10 Cara Mematikan Komputer Dengan Windows Di Berbagai Kondisi

Cara Mematikan Komputer Windows Header

Mematikan komputer sudah menjadi rutinitas kita setiap hari. Namun, jika Windows anda error dan anda tidak bisa mematikan komputer dengan cara biasa, maka kita perlu tahu cara lain dalam mematikan komputer. Ada banyak cara mematikan komputer, sehingga anda bisa menerapkannya di berbagai kondisi.

Berikut berbagai cara mematikan komputer dengan Windows. Penulis akan urutkan dari yang paling sering orang pakai hingga yang paling jarang orang pakai.

1. Menggunakan Start Menu

Mematikan Komputer Windows

Tentu cara ini adalah cara paling umum dalam mematikan komputer. Anda tinggal buka Start > klik icon Power > Shut down seperti gambar diatas.

2. Menggunakan menu klik kanan pada tombol Start

Mematikan Komputer Windows Menu Klik Kanan Start

Dengan mengklik kanan (1) di tombol Start, anda bisa mengakses menu yang berisi fitur-fitur penting untuk mengatur Windows, termasuk mematikan komputer. Caranya adalah klik kanan saja pada tombol Start (1) > Shut down or sign out (2) > Shut down (3).

3. Menggunakan Menu Win + X

Sebenarnya di nomor 3 ini, caranya sama seperti cara nomor 2. Namun yang membedakan adalah anda menggunakan keyboard anda untuk mematikan komputer. Caranya adalah:

  1. Tekan tombol Windows + X: Tombol ini akan membuka menu untuk mengatur Windows anda.
  2. Tekan tombol “U”: Tombol ini akan mengakses submenu “Shut down or sign out”.
  3. Tekan tombol “U” lagi: Tombol ini bertindak sebagai menekan tombol “Shut down”

Menu Win X Mematikan Komputer

Pada bagian dimana anda bertindak seperti mengklik “Shut down”, anda bisa menggantinya ke opsi lain. Tombol keyboard “U” disini bertindak seperti mengklik “Shut down” (perhatikan ada underscore di bawah huruf U). Sehingga, untuk melakukan sign out, sleep, dan restart, cukup anda perhatikan huruf mana yang ditekan di tombol keyboard anda.

4. Menggunakan shortcut keyboard ALT + F4

Menu Alt F4 Mematikan Komputer Windows

Cara ini sudah ada dari Windows XP dan hingga sekarang masih bisa digunakan. Silahkan saja tekan tombol ALT + F4 di keyboard anda. Kemudian pilih “Shut down” seperti gambar diatas.

5. Menggunakan jendela Run

Dengan Run, anda bisa mengeksekusi berbagai macam file dan perintah, termasuk ketika anda ingin mematikan komputer. Penggunaan cara ini biasanya digunakan ketika Windows anda error. Untuk melakukannya, tekan tombol Win + R di keyboard anda. Kemudian, ketik perintah dibawah ini:

shutdown /s

Jendela Run Perintah Shutdown

Jika sudah anda ketik, tekan enter untuk mematikan komputer.

6. Menggunakan Command Prompt

Command Prompt Perintah Shutdown

Hampir sama seperti menggunakan Run, bedanya adalah perintah “shutdown /s” diketik di Command Prompt. Buka Command Prompt dan ketik “shutdown /s” dan tekan enter.

7. Menggunakan perintah slidetoshutdown

Fitur slidetoshutdown ini sudah dibahas di Easter Egg di Windows. Fitur ini lebih cocok dipakai di komputer tablet karena anda harus geser jari anda dari atas ke bawah untuk mematikan tablet.

Disini, kita lagi-lagi menggunakan jendela Run seperti cara sebelumnya. Setelah anda buka Run, ketik saja “slidetoshutdown” dan tekan enter. Tampilannya akan jadi seperti dibawah ini:

Slide To Shut Down

Jika memiliki komputer dengan layar sentuh, anda hanya tinggal geser dari atas ke bawah untuk mematikan komputer. Lakukan sebaliknya jika tidak jadi dimatikan. Anda juga bisa menggunakan kursor mouse anda.

8. Menggunakan shortcut keyboard CTRL + ALT + DEL

Mematikan Komputer Ctrl Alt Del

Dengan kombinasi 3 tombol tersebut, anda bisa menjalankan Task Manager, mengunci Windows, dan lain-lain termasuk opsi untuk mematikan komputer. Tombol shut down pun bisa anda temukan di pojok kanan bawah layar anda seperti gambar diatas.

9. Menggunakan Lock Screen

Lockscreen Mematikan Komputer Windows

Ketika anda mengunci komputer anda dengan shortcut keyboard Win + L, anda juga bisa langsung mematikan komputer disana. Seperti gambar diatas, anda bisa menemukannya di pojok kanan bawah layar anda.

10. Menggunakan Tombol Power fisik komputer [Tidak Direkomendasikan]

Ini merupakan cara terakhir dan tentu tidak penulis rekomendasikan karena bisa saja menyebabkan Windows anda error karena Windows bisa saja lagi sibuk melakukan sesuatu dan ketika dimatikan secara paksa dan Windows belum selesai, error pun bisa terjadi.

Tombol Power Komputer
Rico Shen, Sony Taiwan VAIO Experience 2008 Press Conference VAIO Z the Power Button (shuted), CC BY-SA 4.0

Jika memang cara diatas tidak ada yang bisa, pastikan Windows sedang tidak menulis data apapun di harddisk anda dengan melihat indikator lampu yang ada di komputer. Biasanya icon yang digunakan adalah icon harddisk. Jika tidak berkedip, silahkan tekan tombol power selama kurang lebih 5 detik dan komputer anda akan mati.

Bagaimana menurut anda artikel Cara Mematikan Komputer Dengan Windows Di Berbagai Kondisi?

Sudah banyak opsi yang coba penulis tawarkan di artikel ini. Sejauh penulis mencobanya, cara nomor 3-lah yang paling cepat. Dalam keadaan dimana Windows terjadi error, cara nomor 8 dan 5 yang mungkin bisa anda coba. Lalu, cara yang mana yang biasa anda gunakan? Apakah setelah membaca artikel ini, anda mengubah cara mematikan komputer? Silahkan tulis komentar anda dibawah.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.