Cara Memperpanjang Masa Pakai Baterai Untuk Semua Perangkat Komputer

Smartphone, Laptop, PDA, PSP, dan lain sebagainya pasti membutuhkan baterai agar perangkat tersebut dapat menyala saat tidak ada stop kontak (mobile). Sebagian besar perangkat saat ini menggunakan baterai berjenis Lithium-Ion. Nah, baterai jenis ini lama kelamaan akan menurun kapasitas energi yang bisa ditahannya dalam baterai, bagaimana pun cara anda memakainya.

Untuk itu, Windowsku akan memberikan beberapa tips agar baterai perangkat kesayangan anda bertahan lebih lama. Berikut tipsnya untuk anda.
Jangan Melakukan Cas Hingga 100% Terlalu Sering
 
Apakah anda sering melakukan hal itu? Hal itu dapat mengurangi kapasitas baterai lithium-ion dan merusak sel di dalamnya. Sehingga tips pertama yang harus anda lakukan anda pastikan anda melakukan pengecasan tidak mencapai 100%. Cara melakukannya adalah berhenti melakukan pengecasan pada saat level baterai berada di antara 40-70%.
Kemudian, jangan sampai baterai perangkat anda dibawah level 20%. Sebelum baterai anda dibawah 20%, pastikan anda melakukan pengecasan. Tips lainnya adalah jika sebelumnya berhenti melakukan cas pada level 70%, lakukan juga pengecasan hingga mencapai 70%.
Namun, jangan melakukan tips ini terus menerus. Anda boleh melakukan pengecasan penuh 100%. Berbagai perusahaan merekomendasikan melakukan pengecasan penuh setidaknya 1 bulan sekali. Jika anda sudah melakukan pengecasan penuh, lakukan tips diatas dengan rutin.
Panas (dan juga dingin) Dapat Merusak Baterai
 
Ya, baterai lithium-ion maupun baterai jenis lainnya sama sekali tidak menyukai panas dan dingin. Baterai di smartphone anda, terutama baterai di laptop akan rusak selnya jika terkena panas dan dingin. Yang perlu diperhatikan adalah laptop, karena laptop merupakan perangkat komputer yang cepat sekali panas.
Sehingga tips kedua adalah pastikan baterai anda tidak terkena panas dan dingin. Jika anda menggunakan laptop untuk waktu yang lama, atau anda sedang bermain game, lepas saja baterainya dan gunakan saja stop kontak. Sehingga, baterai akan terhindar dari panas. Jika anda melakukan aktivitas ringan di laptop anda, biarkan saja baterai laptop anda.
Selain karena faktor dari perangkat itu sendiri, faktor suhu atau cuaca juga sangat mempengaruhi. Hindari pemakaian perangkat di tempat yang panas.  Usahakan menggunakan perangkat di tempat yang ber-AC, agar terhindar panas berlebih.
Tentu saja, jangan sampai baterai anda ‘menggigil’ karena akan berdampak buruk juga terhadap lithium-ion.
Jangan sampai membiarkan level baterai pada keadaan 0%
 
Tips ketiganya adalah jangan biarkan baterai anda kosong. Jika anda terpaksa harus menggunakan perangkat anda hingga baterainya habis, lakukan pengecasan ulang sesegera mungkin. Anda tidak perlu harus berlari untuk mengecas perangkat anda. Yang saya maksudkan adalah jangan sampai anda tidak menggunakan baterai untuk waktu yang cukup lama, padahal level baterai sudah 0%.
Simpanlah baterai pada saat level baterai 50%
 
Jika anda ingin menyimpan baterai untuk waktu yang cukup lama, pastikan anda mengecasnya hinggal level 50%, kemudian simpanlah baterai anda. Jangan sampai anda melakukan pengecasan hingga 100%, karena dapat merusak sel-sel di baterai. Dan lebih parahnya lagi, baterai anda tidak dapat digunakan lagi.
Bagaimana jika melakukan pengecasan terus menerus?
 
Anda boleh melakukan pengecasan terus-menerus untuk waktu yang lama. Kenapa seperti itu? Karena perangkat komputer anda seperti laptop dan smartphone akan saat anda melakukan pengecasan hingga 100% dan stop kontak masih ada di laptop anda, laptop akan otomatis menggunakan energi dari stop kontak dan baterai dalam keadaan tak tergunakan.
Jadinya, selama baterai anda dicas terus menerus hingga 100%, laptop secara otomatis menggunakan energi dari stop kontak. Namun balik lagi ke tips yang pertama, janganlah selalu seperti itu. Usahakan level baterai tidak sampai penuh, sehingga sel-sel lithium-ion mempunyai umur yang panjang.
Perhatian! Umur baterai tetap akan berkurang, tapi…
 
Dengan menjalankan tips-tips yang diberikan disini, setidaknya dapat memperpanjang masa pakai baterai perangkat anda, sehingga anda tidak perlu mengganti baterai terlalu sering. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, kapasitas baterai tetap akan berkurang bagaimana pun caranya anda untuk merawat baterai.
Jadi, lakukan tips diatas setiap hari.

Tinggalkan sebuah komentar

You have to agree to the comment policy.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Satu pemikiran di “Cara Memperpanjang Masa Pakai Baterai Untuk Semua Perangkat Komputer”