3 Cara Mudah Konversi Halaman Web Ke PDF

Cara Konversi Halaman Web Ke Pdf Header

Jika anda menemukan artikel web menarik yang ingin anda simpan, mengetahui cara konversi halaman web ke PDF menjadi pengetahuan yang sangat berguna. PDF tersebut tentu bisa anda bawa kemana dan kapan saja walau tanpa internet, anda bisa membaca artikelnya. Lalu, apa saja cara konversi halaman web ke PDF?

1. Menggunakan menu Share di browser Chrome untuk Mobile

Cara pertama yang akan kita bahas bisa dilakukan di smartphone kesayangan anda. Silahkan buka browser Chrome anda dan kunjungi web seperti biasa. Buka menu Chrome dan sentuh “Share” atau “Bagikan”.

Menu Share Chrome Android

 

Kemudian, sentuh “Print”.

 

Print Ke Pdf Android Chrome

Lakukan pengaturan kertas jika anda menginginkannya. JIka sudah selesai, sentuh saja tombol PDF untuk menyimpannya.

2. Menggunakan halaman Print di browser Desktop

Menu print yang ada di browser anda bukan hanya mencetak ke hardcopy-nya saja, namun bisa anda ‘cetak’ ke softcopy dalam bentuk PDF.

Print Di Chrome

Contohnya di browser Chrome, tekan tombol CTRL + P untuk membuka jendela print seperti gambar diatas. Pada bagian “Destination”, klik “Change”.

Memilih Print Ke Pdf

Kemudian, pilih opsi “Save as PDF”. JIka sudah, klik tombol “Save” dan pilih destinasi dimana PDF-nya akan disimpan.

3. Menggunakan tool online dan apps untuk Android dan iOS

Halaman Web2pdf

Situs Web2PDF dapat membantu anda mengkonversi halaman web ke PDF dengan mudah. Yang perlu anda lakukan adalah copy dan paste link yang ingin anda ubah ke PDF. JIka sudah, klik “Convert to PDF”.

Konversi halaman web ke PDF melalui Android

Aplikasi Convert Web To Pdf Android

Aplikasi Convert web to PDF” bisa anda install dan gunakan untuk konversi. Selain itu, aplikasi ini juga bisa anda gunakan sebagai PDF Viewer walau anda tidak melakukan konversi.

Konversi halaman web ke PDF melalui iOS

Instaweb

Para pengguna iPhone dan iPad pun bisa melakukan hal yang sama menggunakan aplikasi bernama InstaWeb“. Walaupun berbeda aplikasinya dibandingkan yang di Android, secara garis besar cara penggunaannya juga sama.

Bagaimana menurut anda artikel Cara Mudah Konversi Halaman Web Ke PDF?

Dengan cara-cara diatas, mengubah web ke PDF menjadi sangat mudah dan bisa dilakukan di semua perangkat, termasuk smartphone anda. Lalu, cara mana yang paling anda suka? Apakah anda tahu cara lain untuk mengubah web ke PDF? Silahkan ketik di kotak komentar ya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.