Microsoft Xbox One: Konsol Terbaru Next-Gen dari Microsoft

Rumor yang mengatakan bahwa nama untuk Xbox yang terbaru adalah Xbox Now! ternyata salah. Pada saat Microsoft memperkenalkan generasi terbaru Xbox yang tayang tengah malam tadi, Microsoft menamakan Xbox barunya menjadi Xbox One. Saya berkesempatan melihat Live Streamingnya dan melihat apa saja fitur-fitur yang ditawarkan oleh konsol terbaru ini.
Xbox One adalah konsol dari Microsoft, setelah Microsoft sebelumnya meluncurkan Xbox 360 7 tahun yang lalu. Xbox One memiliki konsep semua hal dalam bidang Entertainment ada dalam satu konsol, yaitu Xbox One ini.
Desain
 
Xbox One memiliki bentuk yang besar, keren, dan berwarna hitam. Controller dan perangkat Kinect Sensor sudah didesain ulang. Kinect dan juga Xbox One memiliki bentuk yang tajam, desain kotak berwarna hitam. Jika anda lihat, Xbox ini sudah memiliki fitur untuk menemani anda untuk menghibur. Segala macam faktor penghibur untuk anda disediakan dalam Xbox One ini. Dari gambar diatas, terlihat Xbox One sangatlah besar, dibandingkan dengan konsol generasi sekarang yang semakin kecil.
Home Entertainment
 
Semua hal yang dapat menghibur anda tersedia disini. Anda dapat menonton TV, bermain Games, dan Entertainment lainnya dan semua itu dilakukan dalam satu konsol Xbox One. Selain itu, anda dapat memerintahkan Xbox dengan suara. Ya, salah satu perintahnya adalah jika anda mengatakan “Xbox On”, maka Xbox akan menyala. Anda akan dibawa ke layar utama Xbox One nantinya, dimana anda dapat menonton TV, bermain game, dan Entertainment lainnya.
Untuk gesture, Xbox One yang diperkuat dengan Kinect dapat anda gunakan tanpa perantara kontroller Xbox. Jika anda melambaikan tangan dari kiri ke kanan, maka layar akan bergeser ke kanan. Jika anda menggeserkan tangan dari atas ke bawah, maka layar akan scroll down. Hanya sesimpel itu saja untuk menggunakan Xbox One. Xbox One juga menyediakan konektivitasi HDMI untuk media menonton TV dan Games lebih real.
 
Selain itu, dengan Kinect Sensor, anda dapat melakukan panggilan Video Call dengan bantuan Skype. Jadinya, sambil main game, anda dapat menelpon teman. Untuk TV, anda dapat menonton channel apa saja, selama anda memiliki koneksi internet yang memadai. Menariknya, Xbox One juga dapat melakukan browsing, seperti layaknya di PC. Jadinya, anda dapat melihat Facebook sambil bermain game. Menarik bukan?
Anda dapat multitasking dengan Xbox One ini, sama seperti Windows 8. Perintah yang anda harus katakan adalah “Xbox, snap Internet Explorer”. Ketika anda menonton TV, sepertiga layar akan diambil oleh Internet Explorer. Anda juga dapat melakukan hal tersebut ke apps yang lain. Mengganti-ganti apps pada Xbox One sangatlah cepat dan mudah. Tidak perlu menunggu lama dan konten yang anda inginkan langsung hadir.
Spesifikasi Lengkap Xbox One
 
Untuk melakukan semua hal keren tersebut, Xbox One memerlukan hardware yang kuat. Xbox One ditenagai oleh Prosesor AMD 8-core, RAM 8GB, USB 3.0, HDMI in/out, dan hard drive berkapasitas 500 GB. Selain itu, Sistem Operasi yang dipakainya adalah penggabungan dari kernel Windows dengan Xbox OS.
Arsitektur Xbox One memiliki “3 Sistem Operasi dalam satu konsol”. Yang pertama adalah sistem operasi Xbox, kernel dari Windows, dan multitasking interface. Idenya adalah konsol ini dapat melakukan multitasking dengan cepat.
Kinect Baru Xbox One
 
Jika anda membeli Xbox One, anda juga mendapatkan Xbox One. Kinect yang baru ini, akurasinya sudah meningkat. Memiliki kamera 1080 untuk video yang HD, konektivitas Skype. Selain itu, pergerakan gesture dari lekuk tubuh si pengguna untuk mengenalinya lebih ditingkatkan lagi. Microosft juga mengatakan bahwa Kinect yang baru dapat membaca detak jantung anda. Kinect juga dapat merasakan kontroller yang sedang anda gunakan, tidak hanya tangan saja.
 
Controller Xbox One
 
Controller yang baru ini hampir mirip dengan kontroller pada Xbox 360, namun Microsoft mengatakan ada “40 inovasi teknik dan desain” yang dirubah pada kontroller ini. Kontroler yang baru menggunakan Wi-Fi Direct dengan kecepatan secara teori mencapai 250 Mb/detik. Itu sangatlah cepat, dibandingkan dengan kontroler yang dimiliki PlayStation 4 (DualShock 4) yang hanya mengandalkan Bluetooth 2.1 + EDR dengan kecepatan secara teori hingga 3 Mb/detik.
Game yang akan launching
 
Untuk awal dari Xbox One ini, Microsoft mengatakan bahwa ada 8 Game baru untuk Xbox One tahun ini. Game yang dipamerkan pada pagelaran ini adalah Forza 5 dan juga Quantum Break. Pada saat saya lihat, kedua game ini menawarkan grafis yang sangat keren dan terlihat nyata. 8 Game ini hanya dari Microsoft Studios, belum termasuk dari Publisher yang lain, seperti EA, Ubisoft, dan lain sebagainya.
Kapan anda bisa membelinya?
 
Untuk harga dari Xbox One ini masih menjadi misteri. Satu yang pasti adalah Xbox One bisa anda dapatkan pada tahun ini. Pagelaran E3 juga tidak jauh lagi, jadinya akan ada informasi lebih nantinya.

Tinggalkan sebuah komentar

You have to agree to the comment policy.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.