Daftar Jenis Kabel Komputer Super Lengkap!

Daftar Jenis Kabel Komputer Header

Komputer adalah perangkat yang sebenarnya sangat kompleks karena terdiri dari berbagai komponen yang saling bekerja sama sehingga dapat digunakan. Bahkan komputer mampu terkoneksi dengan perangkat luar agar kemampuannya bertambah. Agar bisa terhubung dengan komponen atau perangkat lainnya, pastinya membutuhkan sebuah media. Contohnya saja adalah kabel (wired) dan terbagi menjadi beberapa jenis kabel komputer.

Walaupun teknologi nirkabel semakin marak, namun tidak semua perangkat dapat seperti itu. Bahkan, penggunaan cenderung lebih cepat dan lebih aman. Dengan teknologi nirkabel, kita perlu menambah keamanan tambahan agar orang lain tidak dapat mengaksesnya.

Di artikel ini, penulis mencoba membuat daftar jenis kabel komputer selengkap-lengkapnya. Perlu diingat bahwa daftar ini hanya untuk kabel komputer saja dan ada untuk beberapa perangkat smartphone. Langsung saja, ini dia artikelnya.

1. Audio

1.1 3.5 mm Headphone Jack

3,5 Headphone Jack

Perangkat pertama yang mungkin paling sering kita pakai sehari-hari adalah 3.5 mm Headphone Jack (biasa disebut audio jack). Sebenarnya kabel dengan model seperti ini memiliki beberapa ukuran, namun yang versi 3.5mm ini yang paling populer.

Seperti yang kita ketahui, jika ingin mendengarkan suara melalui headset maupun headphone, anda bisa menggunakan jenis kabel komputer ini. Untuk audio jack versi lama, anda akan menemukan 2 tempat yang berbeda. Satu untuk mendengarkan suara dan satu untuk merekam suara. Di komputer modern, 2 tempat ini dijadikan satu tempat untuk mendengarkan suara maupun merekam.

Namun tren untuk menghilangkan konektor berjenis audio jack ini kian populer dimulai dari produk Apple yaitu iPhone. Apple sepertinya ingin benar-benar menghilangkan audio jack dan menggantikannya dengan nirkabel dengan alasan agar iPhone dapat memasukkan komponen lainnya. Kebanyakan dari pengguna memang tidak setuju, namun makin lama pengguna yang setuju juga semakin banyak. Bahkan beberapa smartphone Android pun ada yang menghilangkan konektor ini. Apakah anda setuju dengan tren seperti ini?

1.2 Optical Audio

Optical Audio

Kebanyakan dari kabel yang kita gunakan menggunakan sinyal elektrik. Entah itu analog atau digital, sinyal dikirim sebagai impuls listrik di atas kawat konduktif. Namun tidak untuk Optical Audio ini karena ia menggunakan fiber optik. Salah satu vendor yang menjadikan ia sebagai standard adalah Toshiba dengan kabel TOSLINK atau Toshiba Link.

Jenis kabel komputer ini mampu mengeluarkan suara dengan kualitas tinggi. Suara dengan channel 7.1 dengan kualitas tinggi pun dapat ia hantarkan. Jadi, hampir tidak ada bedanya jika anda membandingkannya dengan kabel audio dan video modern seperti HDMI yang nanti kita bahas.

Kabel ini memang lebih terkenal di perangkat non komputer seperti perangkat media film CD dan DVD player. Namun kabel ini juga ditemukan di beberapa komputer jaman dulu. Bahkan jika anda memiliki kabel jenis ini, anda bisa mengubahnya ke konektor lain via adapter.

2. Video

2.1 VGA

Konektor Vga

VGA adalah kabel konektor dengan 3 baris dan memiliki jumlah pin sebanyak 15. Banyak perangkat komputer yang menerima konektor jenis ini bahkan di laptop terbaru. Biasanya pengguna menggunakan konektor ini untuk dihubungkan dengan proyektor maupun untuk layar monitor.

Ada salah satu varian VGA yaitu mini-VGA dengan ukuran yang lebih kecil. Tidak ada perbedaan berarti dengan VGA ukuran biasa, namun ia lebih terkenal di perangkat Apple pada tahun 2000-an seperti iBook, eMac, PowerBook, dan beberapa iMac.

