BerandaUncategorizedLaptop Paling Ringan Di Dunia, Lenovo LaVie Z (0.8KG)

Laptop Paling Ringan Di Dunia, Lenovo LaVie Z (0.8KG)

lenovo-lavie-z-01

Apakah anda tahu, laptop apakah yang paling ringan didunia? Saat ini, gelar itu berada di tangan Lenovo LaVie Z, sebagai laptop paling ringan di dunia. Percaya atau tidak, berat laptop tersebut hanya 1.72 pound, atau kalau di konversi ke KG, beratnya adalah sekitar 0.8kg. Laptop pada umumnya memiliki berat antara 1.6kg hingga 2.5kg. Bisa anda bayangkan betapa ringannya laptop ini.

Semua ini dapat Lenovo lakukan berkat kerjasama dengan NEC, sebuah perusahaan komputer di Jepang. Ada dua varian yang dikenalkan oleh Lenovo, yaitu LaVie Z HZ550 dengan berat 1.72 pound dan LaVie Z HZ750 dengan berat 2.04 pound atau sekitar 0.9kg. Disini, kita akan fokus ke varian HZ550, karena laptop itu yang paling ringan.

Jika anda memiliki tablet, seperti iPad, anda bisa merasakannya bahwa laptop ini ringan seperti tablet. Yang membuat LaVie Z ini lebih keren karena isi dalamnya. Ditenagai oleh prosesor Intel Core i5 broadwell, 13.3 inch layar, 1.920×1.080 piksel dengan panel IGZO.

Apa sih yang membuat laptop ini begitu ringan? Rahasianya adalah bahan chassis yang terbuat dari magnesium-lithium alloy yang dibuat oleh perusahaan NEC. Sehingga, membuat laptop ini 50% lebih ringan dan alumunium dan kuat seperti laptop dengan bahan magnesium murni, seperti dilansir dari Lenovo.

NEC dari Jepang, ya begitu juga dengan keyboardnya

Uniknya, laptop ini memiliki huruf jepang di keyboardnya. Tentu saja itu karena bahannya terbuat dari perusahaan NEC. Sehingga, keyboard versi lenovo seperti AccuType, tidak akan diimplementasikan. Bukan berarti anda hanya bisa mengetik huruf jepang, tentu saja bisa anda ketik dengan format QWERTY seperti biasa.

Lalu, bagaimana dengan spesifikasi lainnya?

Laptop ini juga tipis, hanya berdiameter 0.66 inch. Lenovo mengatakan juga bahwa laptop ini akan bertahan hingga 6 jam lamanya. Untuk sekelas Ultrabook, 6 jam bukanlah sesuatu yang hebat, karena Ultrabook yang beredar, biasanya bisa lebih dari 6 jam. Mungkin yang menjadi penyebabnya adalah kecilnya tempat untuk baterai.

Balik lagi ke spesifikasi dalamnya, LaVie Z HZ550 dipersenjatai dengan 4GB RAM, 128 GB SSD. Untuk konektivitas, tersedia 2 USB 3.0, HDMI out, Card Reader, headphone jack, Webcam 720p, Wi-Fi dan Bluetooth 4.0.

Namun, harganya tak seringan laptopnya

OK, ini yang akan membuat anda kaget. Harganya diperkirakan tembus $1.299 USD (kalau dirupiahkan, harganya menjapai 16 juta). Memang mahal, namun dengan spesifikasi yang tangguh dan juga sangat ringan, nampaknya kantong anda tidak akan mengeluh terlalu lama.

Untuk anda yang suka bepergian, ini jawabannya

Sering bekerja di luar kantor, atau sebagai teman anda dalam bermain, Lenovo LaVie Z sangatlah tepat jika anda tidak mempermasalah harganya. Belum ada informasi kapan Lenovo LaVie Z akan hadir di Indonesia. Mudah-mudahan, dapat hadir di tanah air dalam waktu dekat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.