BerandaMobileAndroid10 Cara Mempercepat Internet Android Super Mudah!

10 Cara Mempercepat Internet Android Super Mudah!

Tentu semua orang membenci internet yang lambat, apalagi anda lagi berada di saat yang genting. Ada banyak penyebab internet melambat di Android anda dan di artikel ini, kita akan bedah satu persatu, kira-kira apa penyebab internet anda melambat. Langsung saja, ini dia 10 cara mempercepat internet Android dengan mudah.

Karena setiap smartphone Android memiliki tampilan yang berbeda, tips di artikel ini bisa saja memiliki posisi menu yang berbeda. Di artikel ini, saya menggunakan Android versi Android One dan berada di versi Android 10. Langsung saja, ini dia cara mempercepat internet Android.

1. Mulai ulang Android anda

Tips super mudah ini bisa saja memperbaiki internet anda yang melambat. Apalagi jika anda merasa sudah lama tidak melakukan hal tersebut, me-restart smartphone anda bukanlah hal yang merepotkan.

Menu Tombol Power Android

Caranya sama seperti anda mematikan Android anda. Tekan dan tahan tombol power Android anda dan sentuh “Nyalakan ulang” dan tunggu hingga selesai Android kembali menyala dan silahkan anda coba lagi internet anda.

2. Mematikan VPN

Jika anda menggunakan VPN (Virtual Private Network), bisa jadi penyebabnya internet lambat adalah VPN. Ini dikarenakan cara kerja VPN, dimana ketika anda mengakses sebuah situs, komputer anda seakan-akan mengakses situs tersebut dari negara lain. Hal ini tentu menambah proses dari situs yang anda tuju dan dapat berdampak lambatnya internet anda.

Ada banyak VPN yang tersedia di Android. Namun saya kira cara mematikannya semua sama. Ketika anda membuka aplikasi VPN di Android, di beranda utama biasanya akan ada opsi untuk mematikan VPN. Jika anda menggunakan VPN di browser Opera, berikut cara mematikan VPN di Opera.

Cara mematikan VPN di browser Opera

  1. Buka menu Opera dan sentuh “Pengaturan”.
  2. Di halaman pengaturan, geser switch VPN ke kiri untuk menonaktifkannya.

3. Berpindah lokasi

Banyaknya sinyal yang anda dapatkan tentu sangat mempengaruhi cepat atau lambatnya internet. Untuk itu, kita perlu tahu apa saja penyebabnya. Berikut faktor penyebab rendahnya sinyal.

  1. Benda atau penghalang di sekitar kita seperti tembok, gedung, dan lain-lain.
  2. Cuaca.
  3. Jauh dari BTS (Base Transceiver Station).
  4. Banyaknya pengguna di satu BTS.
Ilustrasi Peta Lokasi

Solusi dari 4 penyebab rendahnya sinyal tersebut adalah anda harus pindah lokasi. Jika anda dalam gedung, silahkan pergi ke tempat yang memiliki jendela. Dan jika masalahnya belum juga kelar, bisa jadi anda harus keluar gedung dan mencari tempat lapang.

4. Menonaktifkan aplikasi yang menggunakan internet di latar belakang

Untuk tips yang satu ini, anda harus melakukan sedikit investigasi di HP anda. Kali ini anda harus memeriksa aplikasi apa yang paling banyak menggunakan internet. Penggunaan internet terbagi menjadi 2 jenis:

  1. Latar depan: Penggunaan internet di saat anda menggunakan aplikasi. Misalnya ketika anda membuka aplikasi Twitter. Setiap kali ada gambar atau video yang muncul dan menggunakan internet, itulah yang dinamakan penggunaan internet latar depan.
  2. Latar belakang: Penggunaan internet di saat anda tidak menggunakan aplikasi. Contoh paling mudahnya adalah aplikasi chatting seperti Whatsapp. Ketika anda tidak menggunakan Whatsapp, anda terus mendapatkan notifikasi pesan baru.

Yang jadi masalah disini adalah penggunaan internet latar belakang. Bisa jadi ketika anda menggunakan aplikasi tertentu, ada aplikasi lain yang menggunakan internet di latar belakang dan membuat internet anda menjadi lambat. Berikut cara menonaktifkan aplikasi yang menggunakan internet di latar belakang.

  1. Buka Setelan > Jaringan & internet > Jaringan seluler > Data usage (Penggunaan data)
  2. Kemudian, silahkan anda cek aplikasi yang sekiranya banyak menggunakan koneksi internet. Seperti gambar diatas, saya melihat aplikasi Shopee dengan penggunaan latar belakang yang menurut saya banyak. Untuk itu, saya menonaktifkannya pada bagian “Kuota latar belakang”.

5. Mengecek skema paket data

Setiap operator selular menawarkan skema paket data internet yang berbeda-beda. Untuk itu, anda perlu mencermati skemanya sebelum anda membeli paket data tersebut. Jika anda tidak terlalu memperhatikannya, bisa jadi gara-gara skema tersebut koneksi internet anda menjadi lambat.

