BerandaMobileAndroid7 Cara Mengetik Cepat di HP Android

7 Cara Mengetik Cepat di HP Android

Cara Mengetik Cepat Di Hp Android Header

Mengetik kalimat yang panjang di smartphone bukanlah pengalaman yang menyenangkan. Menggunakan layar sentuh, membuat kita sering menekan huruf yang salah. Walaupun tidak seenak seperti mengetik di keyboard sungguhan, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar bisa meningkatkan kecepatan dan ketepatan dalam mengetik. Lalu apa saja cara mengetik cepat di HP Android?

Langsung saja, ini dia cara-caranya agar anda bisa mengetik lebih cepat di HP Android.

1. Memilih keyboard sesuai selera

Tergantung dari merk dan jenis smartphone Android yang anda pakai, keyboard yang digunakan bisa berbeda satu sama lain. Saya pribadi saat ini menggunakan Xiaomi Mi A2 Lite. Karena smartphone ini menggunakan Android One, keyboard yang digunakan adalah Gboard.

Selain Gboard, ada beberapa keyboard terkenal lainnya yang mungkin bisa anda coba. Berikut daftarnya:

  1. SwiftKey
  2. Chrooma
  3. Fleksy

Sudah bertahun-tahun dan sering mengganti-ganti keyboard, saya saat ini masih menggunakan Gboard. Pilihan anda mungkin berbeda, sehingga silahkan mencoba terlebih dahulu kira-kira keyboard mana yang anda suka. Namun di artikel ini, saya akan menggunakan Gboard.

2. Pengaturan bahasa keyboard

Karena kita tinggal di negara Indonesia, sangat penting untuk kita mengatur agar keyboard juga menggunakan Bahasa Indonesia. Disini saya menggunakan Gboard. Caranya adalah buka pengaturan Gboard > Bahasa > Tambahkan Keyboard. Kemudian, pilih Indonesia.

Pengaturan Bahasa Gboard

Dengan begitu, Keyboard anda akan disesuaikan dengan bahasa Indonesia, sehingga mempermudah anda dalam mengetik.

3. Mengaktifkan Strip Saran dan Menggunakan jalan pintas dalam mengetik kata/kalimat

Pastinya banyak sekali kata atau kalimat yang sering anda ketik berulang-ulang. Anda bisa menggunakan jalan pintas agar dalam mengetik kata atau kalimat tertentu menjadi lebih cepat.

Disini saya menggunakan Gboard. Jika anda menggunakan keyboard lain, saya yakin fitur ini ada, hanya saja letak menunya saja yang berbeda. Pada Gboard, buka pengaturannya. Sentuh menu Koreksi Teks dan pastikan opsi “Tampilkan strip saran” dalam posisi dihidupkan.

Selanjutnya, balik ke halaman sebelumnya dan sentuh menu Kamus > Kamus Pribadi. Jika anda memiliki lebih dari satu bahasa untuk keyboard anda, silahkan pilih bahasanya atau pilih Semua bahasa. Kemudian, sentuh tanda + untuk mulai menambahkan jalan pintas. Seperti gambar diatas, saya menambahkan kalimat “aku meluncur”. Kemudian untuk pintasan, saya mengaturnya dengan kata “am”.

Jika sudah, silahkan anda coba gunakan dengan cara mengetik “am”. Maka akan muncul kalimat “aku meluncur” yang bisa anda gunakan.

4. Mencari emoticon dengan mengetik

Emoticon atau emoji saat ini begitu banyak. Cukup menyita waktu bagi kita untuk mencarinya dengan hanya bermodalkan gambarnya saja. Namun, anda bisa mencari emoticon dengan bermodalkan teks. Bagaimana caranya?

Koreksi Teks Android

Masuk ke pengaturan Google Keyboard dan sentuh menu “Koreksi Teks”. Kemudian, hidupkan pilihan “Tampilkan saran emoji” seperti gambar diatas. Namun saat ini jika ingin menggunakan fitur ini, anda harus mencari emoticon dengan kata bahasa inggris.

