Mari Berkenalan Dengan Office Mix! Cara Baru Mengajar Online!

Hari ini, Microsoft memperkenalkan apps barunya, yang disebut Office Mix. Office Mix dapat menjadikan presentasi PowerPoint anda menjadi pembelajaran interaktif secara online. Jadinya, bagi anda para guru dan dosen, yang ingin membuat presentasi untuk pembelajaran online, Office Mix adalah aplikasi yang sangat tepat. Office Mix ini baru dalam tahap private preview, sehingga belum bisa digunakan secara luas.

Office Mix ini nantinya akan terintegerasi dengan Microsoft Office PowerPoint 2013 yang memungkinkan anda untuk merekam audio maupun video dari diri anda sendiri, menulis tiap slide waktu anda berbicara, menambahkan kuis, polling, video online, dan masih banyak lagi. Bahkan, anda bisa merekam tampilan komputer anda dengan mudah.
Jika anda sudah selesai membuatnya, anda tinggal klik “Upload” dan presentasi online anda akan selesai.
microsoft office mix
Microsoft Office Mix
Dengan mendengarkan pendapat para guru atau dosen, Microsoft membuat Office Mix sesuai dengan apa yang diinginkannya. Sehingga, pembelajaran nantinya akan lebih interaktif dan lebih berkesan. Asalkan ada internet, belajar menjadi lebih seru.
Membuat Presentasi Office Mix
Membuat Office Mix
Fitur Office Mix
Seperti yang dikatakan sebelumnya, Office Mix akan diintegerasikan dengan PowerPoint 2013 dengan cara menambahkan tab baru di PowerPoint dengan berbagai fitur, termasuk fitur untuk merekam diri anda sendiri saat memberikan presentasi. Pada mode perekaman, anda bisa merekam audio dan video diri anda sendiri sedang menarasikan tiap slide, termasuk juga waktu anda menulis atau menggambar (jika anda menggunakan komputer touchscreen). Semua dapat dilakukan dengan mudah dengan berbagai visual efek dan efek audio. Fitur kuis untuk latihan pun dapat dibuat.
Selain itu, jika anda sedang mengajar tentang komputer, anda bisa menggunakan fitur Screen Capture untuk merekam aktivitas komputer. Dengan mengklik “screen recording”, anda bisa mempraktekkan apa yang anda lakukan di komputer dan merekamnya untuk bisa dilihat oleh orang lain.
Office Mix juga membuat anda lebih mudah dalam mengedit ‘mix’ anda. Jika anda membuat kesalahan dalam perekaman, anda bisa merekam ulang slide yang salah. Anda dapat mengubah ukuran atau memindah rekaman video dari slide ke slide dengan mudah. Karena saat anda membuat mix, perekaman diambil tiap slide, anda bisa mengatur urutan slide secara mudah.
Berkat Office Mix, anda juga dapat dengan mudah membuat kuis. Entah itu kuis dengan jawaban benar / salah, multiple choice, jawaban uraian, ataupun pendapat bisa dengan mudah dibuat untuk menarik minat siswa dan mahasiswa. Anda juga bisa menambahakan petunjuk pengerjaan, waktu, menyusun ulang nomor soal, dan siswa dapat juga memberikan kritik dan saran terhadap soal.
Ketika anda klik “Upload”, presentasi yang anda buat akan otomatis tersedia di website Office Mix dan dapat dijalankan dimana saja. Anda juga dapat berbagi presentasi dengan mudah menggunakan fitur “Share” dan membagikan link-nya ke orang lain. Asalkan anda memiliki laptop atau smartphone, Office Mix siap digunakan.
Membuat kuis di Office Mix
Membuat kuis di Office Mix
Mengevaluasi kemampuan siswa
 
Dengan menggunakan Office Mix, anda bisa menganalisa kemampuan mahasiswa. Office Mix dapat menghitung lama pengerjaan tiap siswa, bahkan bisa dihitung per slide, sehingga anda tahu soal mana yang susah dimengerti oleh siswa. Anda juga akan tahu, siswa mana yang butuh ekstra perhatian.
Anda ingin menggunakannya? Sepertinya harus bersabar, karena ini masih dalam tahap pengerjaan. Namun, anda bisa daftar melalui Microsoft Connect agar anda diberitahu, kalau Office Mix siap untuk dgunakan. Office Mix harus digunakan dengan Office 2013 SP1 sudah terinstal.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.