Penggunaannya pun masih luas sampai saat ini, walaupun terus menurun berkat adanya konektor lain yang lebih baik. Bahkan, banyak laptop yang menawarkan dukungan untuk konektor VGA dan juga HDMI, dimana HDMI merupakan konektor yang sangat jauh lebih baik dibandingkan VGA karena selain video, HDMI mampu mengeluarkan suara. Kita tunggu saja kapan VGA akan benar-benar hilang dari komputer.

2.2 DVI

Konektor Dvi

Digital Visual Interface merupakan konektor video yang dibuat oleh DIgital Display Working Group (DDWG). Konektor jenis ini dibuat untuk menjadi standard dalam transfer konten video digital. Jumlah pin yang dimilikinya adalah 29. Tentu tersedia adapter ke VGA jika monitor anda hanya menerima kabel VGA.

Di laptop, konektor ini sangat jarang ditemukan. DVI lebih sering ditemukan di komputer desktop dan tower. DVI juga dapat anda temukan di beberapa jenis TV dan DVD Player pada tahun 2000-an.

Sama seperti konektor VGA, DVI semakin lama semakin jarang orang gunakan karena ada alternatif lain yang menawarkan fungsionalitas yang sama dan dengan kualitas yang lebih bagus.

2.3 S-Video

Konektor S Video

Separate Video merupakan jenis kabel komputer untuk video berkualitas standard. Dinamakan “separate” karena sinyal hitam putih dengan warna lainnya terpisah. S-Video memiliki pin dengan jumlah bervariasi. Ada yang 4, 7, atau 9 pin.

Konektor ini lebih terkenal di produk seperti TV, konsol, dan DVD Player. Seperti konektor-konektor sebelumnya, S-Video juga sudah jarang digunakan. Standard ini pun sepertinya tidak terkenal seperti konektor VGA.

3. Audio and Video

3.1 RCA

Konektor Rca

Kepanjangan dari RCA adalah Radio Corporation of America yang desainnya dikenalkan pada awal 1940. Kabel ini didesain agar harganya murah dan memiliki desain yang simpel.

Konektor ini biasanya terdiri dari 2-3 kabel untuk mentransfer audio dan video. Untuk yang 3 kabel, warna kuning biasanya untuk video dan putih & merah untuk transfer audio. Namun beberapa konektor RCA menyediakan kabel tambahan agar audio channel bertambah maupun video yang lebih baik.

Tidak banyak komputer menggunakan konektor ini. Biasanya digunakan pada DVD Player, stereo speaker, dan konsol game. Untuk komputer, RCA kabel dapat di colok menggunakan video capture card.

3.2 HDMI

Konektor Hdmi

HDMI kepanjangan dari High Definition Multimedia Interface merupakan konektor yang dapat mentransfer audio/video baik yang terkompres maupun tidak. HDMI merupakan pengganti penuh atas video analog sehingga kualitasnya pun sangat baik. HDMI tersedia dengan 4 jenis konektor.

HDMI mampu mendukung resolusi 4K yaitu sebesar 4096x2160p dan mendukung juga 8 audio channel. Bahkan di HDMI versi 2.1 terbaru yang rilis pada tanggal 28 November 2017, HDMI mampu mengeluarkan video dengan resolusi 4K di 120 Hz dan 8K di 120 Hz dengan dukungan maksimal hingga 10K di 120 Hz. HDR pun didukung agar warna terlihat lebih kontras.

HDMI memang menjadi standard baru yang menggantikan VGA dan DVI. Semakin lama, perangkat yang mendukung HDMI semakin banyak. Hampir semua perangkat multimedia sudah mendukung HDMI sehingga lebih mudah ditemukan.

3.3 Display Port

Konektor Display Port

Konektor ini lebih banyak dipakai di komputer dan tersedia dalam bentuk mini. Sama seperti HDMI, konektor ini mampu mendukung resolusi hingga 8K 120 Hz dan dukungan 8 audio channel. Namun saat artikel ini diturunkan, penggunaan konektor jenis ini masih sedikit bila dibandingkan HDMI.

Tidak seperti HDMI, Display Port hanya memiliki 1 jenis konektor saja. Dan fitur yang ditawarkan oleh HDMI juga banyak tersedia di Display Port. Keunggulan lain untuk konektor ini adalah dapat menggunakan monitor ganda dengan satu koneksi.

Display Port juga ditujukan untuk mengganti standard konektor lain seperti VGA dan DVI. Pada saat Display Port terkenal, perangkat Apple yang paling banyak menggunakan konektor ini. Namun semakin banyak perangkat dengan sistem operasi Windows menggunakan Display Port.

