BerandaPenjelasan TeknologiBeda Modem dan Router – Penjelasan Lengkap!

Beda Modem dan Router – Penjelasan Lengkap!

Jika anda tertarik dengan dunia jaringan komputer, pastinya anda pernah mendengar istilah Modem dan Router. Dua perangkat tersebut saling berketerkaitan satu sama lain. Namun, banyak orang yang menganggap modem dan router adalah perangkat yang sama. Lalu, apa sebenarnya beda modem dengan router? Yuk temukan jawabannya di artikel ini.

Apa itu Modem?

Modem adalah perangkat yang memiliki fungsi untuk menerjemahkan sinyal masuk dan keluar dari ISP (Internet Service Provider) atau penyedia layanan internet menuju perangkat anda dan sebaliknya. Dengan adanya modem, perangkat anda dapat menerima dan mengirim data dengan format yang telah disesuaikan.

Untuk terhubung internet, ada berbagai jenis sinyal dan cara sehingga anda bisa berinternet. Jika anda menggunakan smartphone, maka anda menggunakan sinyal Radio untuk mendapatkan internet. Jika anda menggunakan Wi-fi di rumah, maka media fiber optic yang sebenarnya anda gunakan. Selain 2 medium tersebut, internet dapat terkirim juga melalui satelit dan juga sinyal elektrik.

Ilustrasi Sinyal

Smartphone atau laptop anda tidak bisa langsung menerima sinyal-sinyal diatas tersebut. Modem lah yang akan melakukan konversi menuju sinyal digital yang dapat dipahami oleh perangkat anda. Ketika anda melakukan pengiriman data seperti upload foto di Instagram, maka modem di smartphone anda mengubah sinyal digital menjadi sinyal radio yang dapat dimengerti oleh perangkat radio dari operator selular anda.

Kesimpulannya, Modem yang memiliki kepanjangan Modulator-Demodulator memiliki 2 fungsi. Modulator maksudnya adalah dapat mempersiapkan data untuk dikirim. Sedangkan Demodulator maksudnya adalah dapat mengekstrak informasi yang berasal dari sinyal luar.

Modem memiliki beberapa jenis yang disesuaikan dengan jenis koneksi internet anda. Modem untuk internet rumahan tentu berbeda dengan modem untuk sinyal 4G/5G di smartphone. Untuk internet rumahan seperti Indihome, Indosat M2, Biznet dan lain-lain, anda membutuhkan Modem Kabel.

Sedangkan untuk sinyal 4G, anda membutuhkan Modem LTE. Modem LTE ini tentu sudah ada di smartphone anda, sehingga anda tidak perlu memikirkannya. Sebagai contoh, Qualcomm selain membuat prosesor Snapdragon, juga membuat modem. Contoh modem Qualcomm yang paling kuat saat ini adalah Snapdragon X60 5G Modem.

Apa itu Router?

Perangkat Router
Router

Router adalah perangkat yang berfungsi untuk membuat jaringan lokal sehingga jika anda memiliki banyak perangkat di satu tempat, mereka semua bisa saling bertukar data. Misalnya saja jika anda dirumah memiliki perangkat router, anda dapat dengan mudah melakukan copy foto dari smartphone ke laptop tanpa menggunakan kabel.

Pertanyaannya adalah apakah anda membutuhkan router jika ingin berinternet? Jawabannya adalah tidak. Router hanya digunakan ketika anda ingin berinternet dengan banyak perangkat. Sehingga, Router tidak wajib anda gunakan ketika ingin menggunakan internet. Router akan sangat membantu ketika dipasang di perkantoran agar semua karyawan dapat mengakses file dengan mudah tanpa perlu mengunjungi teman kerja secara langsung.

Sehingga fungsi utama dari Router adalah mengatur jalur koneksi antar perangkat dan membuat rute (route) agar data bisa sampai di setiap perangkat tersebut.

Ilustrasi Jaringan Antar Perangkat (Wireless Router)
Wireless Router

Seluruh Router modern memiliki perangkat Switch yang membuat anda bisa mengakses data dan internet menggunakan port RJ-45 yang tersedia. Jika anda memiliki Wifi di rumah, maka perangkat tersebut bernama Wireless Router yang didalamnya juga ada perangkat Modem, dimana anda bisa terkoneksi dengan internet tanpa kabel.

Router bisa anda gunakan walau anda tidak memiliki koneksi internet. Namun fungsinya hanyalah sebatas saling berbagi file bagi perangkat yang terkoneksi dengan Router.

Perbedaan Modem dan Router

Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa Modem berfungsi untuk mengkoneksikan perangkat anda dengan internet sehingga Modem bertindak sebagai jembatan menuju akses internet. Router disini hanya berfungsi untuk membuat jaringan lokal. Tanpa modem, anda tidak bisa terkoneksi internet.

Kombinasi antara Modem dan Router membuat anda bisa berinternet dengan banyak perangkat. Sangat berbeda jika anda tidak memiliki Router, dimana anda hanya bisa berinternet dengan satu perangkat saja.

Halaman Dhcp Server Pemberian Alamat Ip Pengaturan Router

Jika di kombinasikan, Router berfungsi untuk memastikan setiap perangkat mendapatkan jalur mengakses internet. Caranya adalah dengan memberikan alamat IP (IP Address) lokal untuk setiap perangkat yang terhubung. Seperti gambar diatas, gambar tersebut di ambil dari halaman pengaturan di Router. Ada 5 perangkat yang terkoneksi ke Router dan Router secara otomatis memberikan alamat IP-nya. Ini semua berkat fitur yang bernama DHCP Server. Ketika Modem memberikan sinyal internet ke Router, Router akan membaginya ke setiap perangkat secara adil.

Biasanya Modem dan Router yang kita temukan sudah menjadi 1 perangkat

Banyak orang masih bingung beda Modem dan Router karena kedua perangkat ini biasanya menjadi satu. Seperti yang saya bahas sebelumnya, jika anda menggunakan Wifi di rumah seperti Indihome, maka perangkat yang diberikan oleh pihak Telkom itu merupakan kombinasi Modem dan Router.

Jika anda ingin membeli perangkat yang terpisah, anda masih bisa menemukannya di toko komputer maupun toko online. Atau bisa jadi anda hanya ingin membeli Router tanpa modem, sehingga seluruh perangkat yang ada dapat saling bertukar data.

Sekarang sudah mengerti kan beda Modem dan Router?

Bagi anda siswa atau mahasiswa yang baru belajar jaringan komputer, saya yakin artikel ini sudah cukup jelas menerangkan perbedaannya. Lalu, apakah anda masih memiliki pertanyaan mengenai beda Modem dan Router? Yuk silahkan ketik di kotak komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.