Lompat ke konten
BerandaDesktopWindows8 Fitur Baru Windows 11 Wajib Dicoba!

8 Fitur Baru Windows 11 Wajib Dicoba!

Fitur Baru Windows 11 Header

Apakah Anda baru selesai upgrade ke Windows 11? Atau Anda baru saja membeli komputer baru yang sudah terpasang Windows 11? Selain tampilan Taskbar yang aplikasinya semua di tengah, masih banyak hal lain yang wajib kita ketahui. Yuk sama-sama kita pelajari apa saja fitur baru di Windows 11 yang wajib Anda coba. di artikel ini!

1. Atur jendela aplikasi mudah dengan Snap

Snap Di Windows 10

Jika Anda belum tahu, Windows 10 dapat mengatur ukuran jendela aplikasi secara otomatis, agar Anda bisa memaksimalkan penggunaan layar. Seperti di atas, kita dapat dengan mudah membagi layar menjadi 2 bagian, sehingga 2 aplikasi bisa muncul saling berdampingan. Cara mudahnya adalah tekan tombol Windows + tombol panah kiri, untuk memindahkan aplikasi yang aktif ke sebelah kiri dan begitu juga sebaliknya. Fitur ini biasa disebut Snap.

Fitur Snap Baru Windows 11

Di Windows 11, fitur Snap diperbarui. Windows dapat memandu Anda secara visual bagaimana aplikasi yang aktif bisa diatur posisi dan ukuran jendelanya. Caranya adalah arahkan kursor ke icon Maximize di layar dan pilih layout yang Anda inginkan. Di sini, ada 4 layout yang tersedia dan saya memilih yang kiri bawah. Opsi tersebut memungkinkan kita untuk memilih 3 aplikasi yang akan tampil dalam 1 layar.

Hasil Snap Windows 11

Hasilnya adalah seperti gambar di atas. Saya dapat dengan mudah memunculkan 3 aplikasi secara bersamaan di satu layar dengan rapi dan otomatis. Tentu akan sangat sulit jika Anda melakukannya secara manual dan ukuran layarnya pasti tidak rapi.

2. Membalikkan tombol Start Menu ke kiri

Secara bawaan, tombol Start dan aplikasi yang berjalan serta aplikasi yang di sematkan di Taskbar akan berada di tengah. Walau hal ini terlihat sepele, menurut saya Anda harus kembalikan lagi posisi tombol Start ke kiri. Mengapa?

Ada dua alasan utama kenapa Anda harus memindahkannya kembali seperti di Windows 10. Berikut alasannya:

  1. Tombol Start posisinya tidak konsisten: Setiap aplikasi baru yang Anda buka, maka posisi tombol Start pun nantinya akan bergeser secara otomatis. Hal ini cukup mengganggu jika Anda terbiasa membuka Start dengan kursor mouse Anda. Karena posisinya berubah, bisa saja Anda salah klik dan malah membuka aplikasi lain. Jika tombol Start berada di paling kiri, Anda tidak perlu berpikir dan tinggal mengarahkan kursor ke paling bawah kiri untuk mengkliknya.
  2. Menghalangi tampilan aplikasi yang aktif: Karena menu Start akan muncul di tengah, hal itu akan menghalangi tampilan utama aplikasi yang aktif yang biasanya juga berada di tengah. Dengan memindahkannya ke kiri, tampilan utama masih bisa terlihat sedikit sehingga tidak terlalu mengganggu Anda bekerja.
Cara Memindahkan Icon Taskbar Ke Kiri Windows 11

Untuk membalikkannya ke kiri, klik kanan pada Taskbar dan klik Taskbar Settings. Kemudian, klik Taskbar Behavior. Pada bagian Taskbar alignment, pilih opsi Left seperti gambar di atas. Jika sudah, maka posisinya akan sama seperti Windows 10.

3. Widgets

Start Menu Microsoft To Do

Saat menggunakan Windows 10, Anda pastinya ingat bahwa Start Menu di Windows 10 dapat memunculkan informasi terbaru langsung tanpa membuka aplikasinya seperti gambar di atas. Di Windows 11, hal itu sudah tidak ada, namun diganti dengan fitur baru bernama Widget.

Widget Windows 11

Untuk mengaksesnya, silakan klik pada icon cuaca di Taskbar bagian kiri Anda atau tekan tombol Windows + W. Dengan Widget, Anda bisa mendapatkan informasi lebih cepat seperti berita, cuaca, dan lain-lain. Bahkan, Anda bisa menambahkan Widget lainnya jika aplikasi yang Anda pakai mendukung Widget di Windows 11.

