7 Langkah Mudah Cara Memperbaiki Koneksi Internet Laptop dan Komputer Windows

Cara Memperbaiki Koneksi Internet Laptop Header

Sangat kesal bukan ketika internet di laptop anda bermasalah dan ingin tahu cepat apa saja cara memperbaiki internet laptop anda. Ya, internet sudah menjadi hal yang wajib bagi sebagian orang. Bahkan banyak orang yang pekerjaannya tidak maksimal akibat tidak bisa menggunakan internet karena tidak bisa menemukan cara mengerjakannya.

Untuk itu, penulis memberikan beberapa cara yang bisa anda coba agar koneksi internet anda bisa berjalan kembali. Langsung saja, ini dia cara memperbaiki koneksi internet laptop dan komputer Windows. Silahkan lakukan dari nomor 1 terlebih dahulu, baru mencoba langkah selanjutnya.

1. Apakah benar internet-mu tidak lancar?

Ketika anda mengakses situs tertentu dan tidak bisa, bisa saja situs tersebut yang gangguan. Yang paling sering adalah ketika dimana situs tersebut disimpan, tempat tersebut terjadi mati listrik, sehingga anda tidak bisa mengaksesnya.

Cara Memblokir Aplikasi dan Situs Web

Untuk konfirmasi, silahkan anda coba membuka situs lain. Jika situs lain bisa anda akses, berarti benar bahwa situs awal yang ingin anda kunjungi sedang bermasalah dan masalah tersebut bukan dari internet anda. Anda bisa membaca artikel 4 Cara Mengakses Website Yang Tidak Bisa Dimuat agar anda bisa mengakses situs yang tidak bisa anda akses.

2. Restart perangkat

Restart Windows

Bahkan cara mudah seperti memulai ulang laptop atau komputer anda bisa memperbaiki masalah internet anda. Silahkan lakukan restart komputer sekarang. Jika internet anda masih belum bisa, mungkin perangkat modem atau router anda juga perlu di-restart. Jika anda tidak restart modem atau router anda, silahkan tanya teman anda yang paham mengenai perangkat tersebut.

Cek juga dengan perangkat lain seperti smartphone anda, apakah mengalami masalah internet yang sama. Jika sama, bisa saja masalahnya terdapat di perangkat internet atau penyedia internet anda.

3. Mengecek kabel fisik internet

Konektor Rj45

Apakah anda menggunakan kabel ethernet untuk terkoneksi dengan internet? Hal ini biasanya masih dilakukan jika anda menggunakan komputer desktop. Pastikan kabel ethernet anda masih dalam keadaan baik dengan mengecek apakah ada yang robek atau terputus. Mengganti kabel ethernet dengan yang lain juga menjadi tips yang bagus.

Warna lampu dari router juga harus anda perhatikan. Biasanya router yang berjalan biasa akan berwarna hijau dan akan berkedip-kedip jika ada yang menggunakan. Jika terdapat warna lain seperti kuning atau merah, bisa saja ada yang error di router atau penyedia internet anda.

4. Cek virus dan malware jahat lainnya

Virus dan malware jahat juga merupakan salah satu cara memperbaiki koneksi internet laptop dan komputer karena perangkat lunak jahat bisa mengganggu jaringan internet akibat menghindari antivirus untuk melakukan update terbaru, sehingga malware jahat dapat berkeliaran bebas. Apalagi jika komputer anda tidak memiliki antivirus, maka hal ini juga mengganggu aktivitas komputer anda yang lain.

Situs Malwarebytes

Penulis sarankan untuk anda menggunakan komputer lain yang anda yakin tidak terjangkiti virus dan malware jahat untuk mengunduh atau download Malwarebyte. Aplikasi ini sangat ampuh menghapus virus dan malware jahat. Setelah anda unduh, silahkan pindahkan Malwarebyte ke komputer anda, lakukan instalasi, dan segera scan komputer anda. Setiap kali anda mengunduh Malwarebyte, anda selalu mendapatkan update terbaru.

5. Menggunakan Network Troubleshooter di Windows

Windows memiliki fitur untuk memperbaiki secara otomatis jika jaringan internet anda tidak berfungsi. Walaupun tidak 100% bisa memperbaiki internet anda, namun tidak ada salahnya untuk mencoba.

Tombol Troubleshoot Problems Untuk Jaringan Internet Windows

Klik kanan pada icon network pada taskbar anda dan klik “Troubleshoot problems” seperti gambar diatas. Lalu, ikuti langkah-langkah yang diberikan. Windows memperbaiki error-nya secara otomatis jika ditemukan. Mungkin anda diminta untuk restart komputer dan jika iya, restart saja agar internet anda bisa diperbaiki.

6. Mengecek alamat IP yang didapatkan komputer

Jika cara-cara sebelumnya sudah anda coba, namun hasilnya tetap saja internet tidak dapat diakses, bisa saja IP yang diberikan ke komputer anda salah. Karena biasanya, alamat IP diberikan secara otomatis oleh router.

Mengecek Apakah Windows Mendapatkan Alamat Ip Otomatis

Untuk memastikan bahwa komputer anda mendapatkan alamat IP secara otomatis, buka Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center. Kemudian klik nama jaringan internet yang anda gunakan saat ini. Kemudian, klik “Properties” dan pilih “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)” dan klik lagi “Properties”. Pastikan opsi “Obtain an IP Address automatically” dipilih. Lakukan juga untuk DNS Server seperti animasi diatas. Lakukan juga hal ini untuk “Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6)”.

Mengecek Alamat Ip Command Prompt

Sekarang, anda harus mengkonfirmasi apakah komputer sudah mendapatkan alamat IP yang benar atau tidak. Buka Command Prompt dan ketik “ipconfig” dan tekan enter. Jika pada “IPv4 Address” anda dimulai selain dari 169.x.x.x seperti gambar diatas, maka pengaturan alamat IP anda sudah benar. JIka tidak, jalankan 2 perintah dibawah ini:

ipconfig /release

ipconfig /renew

Dan jika alamat IP anda masih dimulai dengan 169.x.x.x, berarti komputer anda belum menerima alamat IP yang benar. Jika anda menggunakan WiFi, silahkan gunakan kabel ethernet untuk terhubung dengan internet. Dan jika bermasalah juga, router anda bisa menjadi penyebab masalahnya. Mengganti router bisa jadi opsi yang paling baik saat ini.

7. Penyedia internet sedang mengalami gangguan

Jika anda sampai ke langkah ini, kemungkinan besar penyedia internet anda yang saat ini sedang bermasalah. Memang tidak ada satupun penyedia internet yang ada di Indonesia menjamin koneksi internet stabil selama 24 jam setiap harinya.

Anda bisa menghubungi penyedia internet anda dan meminta agar ada teknisi yang datang ke rumah atau kantor anda. Hal ini biasanya tidak dikenakan biaya karena gangguan ini berasal dari penyedianya sendiri dan bukan kesalahan anda.

Bagaimana menurut anda artikel 7 Langkah Mudah Cara Memperbaiki Koneksi Internet Laptop dan Komputer Windows?

Mudah-mudahan 7 langkah diatas bisa membantu anda memperbaiki koneksi internet anda. Lalu, apakah ada bagian yang membuat anda bingung? Seberapa sering anda terganggu akibat putusnya internet? Silahkan bagikan pengalaman anda di kotak komentar ya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.