5 Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus di Windows

Cara Menghapus Aplikasi Yang Tidak Bisa Dihapus Windows Header

Pernahkah anda kesal karena tidak bisa menghapus aplikasi? Hal ini memang sering terjadi dan kita semua perlu tahu cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus tersebut agar aplikasi tersebut tidak membebani kerja komputer anda. Menghapus aplikasi yang tidak terpakai juga merupakan salah satu cara mempercepat komputer.

Uninstall Aplikasi Windows

Lalu, apa saja caranya? Ikuti langkah-langkah dibawah ini. Penulis sarankan untuk mengikuti dari nomor 1 dulu, baru menuju ke nomor selanjutnya jika anda tidak bisa uninstall dengan cara biasa seperti diatas.

1. Menggunakan 10AppsManager

Jika anda sudah coba uninstall dengan cara biasa, namun tidak bisa, silahkan coba menggunakan aplikasi ini. Namun, aplikasi ini hanya bisa menghapus aplikasi modern bawaan dari Windows 10 seperti Skype, Get Office, dan lain-lain dimana aplikasi tersebut jarang atau mungkin tidak pernah anda pakai.

10appsmanager

Penulis sarankan untuk membuat System Restore Point sebelum melakukan penghapusan aplikasi. Jika sudah, klik saja aplikasi yang ingin anda hapus.

2. Mematikan proses yang masih berjalan

Sering sekali aplikasi tidak bisa di uninstall karena masih ada proses yang berjalan. Tentu proses ini harus dimatikan, agar proses uninstall bisa berlanjut.

Menghentikan Proses Task Manager

Cara paling mudah yaitu menggunakan Task Manager. Tekan tombol CTRL + SHIFT + ESC di keyboard anda untuk membuka Task Manager. Kemudian, cari proses yang memiliki nama dari aplikasi yang ingin anda hapus. Misalnya dalam hal ini, penulis ingin menghapus aplikasi bernama Recuva. Klik kanan pada proses tersebut dan klik “End task”. Setelah itu, lakukan proses uninstall seperti biasa.

3. Menggunakan aplikasi Revo Uninstaller

Aplikasi ini memungkinkan anda untuk menghapus secara paksa aplikasi yang ingin anda hapus. Nilai lebihnya, bahkan aplikasi ini coba mencari sisa-sisa file yang mungkin ditinggalkan akibat aplikasi yang tidak bisa dihapus tersebut.

Revo Uninstaller

Jika sudah selesai anda download, jalankan seperti biasa. Disini, penulis menggunakan yang versi portable. Di halaman utama, anda bisa melihat seluruh aplikasi yang berjalan. Klik saja aplikasi yang ingin anda hapus dan klik tombol “Uninstall” seperti gambar diatas.

4. Menggunakan System Restore

Dengan System Restore, sistem anda bisa dikembalikan ke sedia kala dengan mudah. Misalnya anda mengubah suatu pengaturan di Windows. Dan jika terjadi error, anda bisa menggunakan System Restore untuk kembali sebelum anda mengubah pengaturan tersebut.

Cara memilih System Restore Point

Penulis sudah membahas System Restore secara lengkap sebelumnya. Biasanya, System Restore membuat Restore Point secara berkala seperti gambar diatas. Jika ada, maka gunakan Restore Point tersebut agar keadaan Windows bisa kembali ke keadaan tersebut.

5. Mengaktifkan Safe Mode untuk Windows

Jika anda sudah mencapai langkah ke-5, berarti aplikasi yang ingin anda hapus sangat bandel sekali. Dengan Safe Mode, Windows akan berjalan dengan jumlah proses yang sangat kecil. Hal ini diperlukan karena biasanya aplikasi yang tidak bisa dihapus menggunakan beberapa proses di Windows dan jika proses tersebut masih berjalan, maka aplikasi tidak bisa dihapus.

Mengatur Safe Mode Menggunakan System Configuration

Untuk masuk ke Safe Mode, tekan tombol Windows + R untuk membuka jendela “Run”. Kemudian, ketik “msconfig” dan tekan enter untuk membuka “System Configuration” seperti gambar diatas. Kemudian, klik tab “Boot” (1). Beri tanda centang pada “Safe boot” (2) dan klik opsi “Minimal” (3). Jika sudah, klik OK. Kemudian, anda akan diminta untuk restart komputer.

Safe Mode Windows 10

Setelah restart, anda akan langsung masuk ke Safe Mode seperti gambar diatas. Kemudian, lakukan uninstall aplikasi seperti biasa.

Jika sudah selesai uninstall, buka kembali “System Configuration” seperti cara sebelumnya dan hilangkan tanda centang pada “Safe Boot”. Maka, anda akan kembali ke tampilan Windows seperti biasa.

Bagaimana menurut anda artikel 5 Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus di Windows

Penulis berharap cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus ini mampu mengatasi masalah anda. Pengalaman penulis pribadi, penulis langsung menggunakan Safe Mode agar aplikasi yang nakal tersebut bisa dihapus dan akhirnya penulis berhasil menghapusnya. Lalu, bagaimana pengalaman anda? Aplikasi apa yang tidak bisa anda hapus? Bagikan pengalaman anda di kotak komentar dibawah ini.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.