Cara Meluncurkan Aplikasi Otomatis Pada Saat Masuk Ke Windows

Apakah yang pertama kali anda lakukan ketika ada sudah log on ke Windows? Ada yang langsung membuka browser, email, ataupun program lainnya. Jika anda selalu membuka aplikasi yang sama pada saat masuk ke Windows, anda perlu melakukan otomasi terhadap kegiatan tersebut. Supaya anda tidak perlu repot-repot melakukan hal yang berulang-ulang.

Untuk melakukan tersebut, anda membutuhkan aplikasi bawaan dari Windows, yaitu Task Scheduler.

Menambahkan Program ke Task Scheduler

Task Scheduler bisa anda buka dengan mengklik Start dan mengetik “Task Scheduler”. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan dengan Task Scheduler ini. Namun untuk saat ini, kita akan belajar bagaimana cara membuka aplikasi secara otomatis. Kemudian pada panel sebelah kanan, klik “Create Basic Task”.

Isikan nama dari tugas yang anda berikan beserta deskripsinya. Saat ini, saya akan mencoba meluncurkan Firefox setiap saya masuk ke Windows. Jika sudah, klik Next.

Kemudian, anda akan diminta seberapa sering aplikasi tersebut akan diluncurkan. Pilihlah opsi yang “When I log on”. Sehingga, setiap kali anda log on dengan memasukkan password Windows anda, Firefox akan langsung diluncurkan.

Selanjutnya, tentuka aksi yang akan dilakukan pada saat Log on. Pilihlah opsi yang “Start a program”.

Kemudian, carilah aplikasi yang akan diluncurkan. Jika anda meluncurkan Firefox, direktorinya sama seperti gambar diatas.

Terakhir Windows akan melakukan konfirmasi terhadap anda, apakah informasi yang anda masukkan sudah benar atau tidak. Jika sudah pas, langsung saja klik Finish. Ketika anda ingin mencobanya, silahkan anda Restart komputer anda dan Firefox akan meluncur secara otomatis.

Menghapus Task Scheduler

Semua jadwal yang anda buat akan masuk ke bagian Task Scheduler History yang terletak pada panel sebelah kiri layar. Jika anda klik, maka akan ada daftar jadwal yang otomatis dilaksanakan, termasuk dari jadwal yang barusan kita buat.

Jadwal yang kita buat adalah “Firefox Launch”. Untuk menghapusnya, klik kanan saja pada jadwal tersebut dan klik “Delete”. Dan tentu saja anda bisa mengubah pengaturan  dari jadwal tersebut dengan mengklik “Properties”.

Kesimpulan

Fitur yang ada di Windows ini harus anda gunakan sebaik-baiknya. Jika ada aplikasi lain yang perlu anda tambahkan, anda hanya harus membuat jadwal baru di Task Scheduler.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.