BerandaDesktopWindowsWindows 10Kupas Tuntas Fitur Baru Windows 10 Technical Preview

Kupas Tuntas Fitur Baru Windows 10 Technical Preview

mengulas-windows-10-headSaat ini, komputer utama saya yang tadinya menggunakan sistem operasi Ubuntu, kini sudah saya ganti sepenuhnya menjadi Windows 10 Technical Preview. Saat ini, saya menggunakan build 9928. Walaupun ini bukan build yang paling baru, namun tidak ada perbedaan yang terlalu jauh dengan build yang baru, yaitu build 10041. Nah, Windowsku akan mengulas Windows 10 untuk pembaca sekalian.

Mari kita mulai dengan membahas fitur-fitur apa saja yang baru dibandingkan dengan Windows 8. Saya akan membahasnya dari yang paling menonjol terlebih dahulu.

Hey Cortana!

Ya, jika anda pengguna Windows Phone, Cortana sudah tidak asing lagi. Namun, sangat disayangkan anda tidak bisa menggunakan Cortana di Windows 10, karena Cortana tidak mendukung daerah Indonesia. Dan mudah-mudahan, Microsoft akan menambah dukungannya.

Cortana akan banyak sekali membantu anda. Anda bisa memerintahkannya untuk melakukan sesuatu, seperti mengirim email (menggunakan suara pastinya), membantu mengingat kalau ada kegiatan, membuka aplikasi, mengetik, dan lain-lain. Yang membuat Cortana berbeda dengan yang lain adalah anda dapat bercanda dengan Cortana (bahkan bernyanyi layaknya manusia). Untuk saat ini, Google Now dan Siri tidak dapat melakukannya.

 

 

Jika anda meng-install Windows 10, ketika anda mengetikkan sesuatu dikotak pencarian, anda tidak akan menemukan apa-apa. Entah ini suatu bug atau karena Indonesia belum di dukung oleh Windows. Sehingga, saya tidak bisa mencobanya lebih jauh.

Start Screen Menu

Di Windows 8, Start Screen akan mengambil saya layar penuh untuk memunculkan tile dan aplikasi dari Windows Store. Namun, di Windows 10 tidak seperti itu, Start Screen akan kembali menjadi Start menu.

Namun, anda bisa mengubah Start menu menjadi Start Screen kembali jika anda mengklik icon “Expand start”. Setelah anda mengklik itu, Start Screen akan kembali.

Continuum, Otomatis Deteksi Mode Perangkat Apakah Tablet atau Desktop

Jika anda memiliki komputer 2 in 1 atau Convertible seperti Lenovo Yoga, Windows 10 dapat mendeteksi apakah anda masuk ke mode tablet atau desktop. Jika anda masuk ke mode desktop, maka Start menu yang akan muncul jika anda menekan tombol Start. Jika anda masuk ke mode tablet, Start Screen yang akan muncul.

Selan itu, ada beberapa perubahan lain yang mendasar. Biasanya, mode tablet akan membuat icon di Windows menjadi lebih besar, agar menggunakan touchscreen lebih leluasa.

Bagi anda yang tidak memiliki komputer Convertible, anda bisa mengaktifkan tablet mode pada PC Settings dan ketik tablet mode. Lalu hidupkan mode tablet seperti pada gambar dibawah ini:

 

 

Icon baru di File Explorer

Bosan dengan icon lama yang ada di File Explorer di Windows 7 atau Windows 8? Nah, di Windows 10, icon yang lama sudah diganti dengan yang baru. Karena tidak bisa dideskripsikan bagaiaman perubahan iconnya, langsung saja lihat gambar dibawah ini:

 

Task View, melihat apps yang berjalan jadi semakin asik

Task View sebenarnya berfungsi melihat apps yang berjalan. Fungsinya sama seperti tombol alt+tab. Namun yang membuatnya berbeda adalah Task View sekarang dapat menambah virtual desktop, sehingga anda bisa fokus ke suatu pekerjaan. Anda bisa mengorganisir desktop pertama untuk bermain game atau menonton video dan desktop yang kedua untuk mengerjakan tugas anda.

Untuk menambahkan virtual desktop, klik icon task view pada taskbar.

Kemudian, klik “Add a desktop”. Disini anda bisa membuka program yang lain pada desktop yang baru. Jika asumsinya desktop pertama adalah untuk bermain, maka yang di desktop yang kedua kita pakai untuk mengedit gambar dan pekerjaan yang lainnya.

Virtual desktop sebenarnya adalah fitur yang sudah lama diminta oleh pengguna Windows dan baru diimplementasikan di Windows ini. Distro Linux seperti Ubuntu telah menerapkannya terlebih dahulu.

Selamat tinggal Control Panel, halo PC Settings

Windows perlahan namun pasti akan menggantikan fungsi Control Panel ke PC Settings. Namun di Windows 10, anda masih bisa mengakses Control Panel. Tapi, menu Windows Update tidak akan ada di Control Panel, karena sudah di pindah ke PC Settings.

Notifications

Pengguna Windows Phone pasti mengenal yang namanya Action Center. Jika ada pemberitahuan, semuanya akan terlihat disana. Dan Windows 10 pun mengadopsinya. Anda dapat mengakses notifications pada taskbar, dekat dengan tanggal dan waktu di pojok kanan bawah.

Kesimpulan

Bagaimana menurut anda mengenai Windows 10? jIka anda penasaran, silahkan anda coba install di VirtualBox atau bisa anda langsung install pada PC anda. Saya rekomendasikan untuk backup data terlebih dahulu, karena Windows 10 masih dalam tahap percobaan dan tidak disarankan untuk digunakan terus menerus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *