BerandaDesktopWindows10 Cara Menutup Aplikasi di Windows 10

10 Cara Menutup Aplikasi di Windows 10

Cara Menutup Aplikasi Windows Header

Ada banyak jalan menuju Roma. Hal ini juga berlaku di Windows 10. Untuk menutup aplikasi, Windows telah menyediakan berbagai cara dan bisa anda gunakan di berbagai kondisi. Menutup aplikasi di Windows menjaga agar penggunaam RAM anda tetap kecil dan sistem menjadi lebih stabil. Berikut 10 cara menutup aplikasi di Windows 10.

1. Cara menutup aplikasi dengan tombol X di Title Bar

Cara ini merupakan cara yang paling umum digunakan. Di setiap aplikasi yang anda buka, pastinya ada tombol X pada pojok kanan atas layar anda.

Jika anda berada di mode Tablet, tombol X untuk aplikasi dari Microsoft Store akan disembunyikan. Jika menggunakan Mouse, arahkan kursor ke atas layar anda dan tombol X akan muncul. Atau, sentuh, tahan, dan geser ke bawah jari anda pada bagian atas aplikasi untuk menutupnya.

2. Cara menutup aplikasi dengan klik kanan pada aplikasi di Taskbar

Cara yang terpopuler ke-2 menurut saya adalah menutupnya pada taskbar. Yang perlu anda lakukan adalah klik kanan pada icon aplikasi di Taskbar dan klik “Close window”.

Jika aplikasi yang anda buka memiliki banyak Window, maka yang muncul adalah “Close all windows” seperti gambar diatas.

3. Cara menutup aplikasi dengan tombol X pada Thumbnail aplikasi di Taskbar

Anda bisa geser pointer mouse pada icon aplikasi pada Taskbar dan diamkan sebentar. Maka, akan muncul Thumbnail dari aplikasi tersebut dan ada juga tombol X di pojok kanan atas Thumbnail. Klik saja maka aplikasi akan tertutup seperti diatas.

4. Cara menutup aplikasi dengan klik kanan pada Title Bar

Title Bar merupakan strip paling atas pada aplikasi yang biasanya memunculkan informasi judul atau nama aplikasi. Jika anda klik kanan, maka akan muncul berbagai opsi, termasuk menutup aplikasi. Klik kanan pada Title Bar dan klik “Close”. Atau, anda juga bisa menekan tombol ALT + Spasi untuk memunculkan menunya.

5. Cara menutup aplikasi dengan shortcut ALT + F4

Cara ini sangat efektif ketika entah karena suatu hal tombol X tidak muncul baik di aplikasi maupun di Taskbar. Silahkan buka aplikasi yang ingin di tutup dan tekan tombol ALT + F4 di keyboard.

6. Cara menutup aplikasi dengan CTRL + ALT + Tab

Jalan pintas keyboard CTRL + ALT + Tab digunakan untuk melihat seluruh aplikasi yang terbuka dan anda bisa klik aplikasi tersebut untuk pindah ke aplikasi tersebut. Selain itu, anda juga bisa menutup aplikasinya dengan cara klik tombol X pada Thumbnail aplikasi seperti gambar diatas.

7. Cara menutup aplikasi dengan Task View (Windows + Tab)

Task View sebenarnya sama saja dengan CTRL + ALT + Tab yang sudah anda baca di tips sebelumnya. Yang membedakannya adalah Task View juga memunculkan seluruh aplikasi yang terbuka selama 30 hari, sehingga anda tidak lupa dengan pekerjaan apa saja yang anda lakukan selama 1 bulan.

Untuk membuka Task View, tekan tombol Windows + Tab. Kemudian, klik tombol X pada Thumbnail aplikasi.

Task View memiliki fitur lain yaitu Virtual Desktop yang memungkinkan anda untuk membuat 2 atau lebih ruang kerja atau ruang aplikasi. Penjelasannya lengkapnya bisa anda baca di artikel Cara Menggunakan Virtual Desktop dan Task View di Windows.

8. Cara menutup aplikasi dengan Task Manager

Task Manager memiliki banyak fungsi dan salah satu fungsi utamanya adalah melakukan monitoring terhadap seluruh proses yang terjadi. Selain itu, Task Manager sering digunakan untuk menutup aplikasi yang ngehang. Bagaimana caranya?

Ada banyak cara membuka Task Manager, salah satunya yang paling cepat adalah menekan tombol CTRL + SHIFT + ESC. Setelah terbuka, anda bisa melihat aplikasi yang terbuka. Jika anda baru pertama kali membuka Task Manager, biasanya tampilannya akan jadi seperti diatas.

Anda bisa klik kanan pada aplikasi dan klik “End Task” untuk menutup aplikasi. Namun perlu diperhatikan bahwa semua aplikasi yang ditutup lewat Task Manager akan ditutup secara paksa. Artinya jika anda sedang menulis dokumen di Microsoft Word dan belum disimpan, maka dokumen tersebut tidak akan tersimpan.

Task Manager tidak hanya sekedar mengelola aplikasi, anda bisa klik “More details” dan akan ada banyak opsi yang bisa anda lakukan seperti melihat proses yang berjalan dan mengecek aplikasi mana yang paling banyak menggunakan RAM.

9. Cara menutup aplikasi dengan Command Prompt

Command Prompt biasanya digunakan untuk mengeksekusi perintah melalui kode-kode tertentu. Walau hal ini terdengar seperti hal yang menakutkan, ada banyak hal yang bisa anda lakukan dengan Command Prompt. Salah satunya yaitu menutup aplikasi.

taskkill /f /im nama_proses.exe

Caranya adalah ketikkan kode diatas diikuti dengan nama proses untuk aplikasi tersebut. Sebagai penjelasannya, Taskkill merupakan perintah untuk menutup aplikasi. Ada 2 parameter yang digunakan. Pertama yaitu “/f”, dimana parameter itu berfungsi untuk menutup aplikasi secara paksa (force). Sedangkan “/im” maksudnya adalah menutup aplikasi berdasarkan nama proses.

Seperti gambar diatas, saya bermaksud untuk menutup aplikasi Microsoft Word. Setelah saya ketikkan dan saya tekan tombol enter, maka aplikasi Microsoft Word akan tertutup secara paksa.

Seperti gambar diatas, saya telah berhasil menutup aplikasinya. Karena cara ini menggunakan nama proses, anda perlu mengetahui nama proses dari setiap aplikasi yang ingin anda tutup. Informasi nama proses bisa anda dapatkan di Task Manager. Walau terlihat cara ini sangat sulit, akan menjadi lebih mudah ketika kita sudah hafal seluruh perintah dan nama prosesnya.

10. Cara menutup Tab Browser cepat dengan CTRL + W

Walau tips terakhir ini tidak menutup aplikasi, namun hanya menutup tab yang aktif di browser. Browser apapun yang anda gunakan, baik Chrome, Firefox, Edge atau Opera, anda bisa menutup tab yang aktif dengan cara menekan tombol CTRL + W di keyboard. Tentu cara ini jauh lebih cepat daripada anda mengarahkan kursor mouse ke tombol X.

Pilihlah cara menutup aplikasi yang sesuai situasi dan kondisi

Saya pribadi sangat menyukai menutup aplikasi dengan shortcut keyboard yaitu menggunakan ALT + F4. Dengan menggunakan shortcut keyboard, tangan anda tidak perlu bergeser ke mouse dan tetap berada di keyboard. Lalu, apakah ada cara lain yang belum ada di artikel ini? Yuk bagikan ke pembaca lainnya di kotak komentar dibawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *