Lengkap! Cara Melihat Spesifikasi Komputer: Hardware, Temperatur, dan Sistem Operasi

Cara Melihat Spesifikasi Komputer Header

Ingin mengetahui cara melihat spesifikasi komputer? Anda berada di artikel yang tepat karena disini anda akan mendapatkan seluruh informasi yang anda butuhkan. Hardware seperti motherboard, HDD/SSD, RAM, optical drive, VGA, dan bahkan temperaturnya bisa anda dapatkan dengan mudah informasinya. Sistem operasi beserta serial number-nya pun bisa anda lihat. Lalu bagaimana caranya?

System Information Windows

Sebenarnya, menggunakan aplikasi bawaan Windows atau MacOS, anda bisa melihat spesifikasi komputer anda. Di Windows, buka Start dan ketik “system information” dan tekan enter, maka anda bisa melihat spesifikasi komputer anda. Namun informasi yang diberikan tidak lengkap dan terkesan tidak terlalu rapi. Untuk itu, penulis menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa memberikan informasi lebih lengkap.

Cara melihat spesifikasi komputer dengan: Speccy

Dengan aplikasi ini, seluruh aspek mengenai komputer anda akan diperlihatkan secara rinci. Setelah anda download dan install di komputer anda, silahkan anda jalankan. Perlu anda ketahui bahwa Speccy yang penulis pasang dijalankan di laptop, sehingga seluruh informasinya merupakan informasi spesifikasi laptop.

Ada 11 informasi yang bisa anda dapatkan di Speccy. Berikut informasi-informasinya:

1. Spesifikasi komputer secara umum

Beranda Speccy

Setelah anda jalankan, Speccy akan memberikan gambaran umum mengenai spesifikasi komputer atau laptop anda. Informasi temperatur dari beberapa perangkat juga akan dimunculkan. Di samping kiri, ada menu yang bisa anda klik untuk melihat informasi lebih lanjut. Mari kita bedah satu persatu.

2. Sistem Operasi

Informasi Sistem Operasi Speccy

Setelah anda klik menu “Operating System”, anda dapat melihat beberapa informasi penting mengenai sistem operasi, bahkan termasuk serial number dari Windows anda. Informasi mengenai konfigurasi keamanan, versi Internet Explorer, baterai, update yang terpasang, proses yang berjalan, dan lain-lain bisa anda dapatkan.

3. CPU (Central Processing Unit)

Informasi Cpu Speccy

Menu selanjutnya yaitu CPU dimana anda bisa mendapatkan informasi mengenai konfigurasi prosesor anda. Informasi seperti nama prosesor, berapa jumlah core-nya, teknologi yang digunakan, temperatur prosesor per core, ukuran cache, dan masih banyak lagi yang bisa anda lihat seperti di atas.

4. RAM (Random Access Memory)

Informasi Ram Speccy

RAM sangat penting karena seluruh aplikasi yang berjalan akan disimpan di sana. Informasi yang bisa anda dapatkan seperti gambar diatas yaitu berapa jumlah slot yang ada di komputer serta jumlah yang terpakai dan tersisa, tipe RAM, informasi latency, ukuran RAM, dan informasi penggunaannya.

5. Motherboard

Informasi Motherboard Speccy

Tidak ketinggalan juga informasi motherboard, dimana semua perangkat terpasang di motherboard. Informasi tentang siapa pembuatnya, merk, tanggal dibuat, jenis chipset, versi BIOS, dan slot PCI.

6. Graphics (VGA)

Informasi Graphic Speccy

Informasi grafis yang bisa anda dapatkan sangat banyak disini. Selain kartu grafis yang anda miliki, spesifikasi monitor pun tersedia. Jika anda memiliki 2 kartu grafis, juga akan ditampilkan masing-masing beserta temperaturnya.

7. Storage (Tempat Penyimpanan)

Informasi Tempat Penyimpanan Speccy

Selanjutnya, jika anda penasaran dengan spesifikasi tempat penyimpanan anda seperti HDD dan SSD, informasi lengkapnya bisa anda dapatkan seperti diatas. Informasi seperti merk, kecepatan baca dan tulis, serta atribut S.M.A.R.T untuk menganalisa kesehatan HDD/SSD anda juga bisa dicek statusnya.

8. Optical Drives (Drive Optik)

Informasi Optical Drive Speccy

Walaupun kita saat ini sangat jarang menggunakan CD/DVD drive di komputer anda, mungkin terkadang kita penasaran juga bagaimana spesifikasinya. Di bagian menu “Optical Drives”, anda bisa melihat seluruh informasinya.

9. Audio

Informasi Audio Speccy

Pernahkah anda mengalami ketika memainkan musik atau video tidak ada suara yang keluar? Bisa saja driver Audio anda tidak terpasang sehingga tidak ada suara yang keluar. Untuk melihatnya, cukup buka Speccy dan klik menu “Audio”. Jika terpasang, maka akan ada informasinya seperti diatas.

10. Peripherals (Perangkat Lainnya)

Informasi Peripherals Speccy

Perangkat seperti keyboard, mouse, dan perangkat yang sudah terpasang driver-nya juga tersedia di menu ini seperti printer, scanner, dan berbagai perangkat lainnya.

11. Network (Jaringan)

Informasi Jaringan Speccy

Informasi terakhir yang bisa anda dapatkan di Speccy adalah jaringan. Mulai dari informasi Wi-Fi apa yang terkoneksi, berapa kecepatannya, serta proses apa yang melibatkannya juga tertera disini.

Bagaimana menurut anda artikel Cara Melihat Spesifikasi Komputer?

Melihat spesifikasi komputer adalah cara terbaik untuk mengenali komputer lebih jauh lagi. Anda bisa tahu kemampuan komputer anda dan bagaimana anda menggunakannya. Lalu, apakah ada informasi yang belum anda dapatkan dengan aplikasi Speccy? Apakah anda menggunakan aplikasi lain untuk melihat spesifikasi komputer? Silahkan tulis di kotak komentar pengalaman anda.

Tinggalkan sebuah komentar

You have to agree to the comment policy.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.