Menambahkan Widget Baru Windows 11

Untuk menambahkan widget terbaru, klik foto akun Anda pada pojok kanan atas Widget. Kemudian, klik tanda + pada aplikasi yang ingin Anda tambahkan.

4. Kerja lebih produktif dengan Focus Sessions

Focus Sessions adalah fitur baru di Windows 11 yang membuat Anda lebih fokus bekerja dengan menggunakan teknik Pomodoro. Fitur ini dapat Anda akses pada aplikasi Alarms and Clock.

Aplikasi Alarms Clock Focus Sessions Windows 11

Setelah Anda buka, silakan klik Focus Sessions. Di sana, Anda bisa mengatur waktu yang dibutuhkan untuk Anda fokus. Aplikasi juga secara otomatis memberikan Anda waktu istirahat jika diperlukan. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan aplikasi Microsoft To Do. Seperti gambar di atas, semua daftar pekerjaan atau tugas juga tampil dan Anda bisa memilih pekerjaan mana yang akan Anda fokuskan.

5. Tampilan baru Manajemen Desktop dan Virtual Desktop

Manajemen Desktop Virtual Desktop Windows 11

Manajemen Desktop ini bisa Anda akses dengan cara klik icon Task View di Taskbar seperti gambar di atas atau menekan tombol Windows + Tab. Semua aplikasi yang terbuka akan muncul dan Anda juga bisa membuat Virtual Desktop untuk mengelola pekerjaan Anda.

6. Berkomunikasi dengan Microsoft Teams

Microsoft Teams merupakan aplikasi yang berfungsi untuk melakukan chat, menelpon, video call, dan berkolaborasi. Bisa dibilang, Teams adalah saingan dari aplikasi Zoom. Karena pandemi Covid 19, semakin banyak orang yang melakukan rapat dengan Zoom dan Microsoft tidak ketinggalan dengan memasang Microsoft Teams langsung ketika Anda upgrade ke Windows 11.

Fitur Chat Microsoft Teams Windows 11

Tentu sebelum Anda menggunakan Teams, teman Anda juga harus membuat akun terlebih dahulu untuk menikmatinya. Untuk daftar kontak, Anda juga bisa masuk dengan akun Google sehingga semua kontak di Android Anda akan muncul juga di Microsoft Teams dan Anda langsung bisa mengundangnya.

7. Pengaturan suara yang lebih lengkap

Di Windows 11, Anda bisa menikmati pengaturan suara yang lebih lengkap seperti mengubah suaranya menjadi mono. Pengaturan lain seperti Enhance Audio dan Spatial Sound juga bisa Anda gunakan dengan mudah langsung dari Settings.

8. Statistik penggunaan baterai yang lengkap

Di Windows 10, tidak begitu jelas bagaimana penggunaan baterai laptop sepanjang hari. Di Windows 11, hal ini sudah diperbaiki. Statistiknya pun mirip dengan yang ada di smartphone kita. Untuk mengaksesnya, tekan tombol Start dan ketik “battery” dan tekan enter.

Statistik Baterai Lengkap Windows 11

Sama seperti smartphone, di sini kita bisa melihat aplikasi apa yang memakan baterai paling banyak dan berapa lama komputer atau layarnya menyala. Dari statistik ini, tentu Anda bisa menyimpulkan dan menutup aplikasi yang sekiranya paling banyak menggunakan daya baterai laptop sehingga laptop Anda bisa bertahan lebih lama.

Fitur baru Windows 11 terjawab sudah!

Sebenarnya, masih ada fitur baru lainnya di Windows 11 yang belum dibahas di artikel ini seperti menggunakan aplikasi Android di Windows 11. Namun, fitur tersebut belum bisa digunakan karena masih dalam versi beta atau uji coba. Dan jika sudah selesai, mudah-mudahan nanti akan saya tulis di sini.

Dan melihat dari pengalaman pengguna lainnya, Windows 11 juga masih terdapat masalah kecil-kecil. Tapi Anda jangan khawatir karena seiring berjalannya waktu, Microsoft akan terus mengeluarkan pembaruan dan bahkan menambah fitur secara berkala. Lalu, apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai artikel ini? Silakan tulis di kotak komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.