BerandaProduktivitasOfficeCara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Office Word

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Office Word

Kali ini, kami akan membahas bagaimana cara membuat daftar pustaka otomatis di Office Word. Bagi anda yang sering sekali menggunakan Office Word, terkadang pasti anda akan diminta untuk menambahkan daftar pustaka, entah itu sebuah makalah, laporan, ataupun yang lainnya. Namun, tidak semua orang tahu mengenai cara penulisan daftar pustaka yang benar.

Sebenarnya, di Office Word sudah ada fitur untuk membuat daftar pustaka secara otomatis. Berikut adalah caranya:

Cara Membuat Daftar Pustaka Di Office Word 01

Selama anda membuat dokumen dan mengutip, perhatikan dimana sumber tulisan atau dimana anda mengutip tulisan tersebut. Jika anda sudah menemukan data siapa pemilik tulisan tersebut, anda bisa mengklik “References” pada Office Word dan klik “Manage Sources”.

Cara Membuat Daftar Pustaka Di Office Word 02

Kemudian, klik “New” untuk menambahkan data. Setelah itu, masukkan jenis sumber dengan memilihnya di “Type of source”. Pada contoh diatas, kami menggunakan Web Site. Kemudian, masukkan data-data sesuai kutipan yang anda ambil, mulai dari siapa penulisnya, judul tulisan, tanggal akses, alamat kutipan dan lain sebagainya. Jika sudah, klik OK. Terakhir, klik Close untuk menutup jendela Manage Sources. Jika anda memiliki sumber kutipan lain, ulangi langkah diatas.

Cara Membuat Daftar Pustaka Di Office Word 03

Kemudian, masih pada tab “References”, klik saja “Bibiliography”. Kemudian, pilihlah jenis penulisan daftar pustaka yang anda inginkan.

Cara Membuat Daftar Pustaka Di Office Word 04

Hasilnya nantinya akan seperti gambar diatas.

Kesimpulan

Membuat daftar pustaka menjadi sangat mudah berkat adanya fitur ini. Lalu, bagaimana cara anda membuat daftar pustaka sebelum ada cara ini? Silahkan bagikan di kotak komentar atau jika anda pertanyaan, silahkan tulis. Sekian artikel hari ini, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.