Pengertian Homegroup Dan Cara Menggunakan Homegroup Di Windows 10

Pengertian HomeGroup Dan Cara Menggunakan HomeGroup Di Windows 10

Apakah anda memiliki Wi-Fi dirumah anda dengan pengguna komputer lebih dari 1? Sama seperti saya, saya juga menggunakan Wi-Fi dengan teman-teman saya. Untuk berbagi file, biasanya kita akan menggunakan media seperti flash disk atau harddisk eksternal. Sebenarnya di Windows, sudah ada fasilitas untuk melakukan hal itu semua. Namanya adalah HomeGroup.

Pengertian HomeGroup

HomeGroup adalah fasilitas yang diberikan oleh Microsoft semenjak Windows 7 yang difungsikan untuk berbagi file dan data lainnya yang terhubung dalam 1 jaringan. Berbagi file ini tentu saja tidak memerlukan koneksi internet. Yang penting adalah anda terhubung dengan 1 jaringan dengan komputer lainnya. Yang jadi pertanyaannya adalah seberapa cepat sih berbagi file dengan menggunakan jaringan seperti Wi-Fi?

Cara melihat status dari network

Anda bisa melihat kecepatan Wi-Fi anda dengan mengakses Control Panel > Network & Internet > Network & Sharing Center dan kemudian klik perangkat jaringan anda. Seperti pada gambar diatas, saya memiliki Wireless Router dengan kecepatan 135.0 Mbps. Jika dikalkulasikan, maka kecepatan transfer datanya adalah sebesar 135/8 = 16.875 MBps. Itu artinya, perangkat jaringan saya mampu berbagi file hingga 16 MB per detik. Memang kecepatannya tidak terlalu mengagumkan, namun sudah cukup untuk berbagi file yang ringan.

Cara Menggunakan HomeGroup di Windows 10

Cara mengakses HomeGroup di Windows 10

Jika anda sudah mengetahui kecepatan jaringan anda, anda bisa memulai membuat HomeGroup kepada jaringan anda. Pertama, silahkan anda akses HomeGroup di File Explorer dengan menekan kombinasi WINDOWS + E. HomeGroup terletak di bagian paling bawah seperti pada gambar diatas.

Cara Menggunakan HomeGroup di Windows 10

Jika anda sudah klik, maka akan terlihat seperti pada gambar diatas. Klik saja Next untuk melanjutkan. 

Memilih data yang bisa dibagikan

Silahkan anda pilih data-data apa saja yang dapat dibagikan ke komputer lain. Disini, hanya Documents saja yang tidak saya bagikan. Jika anda sudah selesai, klik saja Next.

Password untuk menghubungkan komputer lain

Nanti, anda akan dibagikan password untuk terhubung dengan HomeGorup anda. Jika anda ingin menghubungkan komputer lain, anda tinggal membagikan password ini ke komputer lainnya.

Melihat file dan folder yang dibagikan

Seperti pada gambar diatas, file dan folder inilah yang saya bagikan kepada komputer teman-teman saya yang lain. Mereka dapat mengaksesnya kapan saja asalkan komputer saya masih menyala.

Kesimpulan

Menggunakan HomeGroup di Windows 10 sangatlah mudah. Yang perlu anda persiapkan hanyalah sebuah jaringan yang terkoneksi ke semua komputer yang ingin anda bagikan. Pesan yang terakhir, pastikan komputer anda tidak terlalu jauh dengan Wireless Router, jika anda menggunakan perangkat Wireless. Karena akan berdampak pada kecepatan transfer data.

Sekian artikel Pengertian HomeGroup Dan Cara Menggunakan HomeGroup Di Windows 10. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

6 pemikiran di “Pengertian HomeGroup Dan Cara Menggunakan HomeGroup Di Windows 10”