Menggunakan Microsoft SkyDrive App di Windows 8 dan Windows RT

SkyDrive adalah sebuah layanan dari Microsoft agar anda dapat menyimpan file dan data-data komputer di Cloud. Artinya, anda dapat mengambil file tersebut kapan saja, tidak peduli di komputer manapun, asalkan anda memiliki koneksi internet. Tentu saja, layanan ini sangat bermanfaat sebagai ‘flash disk online’ anda, sehingga anda tidak perlu membawa flash disk.

Di Windows 8, aplikasi SkyDrive sudah tersedia. Yang perlu anda lakukan adalah membuka aplikasi SkyDrive melalui Start Screen. Jika sudah, anda akan diminta untuk memasukkan Microsoft Account. Jika anda tidak memilikinya, anda bisa membuat sebuah Microsoft Account dengan cara dibawah ini:
Jika sudah buat, login lah melalui SkyDrive, seperti dibawah ini:
Gambar 1: Login di Microsoft SkyDrive

Jika sudah, klik ‘Save’. Lalu, isi dari folder anda di SkyDrive akan muncul.

Gambar 2: Layar utama Microsoft SkyDrive

Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan di SkyDrive app ini, yaitu:

  1. Refresh: Menyegarkan kembali file atau data di SkyDrive jika anda baru saja mengunggah file ke SkyDrive. File yang baru tersebut akan tersedia jika anda mengklik Refresh.
  2. New Folder: Membuat Folder baru di SkyDrive.
  3. Upload: Mengunggah file ke SkyDrive.
  4. Details: Melihat informasi tentang file yang anda pilih.
  5. Select All: Menyeleksi semua file dan folder di SkyDrive

Semua itu dapat anda akses dengan cara mengklik kanan pada SkyDrive App. Jika anda memiliki touchscreen, geser jari dari arah bawah ke atas untuk memunculkan menunya.

Gambar 3: Menu SkyDrive

Melihat sisa kapasitas SkyDrive

SkyDrive memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 7 GB. Jika anda ingin lebih banyak, anda harus membelinya. Untuk melihat sisa kapasitas di SkyDrive, buka Windows Charms dengan cara menekan tombol Win + C, atau menggeser kursor mouse ke pojok kanan atas, lalu geser kursor kebawah. Atau, jika anda memiliki touchscreen, geser jari dari kanan layar ke kiri. Setelah itu, klik Settings. Lalu klik Options.
Gambar 4: Settings SkyDrive
Lalu, SkyDrive akan memunculkan informasinya. Selain itu, anda juga bisa melakukan Sign out, dan membuka Recycle Bin
Gambar 5: Informasi kapasitas SkyDrive

Sangat mudah bukan? Sekarang, file anda dapat diakses dimana saja tanpa harus membawa flash disk. Jika anda ingin melihat data-data Skydrive di bukan Windows 8, bukalah browser anda dan buka skydrive.com. Akhir kata, semoga artikel hari ini dapat bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.