Inilah Alasan Kenapa Anda Tidak Harus Takut Dengan Terminal Di Linux

Inilah Alasan Kenapa Anda Tidak Harus Takut Dengan Terminal Di Linux

Hampir semua pengguna Linux menggunakan Terminal untuk melakukan sesuatu. Sepertinya, mustahil pengguna Linux tidak menggunakan Terminal selama ia menggunakan Linux. Namun, anda sebenarnya tidak perlu takut dengan Terminal jika anda ingin atau baru saja terjun ke dunia Linux.

Terminal di Linux merupakan utility yang sangat powerful untuk melakukan berbagai macam hal. Namun bukan berarti Terminal adalah “kewajiban”. Sebagai contohnya Android. Apakah anda pernah menggunakan Terminal di Android?

Inilah Alasan Kenapa Anda Tidak Harus Takut Dengan Terminal Di Linux

Di artikel kali ini, mari kita sama-sama bahas, apa sebenarnya Linux Terminal dan kenapa anda tidak perlu takut dengan Terminal. Sehingga bagi anda yang ingin terjun ke Linux, anda dapat langsung mencobanya tanpa harus memikirkan bagaimana cara menggunakan Linux dengan Terminal.

Sekali lagi, Terminal di Linux adalah tidak wajib

Untuk menggunakan dan mempelajari Linux, anda tidak diwajibkan untuk mengetahui seluruh perintah yang ada di Terminal. Anda bisa melakukan banyak hal tanpa Terminal, seperti memasang aplikasi, mengkonfigurasi jaringan, mengubah pengaturan, dan masih banyak lagi.

Anda dapat langsung mencoba Linux untuk membuktikannya. Saya merekomendasikan Ubuntu untuk anda gunakan pertama kali. Ubuntu saat ini menjadi distro Linux paling populer, sehingga banyak sekali hardware dan software untuk Ubuntu. Tampilannya pun sudah modern, sehingga saya yakin anda tidak terlalu bingung dengan Ubuntu.

Ubuntu 15.10 Desktop

Lalu, kapan kita menggunakan Terminal?

Karena semua bisa anda lakukan di tampilan GUI (Graphical User Interface), berarti anda tidak memerlukan Terminal. Namun bukan berarti Terminal tidak anda gunakan sama sekali. Argumentasi banyak orang mengenai Terminal adalah perintah-perintah yang sulit untuk dihafalkan dan Terminal merupakan hal yang merepotkan. Padahal Terminal tidaklah seburuk itu.

Banyak sekali hal yang dapat dilakukan dengan cepat melalui Terminal. Memang awalnya cukup sulit untuk menghafal beberapa perintah Terminal, namun jika anda sudah terbiasa, maka Terminal terasa lebih cepat jika dibandingkan dengan GUI.

Memasang Gimp Di Ubuntu

Misalnya saja anda ingin memasang Gimp di Ubuntu anda. Anda harus pergi ke Ubuntu Software Centre dan mencari Gimp di kotak pencarian. Kemudian, baru ana klik “install” untuk memasang Gimp di Ubuntu anda. Mungkin cara tersebut menurut anda sudah sangat cepat. Namun jika anda menggunakan Terminal, memasang Gimp menjadi jauh lebih cepat.

Memasang Gimp Melalui Terminal

Yang perlu anda lakukan hanyalah buka Terminal dengan cara menekan tombol CTRL + ALT + T dan ketikkan perintah dibawah ini:

sudo apt-get install gimp

Dan silahkan anda tunggu hingga Gimp selesai di-install. Sangat mudah bukan? Bahkan, Ubuntu dapat memasang banyak aplikasi sekaligus dengan Terminal. Anda tidak perlu membuka Ubuntu Software Centre dan mengklik semua aplikasi tersebut.

Dan sebenarnya, Windows pun memiliki ‘Terminal’-nya sendiri

Saya pun merupakan pengguna Windows yang sangat lama. Bisa dilihat dari artikel-artikel yang saya tulis dan memang kebanyakan Windows yang diulas. Dan saya juga tahu, bahwa di Windows pun, ada aplikasi yang hampir mirip dengan Terminal di Linux, yaitu Command Prompt.

Windows Powershell

Sama seperti Terminal, Command Prompt juga dapat melakukan banyak hal seperti menjalankan program dengan cepat dan mematikan proses tanpa Task Manager. Selain Command Prompt, Windows juga memiliki PowerShell yang biasanya digunakan oleh pengguna elit dan untuk bisnis. Karena Windows merupakan sistem operasi yang terkenal dengan tampilan GUI-nya, anda juga tidak wajib mempelajari Command Prompt dan PowerShell.

Kesimpulan

Kesimpulan akhirnya adalah anda tidak wajib mempelajari Terminal. Anda hampir dapat melakukan semua hal di Linux walaupun tidak menggunakan Terminal. Namun mempelajari Terminal adalah bonus untuk mempercepat anda dalam melakukan banyak hal. Sekian artikel Inilah Alasan Kenapa Anda Tidak Harus Takut Dengan Terminal Di Linux, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk Like Facebook Windowsku untuk mendapatkan artikel menarik lainnya sama seperti artikel ini.

Jika anda ingin meningkatkan produktivitas anda dalam bekerja, berikut adalah 15 Keyboard Shortcut Untuk Meningkatkan Produktivitas di Windows.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Satu pemikiran di “Inilah Alasan Kenapa Anda Tidak Harus Takut Dengan Terminal Di Linux”