BerandaTips n TrickCara Mempercepat Google Chrome

Cara Mempercepat Google Chrome

Cara Mempercepat Google Chrome

Apakah anda pengguna Google Chrome? Sama seperti saya, Google Chrome sudah menjadi browser yang selalu saya pakai setiap saat, bahkan untuk menulis artikel ini. Jadi, harus saya pastikan bahwa Chrome yang saya gunakan dalam keadaan performa terbaiknya. Lalu, bagaimana cara mempercepat Google Chrome?

Cara Mempercepat Google Chrome

Ada berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk mempercepat Google Chrome anda. Silahkan ikuti beberapa tips dibawah ini:

Melihat beban memori pada website yang diakses

Anda dapat dengan mudah melihat berapa besarnya website mengambil memori anda. Di Google Chrome, anda dapat melihat task manager dan melihat website mana yang paling banyak mengambil memori. Untuk membuknya, tekan SHIFT + ESC

Melihat website yang membebankan memori

Seperti pada gambar diatas, anda bisa melihat bahwa website dari Google yang paling banyak mengambil memori. Anda dapat menutup tab tersebut untuk meringankan beban memori anda.

Menghapus extension yang tidak diperlukan

extension digunakan untuk meningkatkan fitur yang ada di Google Chrome. Walaupun bagus, extension memakan memori, sehingga akan memperlambat Chrome.

Cara menghapus extension di Google Chrome

Sehingga, tugas anda adalah mencari extension yang sekiranya tidak pernah atau jarang anda pakai. Caranya adalah buka Chrome Extension dengan mengetikkan “chrome://extensions/” di address bar dan tekan enter. Kemudian, carilah extension yang anda ingin hapus.

Menghapus extension di Google Chrome

Jika sudah, silahkan klik icon tong sampah untuk menghapusnya dari Chrome. Jika ada konfirmasi, klik saja Remove.

Menonaktifkan Plugin

Plugin biasanya berisi tentang beberapa aplikasi tambahan untuk menunjang browsing. Jika ada plugin yang tidak berguna, anda bisa menonaktifkannya, untuk meringankan beban Chrome

Cara menonaktifkan Plugin di Google Chrome

Silahkan anda buka Plugin dengan cara “chrome://plugins/” di address bar dan tekan enter serta matikan plugin yang sekiranya tidak anda pakai. Misalnya, anda dapat menonaktifkan plugin seperti Native Client. Anda hanya tinggal mengklik Disable, sehingga plugin tersebut tidak aktif.

Menghapus Browsing Data

Setiap kali anda menggunakan Chrome anda, ia menyimpan berbagai data yang diperoleh dari website yang anda kunjungi. Semakin banyak website yang anda kunjungi, maka semakin banyak pula data yang disimpan. Hal ini akan membuat Chrome menjadi lebih lambat. Solusinya adalah membuat semua data-data tidak penting tersebut.

Menghapus Browsing Data di Google Chrome

Untuk memulai menghapus Browsing Data, silahkan kunjungi Clear Browsing Data dengan cara mengetikkan di address bar “chrome://settings/clearBrowserData” dan tekan enter. Beri tanda centang pada item berikut ini:

  • Download History: Menghapus semua rekaman file apa saja yang anda unduh. Opsi ini sama sekali tidak menghapus hasil unduh anda, hanya data-datanya saja yang akan terhapus.
  • Cookies: Cookies digunakan oleh website untuk menyimpan informasi, seperti kapan anda mengakses website tersebut, dan lain sebagainya. Data ini tidak penting, sehingga dapat dihapus.
  • Cache Images and Files: Setiap kali anda membuka website, sebagian besar dari gambar dan data lainnya akan disimpan, agar akses ke gambar tersebut akan lebih cepat jika anda mengunjungi website itu kembali.
  • Autofill form data: Ketika anda memasukkan data pada kolom yang ada di website, data tersebut akan disimpan dan dimunculkan otomatis pada saat anda mengisi kolom yang sama.
  • Hosted app data: Jika anda membuka web apps, beberapa data akan disimpan. Anda dapat menghapusnya tanpa perlu khawatir.

Biasanya, saya menghilangkan data-data diatas untuk mempercepat laju browser.

Menggunakan Chrome Cleanup Tool

Chrome Cleanup Tool adalah aplikasi yang dapat membersihkan Chrome anda dari berbagai hal yang menyebabkan Chrome anda lambat, atau sering terjadi error.

Menggunakan Chrome Cleanup Tool

Aplikasi ini secara otomatis memindai program apa saja yang menyebabkan Chrome lambat. Jika aplikasi tersebut menemukan program yang membuat Chrome anda lambat, silahkan ikuti petunjuk yang diberikan. Jika tidak ada, maka aplikasi tersebut akan memberitahu anda.

Mereset Google Chrome

Jika cara-cara diatas tidak berhasil, mungkin cara terakhir yang paling ampuh adalah mereset Google Chrome. Dengan mereset, seluruh pengaturan Google Chrome akan balik seperti awalnya.

Cara mereset Google Chrome

Bukan menu Reset dengan cara mengetikkan “chrome://settings/resetProfileSettings” di address bar dan tekan enter dan semua data-data anda di Google Chrome akan dihapus. Jika anda sudah siap, silahkan klik tombol Reset.

Kesimpulan

Cara-cara diatas sebenarnya sudah sangat ampuh untuk mempercepat Google Chrome anda. Jika cara-cara diatas tidak berpengaruh, mungkin komputer anda memiliki malware jahat didalamnya. Anda bisa menggunakan Malwarebytes Free. Aplikasi ini khusus untuk menyingkirkan semua trojan, spyware, dan malware lainnya, termasuk malware yang menjangkiti Browser. Sekian cara mempercepat Google Chrome, semoga artikelnya bermanfaat untuk anda.

2 tanggapan pada “Cara Mempercepat Google Chrome”

  1. Sayang, di laptopku sudah tidak bisa pakai chrome lagi. Setiap menggunakan chrome browser selalu terjangkit cinema plus & sampai sekarang belum tahu bagaimana cara mengatasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.