4. Data

4.1 PS/2

Konektor Ps2

Jenis kabel komputer dengan konektor PS/2 merupakan konektor dengan 6 pin yang biasa kita temukan pada perangkat mouse atau keyboard dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1987. Jika anda lahir di era 1990-an, maka anda sering menemukan konektor jenis ini yang biasanya berwarna ungu ataupun hijau.

Konektor ini juga dapat ditemukan di laptop. Hal yang sering orang ingat mengenai konektor ini adalah betapa susahnya mencoloknya. Karena 6 pin tersebut harus pada posisi yang tepat.

Tentu konektor ini sudah lama tidak dipakai oleh kebanyakan komputer di seluruh dunia. Apakah anda masih menggunakannya?

4.2 USB (usb a, b, c)

Konektor Usb

Universal Serial Bus merupakan standard industri yang mendefinisikan kabel, konektor, protokol komunikasi untuk koneksi, komunikasi, dan sumber daya listrik antara komputer dan perangkat lainnya. Selain untuk transfer data, USB saat ini bahkan dapat dijadikan untuk perangkat audio, video, dan sumber daya listrik.

Selain sebagai konektor, USB juga memiliki definisi sebagai standar kecepatan transfer data. Saat artikel ini diturunkan, versi USB 3.2 merupakan versi terakhir. Kecepatan yang dimiliki adalah sebesar 20 Gbit/s yang merupakan kecepatan maksimal. Namun, USB 3.2 belum di rilis di pasar dan masih hanya sekedar standard yang dapat dirilis tahun ini maupun di 2019 nanti.

Kehadiran USB merupakan harapan agar manufaktur menggunakan satu standard yang sama agar tidak terlalu banyak konektor berbeda di pasaran. USB pun memiliki beberapa jenis. Mari kita bahas singkat 3 jenis USB yang ada di pasaran saat ini.

4.2.1 USB Type-A

Konektor Usb Type A

Jenis USB satu ini biasanya yang paling sering kita lihat. Bentuknya mudah diingat dengan bentuk seperti persegi panjang kotak. Dukungan kecepatannya pun bisa mencapai USB 3.x.

4.2.2 USB Type-B

Konektor Usb Type B

Jika anda melihat gambar diatas, anda pasti bingung perangkat apa yang menggunakan konektor jenis ini. Penulis sendiri menemukan konektor ini pada printer merk Canon. Memang konektor jenis ini sangat jarang digunakan, namun anda bisa mengubahnya ke Type-A dengan adapter.

4.2.3 USB Type-C

Konektor Usb Type C

USB Type-C menurut penulis merupakan konektor masa depan dan bisa jadi mengganti USB Type-A maupun Type-B secara keseluruhan. Type-C lebih tipis dibandingkan jenis USB lainnya dan anda tidak perlu khawatir salah dalam mencoloknya karena berjenis reversible.

Bahkan USB Type-C mendukung beberapa standard kecepatan. Bukan hanya USB 3.x saja yang didukung, Display Port dan Thunderbolt juga dapat dibenamkan sebagai standard. Anda juga dapat mengisi daya laptop anda dengan Type-C. Benar-benar all-in-one bukan?

Sampai saat ini, jenis USB ini merupakan yang paling terbaik diantara yang lainnya. Dengan berbagai keunggulan, mulai dari bentuk hingga kecepatan transfer datanya. Jika anda membeli komputer baru, usahakan komputernya memiliki konektor jenis ini karena bisa dipastikan, USB jenis ini akan semakin populer.

4.3 SATA

Konektor Sata

Serial ATA (AT Attachment) adalah konektor antara motherboard ke perangkat penyimpanan data seperti harddisk. SATA ini menggantikan PATA (Parallel ATA) dimana SATA menawarkan beberapa keunggulan seperti ukuran kable yang lebih kecil dan biaya yang lebih murah serta kecepatan transfer data yang lebih cepat. SATA biasanya digunakan di komputer desktop dan laptop untuk kebutuhan internal. Untuk eksternal, ada varian eSATA (external SATA).

