Ini dia Cara Menggunakan Outlook Untuk Mengelola Email Anda!

Cara Menggunakan Outlook Header

Apakah pekerjaan anda menuntut anda untuk terus menggunakan layanan email? Jika benar, anda wajib tahu bagaimana cara menggunakan Outlook agar anda lebih produktif dalam pekerjaan anda. Outlook merupakan aplikasi yang selalu ada ketika anda memasang Microsoft Office, jadinya aplikasi ini kemungkinan besar sudah ada di komputer anda dan tinggal anda jalankan saja.

Apa itu Outlook?

Sebelum kita mulai artikel cara menggunakan Outlook, mungkin ada pembaca yang belum terlalu paham mengenai aplikasi ini. Outlook adalah aplikasi pengolah atau manajemen email yang sangat kuat dan memiliki fitur yang kaya. Dengan Outlook, anda tidak perlu mengakses email anda lewat browser dan bahkan anda bisa menghubungkan lebih dari 1 email. Sehingga, anda bisa mengakses banyak alamat email di satu tempat.

Hampir seluruh aksi yang biasa anda lakukan di email web bisa juga anda lakukan di Outlook, mulai dari membalas email, flagging, filter email, proteksi spam, dan masih banyak lagi. Setelah anda menggunakan Outlook, penulis yakin produktivitas anda akan meningkat.

Cara menghubungkan akun email ke Outlook

Sebelum tahu bagaimana cara menggunakan Outlook, langkah awal tentunya anda harus menghubungkan akun email anda ke aplikasi Outlook. Seluruh layanan email terkenal seperti Gmail, Outlook, Yahoo, Mail.com, dan masih banyak lagi bisa anda hubungkan ke Outlook. Mari kita sama-sama mulai hubungkan.

Cara menghubungkan Gmail ke Outlook

Disini, penulis akan menggunakan akun Gmail untuk dihubungkan dengan Outlook sebagai contoh. Jika anda ingin menghubungkan akun lain, anda bisa melewatkan langkah ini. Jika anda ingin menghubungkan akun Gmail anda, ada beberapa hal yang harus kita atur terlebih dahulu. Pertama adalah anda harus mengaktifkan verifikasi 2 langkah dan kedua adalah memasukkan perangkat komputer anda sebagai perangkat terpercaya.

1. Mengaktifkan verifikasi 2 langkah

Dengan verifikasi 2 langkah, akun Gmail atau Google anda menjadi lebih aman karena ketika anda login, anda perlu memasukkan kode lagi yang dikirimkan ke HP anda. Sehingga, ketika anda memasukkan password untuk akun anda, Google akan SMS HP anda yang berisi kode dan anda harus memasukkan kode tersebut untuk masuk ke akun anda.

Metode Login Sandi Google AccountJika anda sudah mengaktifkan verifikasi 2 langkah sebelumnya, anda tak perlu mengikuti langkah ini. Jika belum, kunjungi halaman Login & Keamanan dan jangan lupa login terlebih dahulu dengan akun Gmail dan password anda seperti biasa. Setelah selesai, silahkan geser ke bawah hingga anda menemukan bagian seperti gambar diatas. Klik saja “Verifikasi 2 Langkah” untuk mulai menggunakannya.

Mulai Mengatur Verifikasi 2 Langkah Google Account

Kemudian, akan ada informasi mengenai verifikasi 2 langkah. Klik “Mulai” untuk melanjutkan. Masukkan password Gmail anda lagi dan klik “Berikutnya”. 

Masukkan Nomor Hp Verifikasi 2 Langkah Google Account

Kemudian, masukkan nomor HP anda. Klik “Selanjutnya” untuk melanjutkan.

Konfirmasi Verifikasi 2 Langkah Google Account

Google akan mengirim SMS kepada anda. Masukkan kode tersebut di kolom yang tersedia. Jika sudah, klik “Selanjutnya”.

Verifikasi 2 Langkah Berhasil Google Account

Maka muncul tampilan seperti gambar diatas. Klik “Aktifkan” dan verifikasi 2 langkah sudah aktif. Selanjutnya, mari kita lanjutkan untuk mengizinkan komputer anda untuk mengakses Gmail anda dengan membuat password khusus.

2. Membuat password aplikasi untuk Gmail

Metode Login Sandi Google Account 2

Setelah anda berhasil mengaktifkan verifikasi 2 langkah, akan ada menu baru yaitu “Sandi aplikasi” seperti gambar diatas. Klik saja menu tersebut untuk memulai mengizinkan Outlook untuk mengakses Gmail anda.

Pengaturan Aplikasi Google Account

Ketika anda klik, anda akan diminta kembali memasukkan password. Anda juga akan dikirimkan SMS sebagai verifikasi 2 langkah. Setelah selesai, anda diminta untuk menentukan jenis aplikasi. Aturlah seperti gambar di atas yaitu dengan memilih “Email” dan perangkatnya adalah “Komputer Windows”. Jika sudah, klik “Buat”.

Password Aplikasi Google Account

Selanjutnya, password untuk aplikasi anda akan terbuat secara otomatis seperti gambar diatas. Password itu yang nantinya akan kita gunakan untuk masuk ke Gmail anda menggunakan Outlook.

Mulai menghubungkan akun email ke Outlook

Memasukkan Alamat Email Hubungkan Akun Outlook

 

Buka aplikasi Outlook. Jika anda belum pernah menghubungkan email sebelumnya ke Outlook, maka tampilannya seperti gambar diatas. Penulis sudah memasukkan alamat email sebagai demo kita di artikel ini yaitu “achmedeanonym[at]gmail.com”. Jika sudah, klik “Connect”.

Tombol Menambah Akun Outlook

Jika gambar sebelumnya tidak muncul, silahkan klik menu “File” “Add Account” seperti gambar diatas.

Masukkan Password Outlook

Tunggu beberapa saat hingga Outlook memproses akun anda. Setelah itu, anda diminta untuk memasukkan password email anda. Jika anda menggunakan Gmail, masukkan password yang sudah anda buat barusan pada saat membuat aplikasi. Klik “Connect” untuk melanjutkan.

Akun Dan Outlook Sukses Dihubungkan

Tunggu beberapa saat hingga proses penghubungan selesai. Jika selesai, maka keluar tampilan seperti diatas. Klik OK untuk melanjutkan.

Akun Sukses Dihubungkan Outlook

Setelah anda klik OK, Outlook akan melakukan sinkronisasi seluruh Email anda, sehingga email seperti kotak masuk dan surat yang terkirim bisa anda akses layaknya anda menggunakannya di web. Ada juga email dari Outlook untuk mengetes apakah pengaturan anda berhasil atau tidak.

Mengirim email

Menu Home Outlook

Banyak tombol-tombol yang biasa anda pakai ada di tab “Home” seperti gambar diatas. Mulai dari membuat email baru maupun membalas email, bisa anda lakukan disana.

Membuat Email Baru

Sebagai contoh, penulis ingin membuat email baru, silahkan klik “New Email”. Maka jendela baru akan muncul seperti diatas. Tinggal masukkan alamat email yang dituju, email CC atau BCC jika ada, dan silahkan anda mulai mengetik isi email anda.

Bagaimana menurut anda artikel Cara Menggunakan Outlook?

Diharapkan setelah anda menggunakan Outlook, anda bisa jadi lebih produktif dalam pekerjaan anda. Lalu, apakah ada pertanyaan mengenai aplikasi Outlook ini? Bagaimana menurut anda aplikasi Outlook ini? Silahkan tulis di kotak komentar pengalaman anda.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.