Skema Paket Data Internet Smartfren

Saya beri contoh satu operator selular yaitu Smartfren. Operator ini menawarkan paket internet tidak terbatas atau unlimited. Namun skema paket internetnya adalah setiap hari, anda diberi kuota sebesar 1 GB. Jika dalam hari tersebut anda telah menggunakan 1 GB, maka kecepatan akan diturunkan. Karena itulah internet anda menjadi lambat jika sudah menghabiskan kuotanya.

Untuk itu, silahkan anda cek skema paket data operator selular anda, apakah ada yang sama atau mirip seperti Smartfren.

6. Mengecek jaringan operator selular

Tidak selamanya kecepatan internet lambat karena kesalahan dari kita. Bisa jadi operator selular anda mengalami gangguan. Jika memang terjadi hal seperti itu, anda bisa mengecek apakah operator selular anda bermasalah dengan mengakses situs Downdetector.

Situs Downdetector Telkomsel

Seperti gambar di atas, di kotak pencarian saya mengetik “telkomsel”. Jika sudah, tekan enter.

Laporan Masalah Jaringan Telkomsel Downdetector

Hasilnya akan muncul seperti gambar diatas jika tidak ada gangguan. Jika terjadi, maka akan ada laporannya beserta lokasinya. Karena koneksi smartphone anda lambat, anda bisa mengeceknya jika anda terkoneksi Wifi atau anda bisa menggunakan smartphone teman anda yang memiliki operator berbeda.

7. Melakukan setel ulang jaringan di Android

Pengaturan jaringan internet di Android anda bisa jadi berubah tanpa sepengetahuan anda. Ini dikarenakan anda bisa saja memasang aplikasi di Play Store atau di tempat lain dan aplikasi tersebut mengubahnya. Untuk itu, melakukan setel ulang jaringan internet bisa jadi solusinya.

Konsekuensi anda melakukan setel ulang jaringan di Android adalah tidak hanya jaringan internet yang akan di setel ulang. Jaringan Wi-Fi dan Bluetooth juga akan di setel ulang. Oleh karena itu, anda perlu koneksi kembali jaringan Wi-fi kantor atau rumah dan juga memasangkan ulang perangkat Bluetooth yang ada. Cara setel ulang jaringan di Android adalah sebagai berikut.

  1. Buka “Setelan > Sistem > Opsi setel ulang”.
  2. Kemudian sentuh “Setel ulang Wi-Fi, kuota seluler & Bluetooth”.
  3. Anda akan dikonfirmasi kembali mengenai hal tersebut. Jika sudah yakin, sentuh “Setel Ulang Setelan”.

8. Smartphone anda tidak mendukung 4G/5G atau kartu anda belum di upgrade

Spesifikasi Smartphone Samsung Galaxy Ace Nxt Gsmarena

Jika smartphone anda keluaran lama, kemungkinan smartphone anda tidak mendukung jaringan 4G sangat besar. Untuk itu, anda bisa mengecek model smartphone anda di internet. Saya pribadi sering menggunakan situs GSMArena untuk mengecek spesifikasi smartphone. Seperti gambar diatas, smartphone yang dirilis di tahun 2014 ini hanya mendukung jaringan HSPA dimana HSPA adalah jaringan 3G.

Penyebab lainnya adalah anda belum melakukan upgrade kartu SIM anda. Seluruh operator di Indonesia saat ini semakin gencar meminta konsumen untuk upgrade kartunya agar bisa menikmati jaringan 4G. Selain itu, banyak operator yang menawarkan bonus kuota internet jika anda melakukannya. Dan anda tidak perlu khawatir mengenai biaya karena penggantian kartu SIM 3G ke 4G gratis. Untuk itu, segera datang di gerai operator selular anda secepatnya untuk mengganti.

9. Mencabut dan masukkan kembali kartu SIM

Kartu SIM bertujuan untuk mengkoneksikan smartphone anda ke cell tower atau BTS agar smartphone dapat dihubungi oleh telpon, sms, maupun tersedianya koneksi internet. Bisa jadi karena posisi kartu SIM yang agak miring maupun adanya debu mengakibatkan koneksi internet anda menjadi lambat.

Kartu Sim

Untuk itu, silahkan anda cabut kartu SIM anda. Kemudian, bersihkan jika terlihat ada debu dengan tisu halus seperti tisu wajah atau kain microfiber dan anda tidak boleh menggunakan tisu atau kain yang kasar.

10. Mengunjungi gerai operator selular

Jika tips-tips diatas tidak ada yang bisa mengatasi internet anda yang lambat, mungkin ini saatnya anda mengunjungi gerai atau kantor operator selular anda. Bisa jadi kartu SIM anda sudah rusak maupun karena masalah lain, sehingga kartu SIM anda bisa saja diganti. Penggantian kartu SIM biasanya memakan biaya, tapi tidak mahal yaitu sekitar 10 ribu atau lebih. Siapkan juga KTP atau kartu identitas lainnya.

Selesai sudah cara mempercepat internet Android

Saya berharap artikel ini bisa mengatasi segala keluhan internet lambat anda. Lalu, apakah ada tips lain yang bisa anda sarankan ke saya? Jika ada, silahkan anda tulis di kotak komentar ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.