Mengukur Detak Jantung Dengan Smartphone Tanpa Hardware Tambahan

Mengukur Detak Jantung Dengan Smartphone Tanpa Hardware Tambahan

Penasaran dengan berapa kali jantung anda berdetak? Atau anda ingin memeriksa, apakah kecepatan detak jantung anda normal? Lalu, perangkat apa yang bisa mengukur detak jantung? Mungkin pertanyaan-pertanyaan tersebut sempat terbesit dipikiran anda. Pertanyaan yang paling penting dari semua itu adalah perangkat apa yang bisa mengukur detak jantung?

Kalau kita ke dokter spesialis jantung, pasti anda bisa mengukurnya disana. Atau anda harus membeli alat yang mahal, agar dapat mengukur detang jantung anda. Namun sekarang tak perlu khawatir. Anda bisa mengukur detak jantung dengan smartphone. Serius? Ya, ini serius.

Anda tidak perlu memasang alat tambahan di smartphone anda. Anda hanya perlu memiliki smartphone dengan kamera dan juga LED flash. Jika semua sudah tersedia, anda memerlukan aplikasi yang bernama Asus Heart Rate.

Asus Heart Rate – Download

Silahkan anda unduh Asus Heart Rate. Anda memerlukan smartphone dengan Android 4.1 atau lebih.

Cara Kerja

Awalnya, saya sendiri tidak percaya dengan aplikasi ini. Namun, informasi detak jantung yang saya dapatkan cukup akurat. Jika ingin lebih akurat, anda memerlukan perangkat khusus. Gunakan aplikasi ini jika anda ingin mengetahui detak jantung dengan cepat.

Cara kerja aplikasi ini dengan mengenal aliran darah yang ada di jari anda. Aplikasi ini dapat melihatnya berkat bantuan LED flash yang memasuki jari, sehingga kamera dapat melihatnya ke dalam jari anda. Dari situlah, aplikasi ini memiliki algoritma untuk mengukur detak jantung yang anda miliki. Perlu diperhatikan bahwa informasi detak jantung ini tidaklah terlalu akurat. Silahkan pergi ke dokter atau dengan menggunakan perangkat khusus untuk mengukur detak jantung.

Mulai menggunakan Asus Heart Rate

Jika anda sudah selesai menginstall Asus Heart Rate, langsung saja jalankan.

Mengukur Detak Jantung Dengan Smartphone 01

Mengukur Detak Jantung Dengan Smartphone 02

Mengukur Detak Jantung Dengan Smartphone 03

Dengan mengikuti semua langkah diatas, anda dapat mengetahui kecepatan detak jantung anda. Mudah bukan?

Kesimpulan

Bagaimana dengan pengalaman anda? Mudah-mudahan dapat membantu anda dalam mengetahui kecepatan detak jantung anda. Yang perlu anda butuhkan hanyalah smartphone dengan kamera dan LED flash.

 

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.