Lompat ke konten
BerandaDesktopWindowsWindows 7Inilah Kebiasaan Baru Berkomputer Agar Dapat Menghemat Waktu

Inilah Kebiasaan Baru Berkomputer Agar Dapat Menghemat Waktu

Komputer menjadi teman kita sehari-hari, entah di manapun kita berada. Dirumah, di sekolah, di kantor, di tempat umum, dan lain sebagainya. Bahkan, ada orang yang merasa tidak akan lengkap hidupnya, jika tak ada komputer di sampingnya. Tentu saja, banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan di komputer. Namun, saya yakin, masih banyak pengguna komputer yang masih melakukan beberapa hal yang sebenarnya membuang waktu.
Ya, membuang waktu. Untuk itu, Windowsku akan memberikan beberapa tips dan kebiasaan baru berkomputer, agar anda dapat menggunakan waktu sebaik-baiknya tanpa membuang waktu. Mari simak artikelnya:
Tombol Refresh! Hentikan klik Refresh mulai dari sekarang!
 
Entah itu di guna-guna atau tidak, banyak sekali pengguna komputer masih saja menggunakan tombol Refresh. Apakah anda tahu fungsi dari Refresh sebenarnya? Kalau tidak, silahkan baca ulasan dibawah ini:
Apa sih Refresh?
 
Jika anda klik kanan di desktop, maka akan ada keluar menu-menu. Salah satu menu tersebut adalah fungsi Refresh.
Dari dulu, saya sering melihat orang menggunakan komputer sering sekali menggunakan fungsi refresh ini, tanpa tahu apa keuntungannya. Bahkan, ada yang sampai menekan tombol F5 (Tombol shortcut Refresh) untuk melakukan Refresh berulang kali. Di pikiran saya waktu itu adalah betapa pentingnya tombol refresh ini  untuk komputer.
Setelah saya lama menggunakan komputer dan mulai menjelajah internet, ternyata fungsi refresh tidaklah seperti itu. Saat saya investigasi secara mendalam dari pengalaman sendiri, fungsi dari refresh hanyalah melakukan pemuatan ulang / reloading terhadap icon di desktop, agar tidak ada yang salah dalam menampilkan icon tiap shortcut di desktop. Hanya itu saja.
Biasanya, pengguna komputer yang mengalami lambat di komputernya, akan mulai melakukan minimize terhadap semua program dan melakukan refresh. Mereka menganggap bahwa penggunaan Windows menjadi lebih ringan daripada biasanya, karena sudah disegarkan / refresh. Itu sama sekali tidak benar. Tanpa refresh pun, Windows sebenarnya telah mengatur penggunaan memori waktu itu, sehingga komputer seperti terlihat lebih cepat dan bukan karena refresh tadi.
Sehingga, berhenti melakukan refresh, apalagi sampai berulang-ulang tanpa tahu apa kegunaan dari refresh sendiri.
Scan file di komputer menggunakan antivirus? Buat apa sih?
 
Tentu saja, Antivirus menjadi software wajib yang dipasang di komputer. Agar virus dan malware jahat lainnya tidak bisa masuk ke Windows. Antivirus sendiri memiliki fitur Resident Shield / Real time scanning tersendiri untuk membantu mencegah virus masuk. Apakah sebenarnya fitur itu?
Real time scanning adalah fitur dimana antivirus melakukan patroli terhadap pengaksesan semua file di harddisk komputer. Ketika ada file yang masuk, secara otomatis Antivirus akan melakukan scanning terhadap file tersebut. Jika file tersebut terdapat virus, otomatis file itu akan dihapus atau dikarantina. Tentu saja, setiap kali anda berinternet, melakukan copy & paste menggunakan flash disk, atau hal lainnya, Real time scanning akan menjaga Windows untuk anda.
Yang menjadi pertanyaan adalah, lalu buat apa kita kok sering sekali melakukan scan virus di komputer? Itu semua kan tidak ada pengaruhnya, karena sebenarnya komputer kita sudah terlindungi 24 jam oleh real time scanning tadi. Kecuali, jika komputer anda terserang virus pada awalnya, kemudian anda memasan antivirus. Barulah anda melakukan scanning, agar semua virus terdeteksi.
Jadi, jangan terlalu sering melakukan scanning dan jangan perlu khawatir dengan virus. Kalau antivirus anda sudah up to date atau dalam versi terbaru, virus akan sangat jarang sekali bisa masuk.
Hilangkan shortcut di desktop! Gunakan saja fungsi Search
 
