BerandaWebInternet5 Cara Membuka Website Yang Tidak Bisa Diakses

5 Cara Membuka Website Yang Tidak Bisa Diakses

Cara Membuka Website Yang Tidak Bisa Diakses Header

Pernahkah anda menemukan Website yang tidak bisa diakses atau dimuat? Pesan kesalahan yang biasa terlihat ada 3 yaitu “This site can’t be reached”, “The connection has timed out”, atau “404”. Pasti kita merasa kesal. Tapi, tenang saja, karena Website tersebut dapat dimunculkan dengan berbagai trik. Inilah dia berbagai trik cara membuka Website yang tidak bisa diakses.

1. Mengecek koneksi internet

Pastikan anda sudah terkoneksi dengan internet. Jika terkoneksi di Wifi, icon Wifi yang akan muncul di Taskbar anda. Jika anda klik, maka akan ada tulisan “Connected”. Jika sudah, coba anda mulai akses kembali situsnya. Jika masih tidak bisa, coba akses situs lain.

Jika masih tidak bisa, ada masalah di koneksi internet anda. Anda bisa memperbaikinya secara otomatis dengan cara klik kanan pada icon wifi dan klik “Troubleshoot problems” seperti gambar diatas.

Kemudian, anda akan diminta memilih perangkat jaringan yang akan di diagnosa. Klik saja Wi-Fi dan klik Next. Tunggu beberapa saat hingga Windows menemukan masalah dan memperbaikinya. Jika masih tidak bisa, silahkan coba Wi-fi lain. Jika masih tidak bisa, silahkan ikuti langkah ke-2 ini.

2. Menonaktifkan dan mengaktifkan Wi-Fi adapter

Beberapa masalah Wi-Fi bisa diatasi dengan cara menonaktifkan dan mengaktifkan kembali Wi-Fi adapter. Anda bisa melakukannya dengan mudah di Windows. Caranya adalah buka Start dan ketik “network connection” dan tekan enter. Kemudian, klik kanan pada adapter Wi-Fi dan klik “Disable” seperti gambar diatas untuk menonaktifkan. Tunggu beberapa saat, kemudian klik kanan kembali dan klik “Enable” untuk mengaktifkannya kembali.

Terakhir, silahkan pilih kembali ke Wi-Fi yang anda gunakan. Jika masih tidak bisa, silahkan ikuti cara ke-3 dibawah ini.

3. Update driver Wi-Fi

Jika anda masuk ke cara ini, berarti anda perlu melakukan update driver Wi-Fi anda. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menemukan merk dan model komputer anda. Karena saya menggunakan laptop, saya mengetik “download driver [merk] [model_laptop]” di pencarian Google. Agar mendapatkan hasil terbaik, silahkan unduh driver di situs resmi merk laptop anda. Misalnya saja merk laptop saya adalah HP, maka saya mendownloadnya di www.hp.com.

Seperti gambar diatas, saya bisa langsung mendownload driver Wi-fi dari situs resmi. Dengan mendownload driver resmi, bisa dipastikan perangkat anda pastinya bisa bekerja secara optimal. Anda bisa mengetahui cara download driver lainnya di artikel ini.

Setelah selesai mendownload driver, silahkan install dengan cara ikuti petunjuknya di layar anda. Kemudian, silahkan restart komputer anda agar driver terpasang dengan baik. Terakhir, silahkan anda pilih Wi-Fi anda kembali dan coba akses situsnya. Seharusnya, anda sudah bisa mengakses situs tanpa ada masalah.

4. Google Cache

Cara ini bisa anda terapkan jika internet anda sudah jalan, namun ada salah satu situs yang tidak bisa anda akses. Banyak hal kenapa sebuah situs tertentu tidak bisa diakses. Salah satunya adalah servernya error maupun tidak dapat diakses di negara tertentu.

Dengan menggunakan Google Cache atau tembolok, kita bisa membuka kembali website yang tidak bisa dimuat. Google Cache dapat diakses di semua pencarian google, jika anda klik tanda panah ke bawah dari alamat website, anda bisa memilih “Cache” untuk mengakses web tersebut dari data Google seperti gambar diatas.

Dengan mengklik Cache, maka anda akan memasuki Windowsku dari database Google Cache. Ada cara yang lebih cepat lagi dalam mengakses Google Cache. Hanya tinggal mengetik “cache:” diikuti dengan alamat website seperti gambar diatas.

5. Menggunakan Wayback Machine

Wayback Machine adalah sebuah situs yang merekam dan menyimpan situs secara berkala. Dengan begitu, anda bisa mengakses sebuah situs tersebut walau situs tersebut lagi bermasalah.

Silahkan anda buka situs Wayback Machine dan silahkan ketik alamat situs yang dikehendaki seperti gambar diatas. Jika sudah, klik “Browse History”.

Kemudian, silahkan anda pilih tanggal yang dikehendaki. Tanggal tersebut merepresentasikan tampilan situs pada tanggal yang anda pilih. Jika tanggal yang anda pilih sangat jauh dari tanggal sekarang, bisa jadi konten yang ada tidak sama dengan yang anda lihat sebelumnya.

Begitu mudah bukan cara membuka website yang tidak bisa diakses

Sangat kesal bukan ketika internet tidak bisa digunakan maupun sebuah situs tidak dapat diakses. Artikel ini saya harap bisa jadi solusi anda. Apakah anda memiliki cara lain? Silahkan ketik di kotak komentar ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *