10 Cara Membuka Command Prompt Di Windows 10

Cara Membuka Command Prompt Windows 10 Header

Anda sering menggunakan Command Prompt? Walaupun Windows sudah menyediakan GUI (Graphical User Interface), kita harus menyadari bahwa terkadang untuk melakukan sesuatu, mengetik perintah langsung di Command Prompt jauh lebih cepat. Dan Microsoft memfasilitasinya dengan membenamkan Command Prompt di Windows 10.

Di artikel ini, kita akan sama-sama bahas cara membuka Command Prompt di Windows 10. Anda tentu saja tidak harus menghafal semua cara tersebut dan cukup memilih cara yang menurut anda paling mudah. Langsung saja, ini dia ulasannya.

1. Membuka Command Prompt Melalui Run

Run adalah sebuah dialog box kecil yang dapat menjalankan berbagai program dengan mudah. Dengan mengetikkan nama aplikasinya, maka Run akan membuka aplikasi tersebut, termasuk Command Prompt.

Command Prompt Melalui Run

Anda dapat menekan tombol WINDOWS + R dan mengetikkan “cmd” dan tekan enter untuk membuka Command Prompt. Cara membuka Command Prompt ini sangat cepat bukan!

2. Membuka Command Prompt Melalui WIN + X Power Menu

Power Menu ini sangat berguna sekali untuk menjalankan berbagai aplikasi yang berhubungan dengan Windows anda dan mengubah pengaturan secara cepat. Sesuai dengan judulnya, anda dapat membuka menunya dengan menekan tombol WINDOWS + X, atau anda dapat mengklik kanan pada Start Button untuk membukanya.

Membuka Command Prompt Melalui Power Menu

Kemudian, anda dapat memilih Command Prompt untuk membukanya. Anda juga dapat memilih Command Prompt (Admin) untuk membukanya dalam mode Administrator.

3. Membuka Command Prompt Melalui Search

Membuka Command Prompt Melalui Search

 

Anda juga dapat membuka Command Prompt melalui pencarian yang ada di Start Menu. Langsung saja buka Start dan ketik “cmd”. Anda dapat membukanya dalam mode Administrator dengan cara klik kanan dan klik “Run as administrator”.

4. Membuka Command Prompt Melalui Start Menu

Membuka Command Prompt Melalui Start Menu

Start Menu di Windows 10 pun menyediakan shortcut untuk membuka Command Prompt. Anda dapat menuju ke All Apps > Windows System untuk membuka Command Prompt. Silahkan klik kanan dan klik “Run as administrator” untuk membukanya dalam mode administrator.

5. Membuka Command Prompt Melalui Task Manager

Membuka Command Prompt Melalui Task Manager

Jika anda sedang membuka Task Manager, Command Prompt juga bisa diluncurkan disana. Anda bisa klik (atau sambil menekan tombol CTRL untuk membukanya dengan mode administrator) dan klik “Run new task”. Ketik “cmd” dan tekan enter untuk membuka Command Prompt.

6. Membuka Command Prompt Melalui Address Bar di File Explorer

Membuka Command Prompt Melalui Address Bar Di File Explorer

Siapa bilang address bar yang ada di File Explorer hanya bisa menampilkan alamat folder saja. Command Prompt juga dapat dijalankan melalui address bar. Langsung saja ketik “cmd” dan tekan enter seperti pada gambar diatas.

7. Membuka Command Prompt Melalui File Explorer Menu

Membuka Command Prompt Melalui File Explorer Menu

Secara default, setiap Command Prompt yang anda buka memiliki alamat menuju ke “C:\Users\[nama anda]”. Jika anda ingin membuka Command Prompt di tempat yang spesifik, anda dapat melakukannya dengan mudah. Cukup arahkan File Explorer anda ke tempat yang anda inginkan. Klik Menu untuk File Explorer dan pilih “Open Command Prompt”.

Command Prompt Di Lokasi Tertentu

Jika sudah, maka Command Prompt akan dibuka berdasarkan letak atau lokasi anda membuka folder di File Explorer.

8. Membuka Command Prompt Melalui Tombol Shift + Klik Kanan di File Explorer

Membuka Command Prompt Melalui Menu Klik Kanan Di File Explorer

Ketika anda mengklik kanan pada folder yang ada di File Explorer, maka akan ada sejumlah aksi yang bisa anda lakukan. Namun, jika anda klik kanan sambil menekan tombol SHIFT, maka akan ada 1 aksi lagi yang bisa anda lakukan, yaitu membuka Command Prompt. Langsung saja klik “Open command window here” untuk membuka Command Prompt di lokasi tersebut.

9. Membuka Command Prompt Melalui Direktori Dari Command Prompt

Alamat Dari Command Prompt

Command Prompt yang terbuka pasti menunjukkan letak alamat dari file “cmd.exe” pada Title Bar-nya. Tentu saja, anda dapat mengakses alamat tersebut menggunakan File Explorer.

Langsung saja pergi ke “C:\Windows\system32” dan carilah file “cmd.exe”. Anda bisa klik dobel untuk meluncurkan Command Prompt atau klik kanan dan klik “Run as administrator” untuk membukanya dengan mode administrator.

10. Membuka Command Prompt Melalui Shortcut Buatan di Desktop

Membuat Shortcut Di Desktop Windows 10

Cara terakhir yang akan dibahas yaitu membuat shortcut di desktop anda untuk Command Prompt. Langsung saja klik kanan di desktop > New > Shortcut.

Mengetik Nama Aplikasi Untuk Shortcut

Ketikkan saja “cmd.exe” dan klik Next. Windows 10 sudah mengetahui lokasi Command Prompt, sehingga anda tidak perlu mengetikkan alamat penuhnya.

Memberikan Nama Shortcut Untuk Command Prompt

Berikan nama untuk shortcut yang anda buat. Jika sudah, klik Finish.

Command Prompt Di Desktop Windows 10

Dan Command Prompt bisa anda akses kapan saja melalui desktop di Windows 10 anda.

Bagaimana menurut anda artikel Cara Membuka Command Prompt di Windows 10?

Akhirnya selesai juga artikel ini. Menurut anda, cara mana yang paling anda sukai atau yang sering anda pakai? Silahkan bagikan pengalaman anda di kotak komentar dibawah ini. Sekian artikel Cara Membuka Command Prompt Di Windows 10, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk Like Facebook Windowsku untuk mendapatkan update terbaru seputar teknologi komputer seperti artikel ini.

Jika anda ingin menutup aplikasi melalui Command Prompt, anda bisa membaca artikel ini: Bunuh Proses Lewat Command Prompt.

Tinggalkan sebuah komentar

You have to agree to the comment policy.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.