakses secara sembarangan. Berikut tipsnya untuk anda.

1. Menggunakan Password pada tiap File

Jika kamu ingin memproteksi file yang sedikit, anda dapat menambahkan proteksi dengan menggunakan password. Banyak sekali program – program yang menawarkan proteksi password, salah satunya adalah Microsoft Office.

Di Microsoft Office, anda bisa menambahkan password. Caranya adalah:

  • Bukalah dokumen yang ingin diproteksi.
  • Klik File > Info > Protect Document > Encrypt with Password
  •  Lalu, berikan password untuk dokumen tersebut.
  •  Klik OK jika sudah.

2. Melakukan Enkripsi dan Menambahkan Password Dengan Rohos Mini Drive

Cara lain untuk mengamankan data anda adalah dengan menggunakan Rohos Mini Drive. Aplikasi ini akan melakukan enkripsi terhadap USB Flash. Caranya sangat mudah. Versi gratis dari Rohos Mini Drive, bisa melakukan penyembunyian, enkripsi, dan bisa menambahkan password pada file. Data yang dapat anda amankan adalah 2 GB.  Aplikasi ini menggunakan enkripsi AES 256 bit untuk pengamanannya.

Setelah anda selesai melakukan enkripsi, USB Flash anda akan menjadi aman. Anda bisa membuka file di USB Flash dengan mengklik Rohos mini.exe dari folder root. Setelah memasukkan password, anda dapat mengakses filenya. Sangat mudah bukan?

Kesimpulan:

Mengamankan data anda di USB Flash sangatlah mudah. Karena, privasi terhadap file di USB Flash merupakan nomor satu. Selalu perhatikan file penting anda, agar tidak hilang atau tidak diambil oleh orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *