Cara Termudah Mempercepat Startup Windows 10

Mempercepat Startup Windows 10 Dengan Cara Termudah!

Mempercepat Startup Windows 10 sangatlah penting karena komputer lambat merupakan salah satu yang membuat produktivitas anda menurun. Semua orang menginginkan komputer cepat agar cepat dalam mengerjakan pekerjaan. Salah satu caranya adalah dengan mempercepat Startup Windows 10. Bagaimana cara anda melakukannya?

Ada banyak cara untuk mempercepat Windows 10, salah satunya adalah dengan mempercepat Startup Windows 10. Startup disini maksudnya adalah ketika anda menghidupkan komputer untuk pertama kali. Pastinya ada jeda waktu sebelum anda bisa memasukkan password untuk masuk ke Windows hingga masuk ke desktop.

Jika dari saat anda memasukkan password dan menekan enter, Windows dirasa terlalu lama untuk siap digunakan karena tidak responsif, maka anda perlu menerapkan tips ini.

Menu Task Manager

Caranya adalah silahkan anda buka Task Manager. Ada banyak cara membuka Task Manager, salah satunya adalah dengan klik kanan pada taskbar dan klik Task Manager.

Mematikan program agar tidak berjalan saat Statup

Kemudian, silahkan klik tab “Startup”. Disana akan ada daftar aplikasi yang secara otomatis dijalankan pada saat startup Windows. Jika aplikasi yang dijalankan terlalu banyak, tentu saja akan memperlambat startup Windows 10 anda. Untuk menonaktifkannya, silahkan klik kanan dan klik “disabled”. 

Silahkan nonaktifkan aplikasi yang sekiranya anda tidak gunakan pada Startup. Anda tidak boleh menonaktifkan aplikasi seperti Antivirus karena jika anda matikan, maka antivirus tidak akan memproteksi anda.

Menonaktifkan aplikasi di startup bukan berarti anda tidak dapat menggunakan aplikasi tersebut selamanya. Anda dapat menjalankannya seperti biasa dengan membuka aplikasinya.

Alternatif cara lain untuk menonaktifkan aplikasi saat Startup

Penulis pernah mengalami kejadian aneh, dimana penulis memasang aplikasi baru dan aplikasi tersebut selalu berjalan pada saat startup. Anehnya adalah aplikasi tersebut tidak ada di Task Manager. Jika anda juga seperti itu, penulis sarankan menggunakan aplikasi CCleaner.

Mempercepat Startup Windows 10 dengan CCleaner

Ccleaner Menonaktifkan Startup Windows 10

Setelah anda mengunduh CCleaner (yang versi Free/Gratis saja), silahkan install dan jalankan di Windows 10 anda. Klik menu Tools > Startup dan akan ada daftar aplikasi yang dijalankan. Caranya sama seperti pada saat anda menggunakan Task Manager, klik kanan dan klik “disable” untuk menonaktifkan aplikasi tersebut. Maka, aplikasi tersebut tidak akan jalan pada saat anda menghidupkan komputer.

Kesimpulan

Setelah anda menerapkan cara diatas, penulis yakin komputer anda sekarang jadi lebih cepat. Apakah anda memiliki cara lain atau memiliki sanggahan, silahkan tuils di kotak komentar ya.

Sekian artikel Mempercepat Startup Windows 10 Dengan Cara Termudah, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa berlangganan Windowsku dengan cara Like Facebook Windowsku atau melalui email. Berlangganan tentunya gratis tanpa dipungut biaya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.