Mozilla Firefox 29 Review – Desain Baru ‘Australis’

Hari ini, Windowsku berkesempatan untuk melakukan review terhadap Firefox versi baru yang satu ini. Versi ini sangat spesial, karena Firefox memperkenalkan tampilan barunya yang disebut tampilan “Australis”. Tampilannya sangat berbeda dengan sebelumnya dan Mozilla mengatakan bahwa tampilan ini sangat mudah untuk digunakan oleh semua orang.


 
 

Jika anda menghidupkan Automatic Update di Firefox anda, mungkin firefox anda sudah di versi 29. Untuk mengecek apakah anda sudah terupdate otomatis atau tidak, anda bisa mengeceknya dengan klik Firefox menu > Help > About Firefox. Jika tertera bukan versi 29, berarti Firefox anda masih di versi lama. Setelah itu, Firefox akan mencoba mengunduh versi terbaru secara otomatis. Anda tinggal tunggu saja, hingga proses update selesai.

Jika anda ingin mendapatkan file instalasinya, anda bisa mengunjungi artikel ini untuk mengunduhnya.

 

Saat saya membuat artikel ini, saya membuatnya dengan menggunakan browser Mozilla Firefox 29. Selain itu, saya juga membuka beberapa website dan mencoba melakukan kegiatan internet lainnya menggunakan browser ini. Hasilnya, cukup memuaskan dan didukung dengan tampilan yang segar juga.

 

Untuk itu, mari kita bahas sama-sama, apa saja yang baru di Mozilla Firefox 29 ini. Berikut ulasannya untuk anda:

Design Australis

Setelah selesai menginstall Firefox versi terbaru, satu hal yang mungkin muncul di pikiran anda adalah tampilannya yang mirip dengan Google Chrome. Ya, memang desain Australis yang diusung oleh Mozilla mirip dengan Chrome, namun tetap ada perbedaan. Tab yang tidak aktif akan berwarna sesuai dengan warna taskbar. Sedangkan yang aktif, akan berwarna putih. Tampilan ini berfungsi untuk membedakan mana tab yang aktif dan mana yang bukan. Kontras perbedaannya pun sangat jelas, sehingga anda tidak mungkin salah melihat.
Tampilan tab yang aktif sangat jelas

Selain itu, desain tab di Firefox lebih lengkung daripada desain tab yang dimiliki Chrome. Untuk address bar-nya sendiri, Firefox tetap mempertahankan 2 address bar, yaitu yang satu untuk mengetik alamat website dan yang satu lagi untuk mencari menggunakan Search Engine. Tapi, sebenarnya anda bisa melakukan pencarian di address bar alamat internet. Silahkan saja dicoba.

Masih mempertahankan 2 address bar
Jika anda mencari firefox menu yang biasanya ada di pojok kiri atas, pastinya anda tidak akan pernah menemukannya. Sekarang, Firefox menu dapat anda akses di pojok kanan atas layar anda. Firefox menu sekarang bisa dirubah menu-menunya sesuai dengan yang anda inginkan.
Firefox menu
Untuk melakukan perubahan menu, anda bisa mengklik “Customize”. Setelah itu, anda bisa mengklik dan drag menu di Firefox menu sesuai dengan yang anda inginkan. Tidak hanya itu, anda juga melakukan perubahan di bar dan di tempat lainnya. Jadinya, firefox memberikan keleluasaan untuk anda merubah firefox sesuai dengan apa yang anda inginkan.
Melakukan customize di Firefox sangat mudah
Senang dengan Firefox Persona? Tentu saja, anda bisa merubah tema Firefox seperti biasa. Silahkan kunjungi GetPersonas untuk menginstall tema yang anda inginkan.
Persona Firefox tetap bisa anda gunakan
Firefox Sync
 
Sekarang, fitur Firefox Sync sudah rampung dan bisa anda gunakan. Fitur ini memungkinkan anda untuk melakukan backup semua history, password, dan lain sebagainya ke Firefox. Sehingga, dimanapun anda berada dan di komputer mana saja, anda dapat dengan mudah mendapatkan data itu kembali. Untuk menggunakan fitur ini, anda diminta untuk membuat Firefox Account.
Untuk membuat Firefox Account, klik Firefox Menu > Options kemudian klik tab Sync. Lalu klik “Create Account”
Sinkronisasi di Firefox
Kemudian, masukkan alamat E-mail, password, dan juga tahun lahir anda dan klik Next. Ikuti terus petunjuknya untuk membuat akun baru di Firefox Account.
Setelah anda membuat Firefox Account dan melakukan Sign in, secara otomatis semua data dan pengaturan di Firefox akan di backup. Data tersebut dapat diakses di semua komputer dan juga smartphone anda.

Kesimpulan
 
Dengan berbagai kelebihan dan keunikan yang dimiliki oleh Firefox, pastinya anda ingin selalu menggunakannya terus. Menurut saya pribadi, saya sangat suka Firefox, karena browser ini adalah satu-satunya browser yang sangat terbuka dan mendukung internet yang aman, nyaman, dan dapat diakses oleh semua orang tanpa terkecuali. Jika anda adalah seorang programmer, anda dapat merubah Firefox sesuai dengan keinginan anda dan membuatnya menjadi browser baru buatan anda sendiri. Ini semua berkat Firefox yang berteknologi Open Source.
Sekian artikel ini semoga bermanfaat. Terus kunjungi Windowsku, Pusat Informasi Komputer dan Windows untuk mengetahui artikel menarik lainnya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.