Menilai Spesifikasi Komputer Kamu Dengan Windows Experience Index

Windows Experience Index adalah sebuah tool untuk mengecek dan menilai komputer anda agar dapat diketahui bagian mana dari hardware anda yang harus anda upgrade. Nilai yang diberikan Windows Experience Index adalah antara 1.0 samapai 7.9.
Semakin banyak nilai atau score yang diperoleh dari komputer anda, maka komputer anda semakin bagus. Ada 5 aspek yang diperiksa oleh Windows Experience Index, yaitu sebagai berikut:

  1. Processor: kalkulasi per detik sebuah processor
  2. Memory (RAM): Operasi Memori per detik sebuah RAM
  3. Graphics: Performa dalam menjalankan Windows Aero
  4. Gaming Graphics: Bisnis 3D dan performa dalam memainkan game
  5. Harddisk: Kecepatan transfer data

Kegunaan Windows Experience Index adalah:

  1. Untuk mengetahui mana hardware yang sangat perlu diupgrade sesuai dengan nilai yang diberikan. Misalnya, Memory (RAM) yang nilaninya sangat jelek, berarti hardware tersebut yang perlu diupgrade.
  2. Pengganti dari MINIMUM SYSTEM REQUIREMENTS dari software maupun game. Di masa depan, System Requirements tidak dibutuhkan lagi, dan akan diganti dengan Windows Experience Index, karena lebih cepat ketimbang System Requirements.

    Untuk memulai Windows Experience Index, caranya adalah:

    1. Buka Windows Explorer
    2. Klik kanan Computer, lalu klik Properties
    3. Klik System rating is not available jika anda belum pernah menjalankan Windows Experience Index sebelumnya. Jika sebelumnya sudah, maka klik Windows Experience Index
    4. Klik Rate This Computer untuk mengecek Hardware anda.
    5. Jika anda pernah mengecek sebelumnya, klik re-run the assessment untuk mengecek ulang

    Jika ada dari aspek hardware tersebut yang memiliki nilai yang paling rendah, maka hardware tersebut yang jika bisa diupgrade agar performa komputer semakin cepat dan fleksibel. Agar nilai atau score dari hardware tersebut meningkat, lakukan update driver dari komponen hardware secara berkala minimal1 bulan sekali. Sekian, semoga bermanfaat bagi anda semua . . .

    Tinggalkan sebuah komentar

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.