Lompat ke konten
BerandaProduktivitas7 Kegiatan Produktif Smartphone Daripada Scrolling Tidak Jelas

7 Kegiatan Produktif Smartphone Daripada Scrolling Tidak Jelas

Kegiatan Produktif Smartphone Header

Pastinya kita pernah atau bahkan sering sekali menggunakan smartphone untuk alasan yang tidak jelas. Bahkan, kita bisa jadi scrolling atau menggulir layar smartphone terus-terusan hingga lupa waktu. Untuk itu, kita perlu mengubah kebiasaan kita dalam menggunakan smartphone. Berikut beberapa kegiatan produktif smartphone daripada scrolling tidak jelas.

1. Mengikuti/Follow orang yang meningkatkan karir anda

Jejaring sosial merupakan alat yang tidak jauh dari dunia smartphone. Semua orang pastinya memiliki akun jejaring sosial dan menggunakan jejaring sosial dengan bijak adalah tips yang sangat bermanfaat. Jejaring sosial biasanya juga memiliki beranda yang isinya adalah konten yang biasanya kita sering Like atau yang kita ikuti.

Tips pertama ini akan mengubah konten beranda anda secara signifikan. Saya pribadi beberapa tahun belakangan hingga saat ini menggunakan Twitter sebagai jejaring sosial utama. Karena di Twitter, kontennya biasanya lebih banyak konten berupa tulisan sehingga saya bisa menangkap informasi lebih cepat dibandingkan konten berupa gambar atau video.

Beranda Twitter dengan Topic

Di Twitter, saya sudah mengikuti orang-orang yang sering membahas pekerjaan utama saya yaitu sebagai Programmer Web berbasis bahasa pemrograman PHP. Sehingga setiap kali saya scrolling beranda, ilmu saya bisa meningkat. Selain itu, Twitter memiliki fitur “Topic” untuk mengikuti konten berdasarkan topik yang kita sukai.

Fitur List di Twitter

Selain itu, ada fitur “List” di mana fitur ini berfungsi untuk mengelompokkan banyak orang dalam satu daftar yang biasanya orang-orang ini membahas topik yang sama. Anda bisa mengikuti List tersebut yang bisa anda cari di Twitter maupun Anda bisa membuat List Anda sendiri.

instagram juga memiliki fitur yang serupa atau mirip dengan Twitter, sehingga Anda bisa menerapkan tips di atas.

2. Mengatur jadwal kegiatan harian

Anda juga bisa mengatur jadwal kegiatan harian daripada membuka konten-konten yang unfaedah. Banyak sekali aplikasi di smartphone yang dapat membantu Anda menyusun kegiatan harian. Saya pribadi menggunakan Microsoft To Do dan saya sudah menulis khusus mengenai aplikasi ini di Windowsku.

Aplikasi ini dapat mengingatkan, memberikan tenggat waktu, dan juga bisa diberikan tanda sebagai kegiatan prioritas, sehingga kegiatan atau pekerjaan Anda bisa selesai tepat waktu. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan di berbagai perangkat seperti Android, iOS, Windows, Mac, dan di browser sehingga Anda bisa produktif dalam menggunakan waktu Anda.

3. Mematikan notifikasi yang tidak penting

Kapasitas penyimpanan dan RAM smartphone yang saat ini semakin besar membuat kita bisa lebih banyak memasang aplikasi. Salah satu efek samping dari banyak aplikasi di perangkat kita adalah notifikasi yang muncul pun semakin banyak dan membuat kita kepo dengan notifikasi tersebut, walaupun sebenarnya tidak atau belum ada manfaatnya jika kita buka.

Untuk menghindari hal tersebut, silakan matikan notifikasi dari aplikasi yang tidak penting dengan cara buka Pengaturan dan carilah menu “Aplikasi & Notifikasi” atau sejenisnya. Menu pengaturan ini bisa saja tidak sama dengan yang ada di smartphone anda karena berbeda sistem operasi maupun merek. Jika sudah ketemu, silakan matikan notifikasi seperti gambar di atas.