Pencarian Emoticon Otomatis Google Keyboard

Ketika sudah dihidupkan, anda bisa sebagai contoh mengetik kata “sad” yang artinya sedih. Maka, emoticon dengan wajah sedih pun akan muncul seperti gambar diatas. Dengan cara, ini anda tidak perlu membuka menu emoticon dan mencarinya secara manual.

5. Mengatur Layout/Tata Letak Keyboard

Sangat penting untuk kita mengatur tata letak keyboard. Dan tata letak tersebut bisa kita atur untuk berbagai kondisi. Misalnya saja, layout keyboard ketika menggunakan 2 tangan bisa kita atur berbeda ketika kita hanya bisa menggunakan satu tangan saja.

Di Gboard, anda bisa mengaturnya dengan mudah pada menu Preferensi > Tata Letak. Ada 2 pengaturan utama untuk tata letak, yaitu sebagai berikut:

  1. Mode satu tangan: Mode ini berfungsi untuk mengatur ukuran keyboard agar panjangnya bisa di perpendek dan digeser ke arah kanan atau kiri. Jika di geser ke arah kanan, maka keyboard akan lebih cenderung tergeser ke kanan layar anda sehingga mempermudah anda untuk mengetik dengan menggunakan tangan kanan saja dan begitu juga dengan kiri.
  2. Ketinggian keyboard: Tinggi keyboard sangat mempengaruhi ukuran konten dalam aplikasi yang terlihat dan juga kenyamanan anda dalam mengetik. Semakin tinggi ukuran keyboard, konten aplikasi yang terlihat juga semakin kecil. Namun, bisa jadi anda lebih nyaman dengan ukuran keyboard yang lebih tinggi karena memberikan jarak yang jelas antar tombol huruf.

Untuk mode satu tangan, anda bisa hidupkan ketika misalnya anda sedang makan dengan menggunakan tangan. Anda bisa menghidupkan mode tangan kiri agar anda lebih nyaman mengetik dengan tangan kiri. Untuk ketinggian keyboard, saya pribadi menggunakan tinggi keyboard yang paling pendek. Karena, saya lebih memilih ukuran konten aplikasi lebih banyak dan juga ketinggian keyboard tidak mempengaruhi saya dalam kecepatan mengetik.

6. Menggunakan Voice Typing

Dengan Voice Typing, anda bisa mengetik kalimat tanpa perlu mengetik. Caranya adalah dengan menggunakan suara anda dan kemudian, keyboard secara otomatis mengetiknya. Fitur ini sebenarnya sudah sangat lama ada, hanya saja masih banyak orang yang belum menggunakannya.

Voice Typing Gboard

Dengan teknologi pengenalan suara yang semakin hari semakin canggih, rasanya fitur ini sangat cocok digunakan saat ini. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu menyentuh icon mic yang ada di pojok kanan atas keyboard anda. Kemudian, mulailah berbicara dan Gboard akan otomatis menerjemahkan suara anda. Dengan cara ini, anda bisa cepat mengetik apapun.

7. Mengetik menggunakan metode Swipe

Swipe adalah metode mengetik dimana anda menggeser jari anda dari huruf ke huruf. Jika melihat metode yang biasa kita gunakan, anda harus menyentuh huruf dan menyentuh huruf lain untuk membentu kata. Walau terlihat metode Swipe lebih sulit, sebenarnya metode Swipe merupakan alternatif yang mungkin anda sukai nantinya.

Mengetik Dengan Metode Swipe Gboard

Seperti video diatas, saya hanya menggeser jari-jari saya di setiap huruf untuk membuat kata dan kalimat. Geser antar huruf pun tidak harus presisi sekali, Gboard secara otomatis mengerti maksud kata yang anda tuju. Saya tidak bisa mengatakan moetode ini lebih cepat daripada cara biasa, namun anda bisa mencobanya dan anda bisa melihat sendiri, apakah cara ini lebih cepat atau tidak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.