Jika anda mengenal IDE (Integrated Drive Electronics), istilah tersebut sebenarnya adalah konektor ATA yang biasa digunakan pada tahun 1990-an. Namun sampai sekarang, istilah IDE masih tetap digunakan. Sebenarnya, istilah IDE hanya digunakan pada tahun 1990-an dimana transfer datanya sangat kecil sekali yaitu 166 MB/s. SATA saat ini dapat mentransfer data hingga 6 Gb/s.

Konektor ini masih banyak digunakan di dalam komputer. Dengan berkembangnya SSD, SATA sebenarnya tak dapat memenuhi kecepatan yang di dalam SSD. Jika anda menggunakan SSD, sebaiknya anda mencari komputer yang mendukung konektor PCIe yang tentu lebih cepat.

4.4 Dock Connector

Dock Connector memiliki fungsi sama seperti USB kebanyakan. Dock Connector mampu mentransfer data dan melakukan charging di saat bersamaan. Istilah Dock Connector lebih dikenal untuk konektor pada tahun 1990 dan 2000-an. Awalnya, Dock Connector diperuntukkan untuk perangkat seperti laptop. Namun, perangkat mobile pun juga menggunakan konektor ini.

Dock Connector Pada Laptop

Dock Connector pada laptop terkoneksi pada Docking Station. Jika laptop anda memiliki Dock Connector dan anda menaruhnya di Docking Station, anda dapat menaruh lebih banyak lagi konektor ke laptop melalui Docking Station. Karena di Docking Station, tersedia lebih banyak lagi port yang bisa digunakan bila dibandingkan dengan yang ada di laptop saja. Gambar dibawah ini menjelaskan bagaimana laptop terpasang di Docking Station-nya.

Docking Station Untuk Laptop

Istilah Dock Connector juga sering dipakai pada perangkat Apple seperti iPhone mulai dari iPhone pertama hingga iPhone 4S. Bentuknya yang lebih besar mungkin menyulitkan jika digunakan untuk tahun modern ini, dimana konektor semakin lama semakin mengecil namun dapat mentransfer data lebih cepat.

Dock Connector Pada Iphone

Gambar diatas merupakan 2 buah iPhone. Yang paling atas menggunakan Dock Connector berbentuk 30 pin dan dibawahnya menggunakan Lightning Connector yang hanya memiliki 8 pin. Tentu Lightning Connector yang baru lebih cepat dan dapat mentrasfer data lebih banyak. Untuk saat ini, istilah Dock Connector mungkin hanya digunakan untuk perangkat komputer seperti laptop saja.

5. Jaringan

5.1 RJ11

Registered Jack atau disingkat menjadi RJ merupakan konektor yang biasa digunakan untuk terhubung dengan jaringan. Registered Jack merupakan konektor standar yang banyak sekali digunakan diseluruh dunia. RJ sendiri memiliki beberapa jenis lagi yang terbagi menjadi penggunaannya maupun kecepatannya.

Salah satunya adalah RJ11. Konektor jenis ini biasanya digunakan untuk keperluan telpon, ADSL, maupun sebagai kabel modem. RJ11 memiliki 4 kabel untuk melakukan koneksi di dalamnya. Namun penggunaan RJ11 saat ini sangat sedikit sekali karena telah digantikan konektor RJ lain yang memiliki fitur lebih.

5.2 RJ45

Konektor Rj45

Dafter jenis kabel komputer terakhir yang akan dibahas adalah RJ45. RJ45 merupakan konektor yang biasa digunakan untuk jaringan Ethernet. Konektor jenis ini biasanya dibuat dari plastik yang memiliki 8 pin. 4 pin tersebut digunakan untuk mengirim dan menerima data, sedangkan lainnya digunakan untuk teknologi lainnya atau untuk memberikan energi perangkat jaringan.

Oleh karena itu, kabel ini dapat melakukan banyak hal bila dibandingkan dengan RJ11 yang sebelumnya dibahas. Selain sebagai jaringan Ethernet, kabel ini digunakan untuk telekomunikasi, automasi pabrik, dan masih banyak lagi.

Bagaimana menurut anda artikel Daftar Jenis Kabel Komputer Super Lengkap?

Setelah anda membaca artikel ini, anda jadi lebih tahu mengenai apa saja jenis kabel komputer yang biasa digunakan. Jika anda memiliki jenis kabel komputer lainnya, jangan lupa tulis di kotak komentar. Sekian artikel Daftar Jenis Kabel Komputer Super Lengkap! semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa berlangganan Windowsku dengan cara Like Facebook Windowsku maupun berlangganan via email.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.