BerandaDesktopWindowsWindows 7Memproteksi File dan Folder di Windows 7 dan 8 (Tanpa Software Tambahan)

Memproteksi File dan Folder di Windows 7 dan 8 (Tanpa Software Tambahan)

Hari ini, Windowsku akan membahas “Memproteksi file dan folder di Windows 7”. Begitu penting untuk menjaga data pribadi kita di komputer. Agar akses yang tak terduga dapat diminimalisir. Apalagi bagi anda yang suka meminjamkan komputer anda ke teman atau orang yang tak dikenal, trik ini perlu diterapkan. Langsung saja, ikuti tutorial Windowsku untuk mengetahuinya.

Membuat akun Guest
 
Biasanya, ketika teman meminjam komputer anda, maka mereka akan masuk ke akun anda sendiri. Karena akun anda adalah Administrator, teman anda dapat melakukan segala hal dalam komputer anda, termasuk mencuri data-data atau file anda. Untuk itu, kita perlu membuat akun tambahan lagi yaitu akun Guest.
Guest berfungsi untuk akun khusus untuk para pengguna komputer selain diri anda. Pada mode Guest, tidak semua file dan folder dapat diakses, tergantung dari anda memilih mana file dan folder yang tidak bisa diakses. Sehingga, anda tidak perlu takut data anda akan dicuri.
Pertama, buka Control Panel dan klik “Add or remove user accounts”
Lalu, klik Guest
Setelah itu, klik Turn On
Sekarang, akun Guest sudah aktif. Untuk masuk ke akun Guest, anda harus melakmkan Log off terhadap akun anda saat ini, atau klik Switch User.
Setelah anda Log Off atau Switch User, pilihlah akun Guest. Maka, anda akan diantarkan ke desktop Windows seperti biasa. Lalu, apa bedanya? Untuk memberikan contoh perhatikan gambar dibawah ini:
Dalam Windows Explorer ini, ada 2 folder yang berbeda. Satu folder yang diproteksi dan satu lagi yang tidak memiliki proteksi. Ketika saya mengklik “Folder yang terproteksi” saya mendapatkan peringatan seperti ini.
Setelah saya klik Continue, maka akan muncul seperti ini:
OK, apakah pembaca sudah mengerti sampai disini? Saya melakukan proteksi terhadap folder tersebut, sehingga orang lain yang memasuki akun Guest tidak bisa masuk kedalam folder tersebut. Bagaimana caranya saya melakukan hal tersebut? Mari kita lihat ulasannya.
Sekarang, kembalilah ke akun anda sendiri. Carilah folder yang ingin anda proteksi. Klik sekali folder tersebut. Lalu, klik menu “Share with” lalu pilih “Nobody”, seperti pada gambar dibawah ini:
Setelah itu, klik “Stop sharing”
Setelah anda mengklik “Stop sharing”, maka folder tersebut tidak bisa diakses oleh akun yang lain. Hanya akun anda saja yang dapat melihatnya. Sangat mudah bukan? Untuk membuktikannya, silahkan anda masuk ke akun Guest dan bukalah folder yang anda proteksi tadi.
Kesimpulan
 
Kalau anda sangat memperhatikan keamanan data anda, tips ini akan sangat berguna bagi anda. Lalu, biasakanlah membuat 2 akun seperti ini, agar orang lain mengakses akun Guest, bukan akun pribadi anda. Agar data anda tetap aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *