Cara Mengetahui Password Wifi Cara Mengganti Password Wifi Header

Cara Mengetahui Password Wifi Anda dan Menggantinya di Windows

Windows 10 secara otomatis akan menghafal password wifi ketika anda terhubung dan memberikan passwordnya, sehingga anda tidak perlu mengingatnya lagi. Namun hal ini menjadi masalah jika ada perangkat baru yang ingin terhubung dengan Wifi dan anda lupa password-nya. Untuk itu, anda perlu tahu bagaimana cara mengetahui password Wifi anda dan juga sebagai bonus, mengganti passwordnya jika diperlukan.

Cara mengetahui password Wifi melalui Control Panel

Control Panel Network Status Windows 10

Untuk membuka Control Panel, buka Start menu dan ketik “control panel” dan tekan enter. Kemudian, klik “View network status and tasks”.

Network Status Nama Wifi Windows 10

Setelah itu, klik nama Wifi yang anda gunakan seperti gambar diatas.

Cara Mengetahui Password Wifi Windows 10

Terakhir, silahkan klik “Wireless Properties” (1) dan beri tanda centang pada “Show characters” (2) seperti gambar diatas. Maka, password Wifi anda akan terlihat. Sekarang, anda bisa menggunakan password tersebut untuk terhubung dari perangkat lain.

Cara mengganti password Wifi

Biasanya, petugas penyedia internet anda akan memberi tahu anda bagaimana cara mengganti password Wifi rumah anda. Namun jika anda lupa atau bahkan tidak diberitahu, tenang saja dan ikuti cara dibawah ini.

Ipconfig Command Prompt Windows 10

Agar kita bisa mulai mengubah password Wifi, kita terlebih dahulu harus mengetahui IP Gateway untuk memasuki pengaturan perangkat Wifi anda. Caranya sangat mudah. Buka Start Menu dan ketik “cmd” dan tekan enter. Kemudian, ketik “ipconfig” pada jendela Command Prompt dan tekan enter. Pada bagian “Default Gateway”, anda bisa menemukan alamat IP untuk mengakses perangkat Wifi anda.

Mengakses Pengaturan Perangkat Wifi

Selanjutnya, silahkan ketik alamat IP tersebut di browser anda dan tekan enter. Anda akan diminta untuk memasukkan user dan password perangkat Wifi anda. User dan Passwordnya biasanya tercantum di perangkat Wifi anda. Jika tidak ada, silahkan coba mengetik di kolom user sebagai “user” atau “root” dan biarkan kosong kolom password dan tekan enter. Jika tidak bisa masuk, silahkan hubungi penyedia internet anda.

Cara Mengubah Password Wifi

Jika anda sudah login, klik menu Network (1) > WLAN (2) > Security (3). Pada kolom WPA Passphrase, silahkan ketik password Wifi baru anda. Jika sudah, klik tombol “Submit” untuk menyimpannya. Setelah itu, anda perlu disconnect dan hubungkan lagi ke Wifi dengan password baru.

Perlu diingat bahwa tampilan halaman Gateway perangkat Wifi anda bisa jadi berbeda dengan yang ada di artikel ini. Jika berbeda, silahkan cari menu yang hampir mirip dengan yang ada di artikel ini.

Selesai sudah cara mengetahui password Wifi dan cara mengganti password Wifi

Dengan membaca artikel ini, anda tidak perlu bingung lagi jika lupa password Wifi rumah anda sendiri dan bahkan anda bisa langsung menggantinya jika diperlukan. Lalu, apakah anda berhasil dengan cara diartikel ini? Bagikan pengalaman anda dan silahkan bertanya jika anda belum berhasil.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.