Cara Setting Virtual Memory Di Windows 10

Cara Setting Virtual Memory Di Windows 10

Cara setting Virtual Memory bisa jadi solusi akan masalah berikut. Setiap aplikasi yang anda jalankan di komputer, aplikasi tersebut akan menggunakan memori pada RAM. Yang jadi permasalahan adalah kapasitas RAM tentu terbatas, sehingga aplikasi tidak bisa menggunakan memori RAM seenaknya. Untuk itulah Virtual Memory dapat menjadi solusi akan masalah tersebut.

Dengan Virtual Memory, Windows dapat menjadikan hard drive anda sebagai memori RAM jika memori RAM anda sudah tidak dapat menampung lagi aplikasi yang berjalan.

Cara kerja Virtual Memory (Pagefile)

Virtual Memory atau Pagefile biasanya tersimpan dengan ekstensi .SYS. Direktori penyimpanannya biasanya ada di partisi C. Virtual Memory dapat mempercepat kinerja komputer anda dengan cara mengurangi beban RAM.

Sepeda Kelebihan Beban

Cara kerjanya adalah ketika anda membuka banyak aplikasi, dimana RAM anda tidak cukup untuk menampungnya, Windows akan mentrasfer beberapa aplikasi yang berjalan ke Pagefile. Proses ini dinamakan Paging. Nah, Pagefile inilah yang berkontribusi sebagai RAM kedua untuk komputer anda.

Pertanyaannya adalah, apakah anda bisa mengatur semua itu?

Cara Setting Virtual Memory Di Windows 10

Di artikel ini, anda akan mengetaui bagaimana cara mengatur virtual memory di Windows 10. Walaupun sebenarnya Virtual Memory sudah diatur secara otomatis oleh Windows, tentu saja anda dapat mengaturnya sesuai keinginan anda. Ini dia cara setting virtual memory di Windows 10.

Performance Options Windows 10

Silahkan anda buka Start dan ketik “performance of windows” dan tekan enter. Maka jendela Performance Options akan muncul seperti gambar diatas.

Pengaturan Virtual Memory Windows 10

Kemudian, klik tab “Advanced”. Pada bagian Virtual Memory, klik “Change”.

Mengatur Manual Virtual Memory Di Windows 19

Hilangkan tanda centang pada “Automatically manage paging file size for all drives”. Kemudian, pilhlah partisi yang ingin anda ubah page memory-nya. Dalam kasus ini, saya memilih partisi C. Kemudian, pilih opsi “Custom size” dan masukkan berapa MB virtual memory yang akan anda alokasikan. Jika sudah, klik OK.

Kesimpulan

Pengaturan Virtual Memory ini kemungkinan juga dapat menjadi solusi jika anda mengalami Blue Screen of Death (BSOD) dengan pesan PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA atau KERNEL_DATA_INPAGE_ERROR. Jadi pastikan anda bookmark artikel ini jika anda memliki masalah seperti itu.

Sekian artikel Cara Setting Virtual Memory Di Windows 10, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Bantu agar yang lain mengetahui artikel ini dengan cara share ke jejaring sosial anda. Anda juga bisa berlangganan Windowsku dengan cara Like Facebook Windowsku atau berlangganan lewat email.

Gambar oleh Caiguanhao dengan Lisensi CC by-sa

Tinggalkan sebuah komentar

You have to agree to the comment policy.