Mengubah Network Sharing Settings Di Windows

Sekarang, saya akan melanjutkan kembali artikel tentang Networking. Di artikel ini, kita akan belajar bagaimana cara mengubah Network Sharing Settings di Windows. Artikel ini akan difokuskan ke sistem operasi Windows Vista hingga Windows 10.

Dimana kita bisa menemukan Network Sharing Settings?

Cara mengakses Change advaced sharing settings

Sekarang, anda buka Network and Sharing Center, dengan cara klik Start menu, dan ketik “Network and Sharing Center”. Setelah terbuka, di bagian kiri akan ada tulisan “Change advanced sharing settings”. Klik dan menu lainnya akan terbuka.

Cara mengatur profil dari Network

Pada jendela “Advanced sharing settings”, carilah profil yang sedang anda pakai. Pada kasus ini, saya menggunakan Private. Anda dapat melihat profil yang anda pakai dengan melihat kalimat Current Profile.

Sekarang saya akan menjelaskan semua opsi tersebut, sehingga pembaca dapat memahaminya dengan benar.

Network Discovery

Network Discovery

Pengaturan pertama diberi nama “Network Discovery”. Ketika dihidupkan, komputer akan dapat mencari perangkat yang lain pada network yang anda hubungkan (Connected). Dan juga, komputer lain akan dapat menemukan komputer anda.

Public folder settings

Public Folder Settings

Selanjutnya, anda bisa menghidupkan atau mematikan Public folder settings. Ketika dihidupkan, anda dapat membagi file melalui folder Public dengan komputer lain. Semua komputer yang dalam 1 jaringan, dapat saling mengakses data melalui folder Public tersebut.

Peringatan: Jangan menghidupkan Folder Sharing jika anda berada di lingkungan publik yaitu orang umum. Kecuali, jika anda mempercayai tempat tersebut, anda dapat menghidupkan Folder Sharing. Jika anda berada di “Home or Work”, anda dapat menghidupkan Folder Sharing dengan aman.

Media Streaming

Media Streaming

Opsi selanjutnya yaitu tentang Media Streaming. Fitur ini membolehkan kita untuk melihat file multimedia seperti gambar, video, dan musik dengan menggunakan Windows Media Player. Untuk mengubah pengaturannya, anda dapat mengklik “Choose media streaming options…”.

Mengatur Media Streaming

Lalu, anda akan melihat perangkat apa saja yang media streaming-nya dihidupkan, jika anda mengaktifkan Media Streaming Options. Jika anda tidak membutuhkan fitur ini, klik “Block All” saja.

File Sharing Connection

File Sharing Options

Pengaturan selanjutnya yaitu untuk enkripsi koneksi network yang sedang aktif. Secara default, Windows 7 mengatur enkripsi 128-bit.

Turn On or Off Password Protected Sharing

Password Protected Sharing

Password protected sharing membolehkan orang lain untuk mengakses file dan folder yang anda bagikan (Share) jika orang tersebut mempunyai ‘User Account’ dan ‘Password’ yang sudah dibuat di komputer anda.

Mengatur Koneksi HomeGroup

Homegroup Connections

Di artikel yang lalu, kita sudah membahas fitur HomeGroup secara detail. Secara default, Homegroup mempunyai password yang sama pada tiap komputer yang sudah tergabung. Mempunyai password yang sama tidak direkomendasikan oleh Windows, sehingga kita harus memilih ‘Allow Windows to manage homegroup connections’. Agar, Windows yang mengatur koneksi homegroup.

Kesimpulan

Mengubah pengaturan Network Sharing Settings di Windows bisa dibilang cukup mudah. Dengan menguasai tips diatas, anda dapat meningkatkan keamanan untuk komputer anda. Jika ada pertanyaan, silahkan tulis di kotak komentar.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

6 pemikiran di “Mengubah Network Sharing Settings Di Windows”