BerandaDesktopLinuxCara Menginstall Ubuntu 20.04 LTS Terbaru!

Cara Menginstall Ubuntu 20.04 LTS Terbaru!

Ubuntu sangatlah populer dikalangan penggemar Linux. Itu semua karena saat ini Ubuntu merupakan sistem operasi desktop yang paling banyak dipakai. Dengan update berkala yang dijamin oleh Canonical dan penambahan fitur yang dirilis setiap 6 bulan sekali, membuat distro Linux ini dikagumi. Dan dari semua itu, anda bisa mendapatkannya secara gratis karena bersifat Open Source. Lalu, bagaimana cara menginstall Ubuntu?

Cara menginstall Ubuntu 20.04 LTS

Versi Ubuntu ini merupakan versi yang paling terbaru saat artikel ini turun. Dan karena ini versi LTS atau Long Term Support, Ubuntu ini didukung oleh Canonical selaku pendana utama dari Linux ini selama 5 tahun. Tentu kedepannya jika versi terbaru muncul, anda bisa melakukan upgrade secara gratis dan kembali didukung.

Langsung saja, ini dia cara menginstall Ubuntu 20.04 LTS.

1. Mendownload Ubuntu 20.04 LTS dan menaruhnya di Flash Disk

Download Ubuntu 20 04 Lts

Untuk mendownloadnya, silahkan menuju situs utama Ubuntu. Kemudian pada bagian “Ubuntu Desktop”, klik tombol hijau “20.04 LTS” seperti gambar diatas. Ukuran download Ubuntu sendiri sekitar 2,5 GB. Jadi, sangat disarankan anda mendownloadnya jika anda terkoneksi Wifi.

Selagi anda mendownload Ubuntu, anda juga butuh sebuah tool untuk menaruh Ubuntu di flash disk. Disini, kita akan menginstall Ubuntu di Flash Disk dengan aplikasi bernama Universal USB Installer. Colok flash disk anda sekarang. Setelah selesai di download, langsung buka aplikasinya.

Universal Usb Installer Ubuntu

Pada layar pertama, anda diminta untuk menyetujui EULA. Klik saja “I Agree”. Kemudian, pada “Step 1” silahkan pilih Ubuntu. Kemudian pada “Step 2”, pilih file Ubuntu yang sudah anda download. Pada “Step 3”, pilih Flash Disk anda. Agar tidak ada gangguan, anda bisa melakukan Format Flash Disk anda dengan cara beri tanda centang pada “Fat32 Format Drive”. Namun jika ruang kosong mencukupi, anda tidak perlu melakukan format.

Tunggu beberapa saat hingga Ubuntu dipindahkan ke Flash Disk anda.

2. Mengatur boot komputer agar menggunakan Flash Disk

Untuk melakukan hal ini, caranya berbeda untuk setiap komputer. Disini, saya akan memberikan cara mengatur boot komputer yang dengan merk HP. Jika anda memiliki merk lain, silahkan buka buku manual komputer anda untuk mencari tahu caranya.

Memilih Menu Startup Hp

Lakukan restart komputer seperti biasa. Sebelum layar anda menyala, tekan tombol ESC berulang kali hingga layar anda memunculkan gambar seperti diatas. Setelah itu, tekan fombol F9 untuk memilih opsi “Boot Device Options”.

Memilih Boot Flash Disk Boot Manager

Selanjutnya, anda akan masuk ke layar “Boot Manager”. Temukan merk flash disk anda dan pilih dengan menggunakan keyboard. Setelah terpilih, tekan tombol enter.

Proses Booting Ubuntu

Tunggu beberapa saat hingga anda diminta untuk memilih opsi Boot Ubuntu. Pilih opsi yang pertama dengan tulisan hanya “Ubuntu” saja dan Ubuntu akan mulai melakukan booting seperti gambar diatas. Tunggu lagi beberapa saat.

3. Mulai menginstall Ubuntu

Mulai Install Ubuntu 20 04

Setelah anda menunggu, akan muncul tampilan seperti diatas. Untuk mulai memasang Ubuntu, klik “Install Ubuntu”. Atau, anda bisa mencoba menggunakan Ubuntu dengan cara klik “Try Ubuntu”

Pada bagian “Keyboard Layout”, biarkan saja pengaturannya dan langsung klik “Continue”

Pilihan Instal Aplikasi Ubuntu 20 04

Kemudian pada bagian “Updates and other software”. pastikan pilihannya yaitu “Normal installation”. Anda bisa memilih “Minimal installation” jika hanya ingin menginstall browser dan beberapa aplikasi penting saja. Anda juga bisa mencentang pada “Install third-party software for graphics and Wi-Fi hardware and additional media formats” agar Ubuntu memasang aplikasi tambahan untuk perangkat grafis dan Wi-Fi anda. Jika sudah, klik “Continue”.

Pilihan Cara Instalasi Ubuntu 20 04

Pada bagian “Installation type”, ada 2 opsi yang bisa anda pilih. Opsi pertama yaitu “Erase disk and install Ubuntu”, Ubuntu akan menghapus seluruh data di hard drive anda. Pilih opsi ini jika komputer anda baru atau anda ingin mulai ulang dari awal lagi. Namun jika masih ada data anda lainnya, klik pilihan “Something else”. Disana, anda bisa memilih dimana tempat Ubuntu akan diinstall. Disini, saya memilih opsi pertama dan klik “Install Now”.

Konfirmasi Format Partisi Ubuntu 20 04

Kemudian akan ada pemberitahuan seperti diatas. Disini, Ubuntu melakukan konfirmasi. Jika anda sudah yakin, klik “Continue”

Memilih Lokasi Ubuntu 20 04

Pada bagian “Where are you”, pilih kota dimana tempat anda tinggal. Jika tidak ada, pilihlah kota yang paling dekat. Jika sudah, klik “Continue”

Mengisi Nama Password Ubuntu 20 04

Kemudian pada bagian “Who are you” isi nama, username, dan password untuk komputer anda. Password ini yang akan anda gunakan ketika komputer dihidupkan. Jika sudah, klik “Continue”. Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai. Setelah selesai, anda akan diminta untuk restart komputer. Silahkan klik “Restart now…” untuk mulai ulang komputer anda.

4. Selesai install Ubuntu 20.04

Setelah selesai resart, silahkan masukkan password yang sebelumnya anda buat agar anda bisa mulai menggunakan Ubuntu.

Begitu mudah cara install Ubuntu 20.04!

Di setiap rilisnya, Ubuntu mencoba mempermudah bagaimana cara install sistem operasinya. Di versi ini, saya lihat proses instalasinya semakin mudah dan penjelasannya juga sudah semakin jelas. Ubuntu 20.04 ini juga merupakan versi LTS atau Long Term Support, dimana Ubuntu ini didukung dengan update keamanan dan perbaikan selama 5 tahun sehingga sangat cocok untuk digunakan untuk bekerja. Lalu, apakah ada pertanyaan lain? Yuk tinggalkan komentar anda di kotak komentar dibawah ya.

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.