4. Berhenti menonton vlog atau mengurangi video berdurasi panjang

Vlog adalah konten yang berisikan kegiatan sehari-hari orang lain. Saya pribadi tidak terlalu suka dengan vlog, terutama vlog dari kalangan artis Indonesia karena cenderung isinya adalah ‘pamer’. Bahkan, saya sering tercengang dengan jumlah subscriber channel-channel seperti ini yang sangat banyak dan memiliki manfaat sangat sedikit. Untuk keperluan video penghibur, vlog bagi saya tidak menarik.

Silakan Anda ganti videonya dengan konten penghibur lainnya seperti video tentang hobi, filantropi, film dokumenter, dan lain-lain. Saya pribadi menyukai video tentang sains, menulis dan agama islam. Selain itu, saya berusaha di sela-sela atau istirahat kerja untuk menonton video yang berdurasi pendek saja agar tidak ‘keterusan’ dan melupakan waktu bekerja.

Namun bukan berarti Anda tidak boleh menonton video berdurasi panjang, silakan lakukan di hari libur Anda. Dengan begitu, kegiatan smartphone Anda tetap tetap produktif serta terhibur baik di hari kerja maupun di hari libur.

5. Bermain game yang menyenangkan dan juga meningkatkan kemampuan diri serta tidak menimbulkan efek ketagihan

Game seperti Mobile Legends, Pubg dan Fortnite memang banyak studi yang mengatakan bahwa game strategi tersebut meningkatkan ketangkasan dan berpikir dengan cepat sehingga secara tidak langsung meningkatkan kemampuan diri. Namun, game tersebut memiliki efek ketagihan dan bisa mengorbankan banyak waktu berharga Anda.

Untuk itu, saya sarankan Anda untuk mengganti game lain seperti Lumosity (Android | iOS). Game ini mampu meningkatkan kemampuan kognitif otak dan juga menyenangkan. Anda bisa berhenti game ini kapan saja dan tidak perlu komitmen harus meluangkan waktu yang banyak. Game lain yang bisa Anda mainkan yaitu Brain Games – Left vs Right (Android | iOS).

6. Berpikir dulu apa manfaat konten tersebut sebelum melihatnya

Aplikasi seperti Youtube, Tik Tok, dan Instagram dapat mengambil waktu berharga Anda secara signifikan jika tidak diatur dengan baik. Untuk itu, perlu kita tameng diri dengan cara berpikir dulu apa manfaat konten tersebut sebelum melihatnya.

Misalnya beranda Youtube Anda merekomendasikan review smartphone. Sebelum dilihat, pikirkan apakah memang Anda sedang mencari smartphone baru? Jika tidak, 12 menit waktu Anda akan terbuang percuma. Jika memang ingin menonton, apakah Anda siap berkomitmen menonton video tersebut dengan durasi yang ada? Walaupun terlihat ribet, hal ini dapat mencegah Anda menonton hal yang tidak diperlukan dan lebih baik menonton video yang lebih bermanfaat.

7. Belajar kemampuan baru!

Dengan teknologi smartphone yang semakin canggih, belajar kemampuan baru bukanlah hal sulit. Misalnya saja Anda bisa belajar bahasa baru seperti Jerman, Inggris, dan lain-lain. Bisa jadi belajar bahasa baru membuat peluang Anda dalam dunia kerja semakin terbuka. Di sini, saya sarankan aplikasi Duolingo (Android | iOS) yang bisa Anda unduh dan gunakan secara gratis.

Selain belajar bahasa baru, tentu Anda bisa belajar banyak hal lain. Mulai dari belajar membaca Al-Quran dengan Qara’a (Android | iOS) hingga belajar banyak hal lain seperti bercocok tanam, membuat proyek DIY (Do It Yourself) dengan mudah di Youtube. Tentu tidak ada batasnya dalam belajar jika Anda menggunakan smartphone.

Kegiatan produktif di Smartphone = Waktu digunakan dengan baik

Dengan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dalam menggunakan smartphone, Anda akan takjub berapa banyak hal yang bisa Anda pelajari dan gunakan di keseharian Anda. Meningkatkan karir dan bahkan belajar hal baru bisa Anda lakukan di mana saja dan kapan saja. Dengan begitu, smartphone bukan lagi alat fashion namun lebih ke aset atau investasi hidup Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Exit mobile version