Cara Menginstall Jdk Di Ubuntu

Cara Menginstall OpenJDK Di Ubuntu

JDK atau Java Development Kit adalah sebuah software yang digunakan untuk membuat aplikasi berbasis Java. Jika anda ingin belajar Java atau seorang programmer Java, JDK sudah pasti harus digunakan. Salah satunya yang harus menggunakan JDK adalah membuat aplikasi di Android.

Di artikel kali ini, Windowsku akan mencoba membahas cara menginstall JDK di Ubuntu. Disini, saya akan menggunakan OpenJDK versi 8. Caranya cukup mudah. Langsung saja, ini dia tutorialnya.

Cara Menginstall JDK Di Ubuntu

Menginstall JDK Di Ubuntu

Buka “Terminal” dengan cara menekan kombinasi CTRL + ALT + T. Ketik “Java” untuk mengetahui versi JDK yang ada. Bisa dilihat bahwa openjdk versi 8 adalah yang paling baru. Langsung saja, ketikkan perintah dibawah ini:

sudo apt-get install openjdk-8-jdk

Konfirmasi Install Openjdk Di Ubuntu

Setelah anda ketik perintah tersebut dan tekan enter, harap menunggu sebenar hingga Ubuntu mencari paket-paket yang akan dipasangkan. Nanti, anda akan dikonfirmasi bahwa OpenJDK akan diunduh sebesar 77.5 MB. Langsung saja, ketik “Y” untuk memulai instalasi. Tunggu hingga OpenJDK didownload dan terpasang di Ubuntu anda.

Mengecek Java

Mengecek apakah JDK sudah terinstall

Setelah selesai, maka anda perlu mengecek apakah Java sudah terinstall dengan benar atau tidak. Caranya adalah dengan mengetikkan perintah dibawah ini:

java -version

Jika sudah benar, maka akan ada output seperti pada gambar diatas.

Kesimpulan

Bagaimana, cukup mudah bukan menginstall JDK di Ubuntu? Anda saat ini dapat memulai membuat program berbasis Java. Sekian artikel Cara Menginstall JDK Di Ubuntu, semoga bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.