Pada waktu dulu, saat Windows XP masih merajai komputer, banyak sekali pengguna komputer yang menaruh shortcutnya di desktop. Tidak sedikit, melainkan banyak sekali shortcut yang ada di desktop. Bukankah hal itu menganggu? Coba saja lihat gambar dibawah ini:
Inilah tampilan desktop saya ketika banyak sekali shortcut disana. Jujur, saya sangat kesusahan dalam mencari program yang saya inginkan bila keadaan shortcut seperti ini.
Solusinya? Windows 7 dan Windows 8 sudah menyediakan fitur search yang sangat mudah untuk digunakan. Yang perlu anda lakukan adalah tekan tombol Start dan mulailah mengetik nama program. Misalnya anda tekan tombol Windows untuk memunculkan Start dan mengetik ‘Excel’, maka program Microsoft Excel akan ada dihasil pencarian. Yang perlu anda lakukan hanyalah menekan tombol Enter untuk membukanya.
Bagaimana, begitu mudah bukan? Anda tidak perlu mencari dimana icon Microsoft Excel lagi dengan menggunakan search. Jika anda sering sekali menggunakan Microsoft Excel, anda bisa melakukan pin ke taskbar, agar dapat di akses dengan satu klik saja.
Shutdown? Tunggu dulu, Sleep atau Hibernate saja sudah cukup kok
 
Sering melakukan Shutdown? Ya, proses Shutdown adalah proses dimana Windows akan mematikan seluruh proses dan menghentikannya. Setelah semua proses berakhir, giliran bagian hardware akan dimatikan bergantian dan komputer akan mati total.
Untuk menghidupkannya, anda harus menekan tombol power. Windows akan melakukan copy semua proses dan driver ke RAM dari harddisk. Tentu saja, proses ini memakan waktu yang cukup lama hingga Windows siap digunakan. Sebenarnya, anda tidak perlu melakukan shutdown.
Tergantung dari kondisi penggunaan komputer anda, ketika anda ingin menggunakan komputer lagi dalam beberapa saat, anda hanya perlu melakukan Sleep. Sleep akan menyimpan semua proses di RAM dan komputer anda masuk kedalam mode tidur. Komputer tetap mengkonsumsi power, namun power yang dikonsumsi sangatlah sedikit. Ini bisa terjadi, karena sebagian komponen hardware akan dimatikan. Sehingga, ketika anda membuka laptop anda, Windows siap untuk menghidupkan komponen hardware yang mati dan mulai mengaskes RAM. Karena semua proses tersebut ada di RAM, penggunaan komputer dapat dengan instan digunakan.
Lalu, bagaimana jika anda ingin menggunakan komputer kembali dalam waktu yang cukup lama? Tenang saja, ada fungsi Hibernate. Hibernate akan menyimpan semua proses di harddisk dan mematikan semua komponen hardware. Tentu saja, komputer akan mati total. Ketika anda menghidupkan komputer kembali, Windows akan mencoba memanggil kembali proses yang disimpan di harddisk. Berbeda dengan shutdown, karena shutdown akan mematikan dan menghentikan proses tersebut. Proses hibernate akan jauh lebih cepat daripada shutdown.
Jadi, menggunakan Sleep dan Hibernate secara bijak tentu saja dapat menghemat waktu. Biasakanlah kegiatan baru ini agar tidak membuat waktu.
Saatnya Cloud Computing! Kebiasaan Baru yang sangat fungsional
 
Apakah Cloud Computing? Memang, cloud computing menjadi tren di mana-mana, karena sangat menghemat waktu anda. Bagaimana tidak, data anda akan melayang di udara dan dapat diambil kapan saja anda mau. Maksudnya melayang di udara adalah data anda akan disimpan di tempat lain di internet. Karena internet dapat diakses dimana saja, begitu juga dengan data yang disimpan disana.
Sudah beberapa bulan ini, saya menggunakan aplikasi SkyDrive untuk membantu saya dalam menyimpan data-data penting. Sangatlah mudah, yang perlu anda lakukan hanyalah memiliki Microsoft Account dan mengunduh SkyDrive app dibawah ini:
Setelah anda unduh, lakukan instalasi di komputer anda, kemudian Sign in menggunakan Microsoft Account dan mulailah memindahkan data anda ke internet. Ketika anda install SkyDrive app, akan ada folder baru, yaitu folder SkyDrive. Semua data yang anda masukkan disana, secara otomatis akan di-upload atau dikirim ke internet.
Seperti yang terlihat pada gambar diatas, semua file dan folder yang saya masukkan kesana, akan dikirim otomatis ke SkyDrive. Sehingga, saya dapat mengakses file dan folder saya dimanapun dan kapanpun saja, selama saya memiliki koneksi internet. Anda dapat mengambilnya di komputer teman dengan hanya melakukan Sign in dengan Microsoft Account. Sangat mudah bukan?
Kesimpulan
 
Dari berbagai tips yang saya berikan, manakah tips yang paling ampuh dalam menghemat waktu? Tergantung dari aktivitas berkomputer anda, jawabannya pasti berbeda-beda. Saya hanya berharap, agar tips ini dapat berguna untuk anda dan anda dapat mulai menghilangkan kebiasaan lama dan mulai menggunakan kebiasaan baru, untuk menghemat waktu berharga anda. Tentu saja, waktu tidak bisa balik bukan?
Sekian artikel hari ini, semoga bermanfaat. Terus kunjungi Windowsku, Pusat Informasi Komputer dan Windows.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Exit mobile version