13 Penyebab Pengisian Baterai Android Lambat

Penyebab Pengisian Baterai Android Lambat Header

Merasa pengisian baterai Android lambat? Jika anda adalah orang yang sibuk, memastikan smartphone Android anda cepat terisi penuh mungkin menjadi prioritas. Jika saat ‘ngecas’ terasa lama sekali, anda harus tahu apa saja penyebab pengisian baterai Android lambat. Mengetahui penyebabnya membuat anda bisa lebih produktif dalam menjalani kegiatan anda sehari-hari.

Di artikel ini, anda bisa mengetahui apa saja penyebab pengisian baterai Android lambat dan bagaimana mengatasinya jika bisa. Penulis akan mengurutkannya mulai dari penyebab yang paling umum hingga yang paling jarang.

1. Kualitas kabel charger yang buruk

Kabel Usb

Jika pengisian baterai smartphone Android anda lambat, hal pertama yang harus anda cek adalah kabel charger. Kabel inilah yang menghubungkan antara adapter dengan smartphone anda, sehingga semakin sering anda menggunakannya, kualitasnya bisa jadi semakin menurun.

Bayangkan saja, kabel charger bisa saja terinjak, tertindih benda tumpul atau tajam, sering dicabut dan dimasukkan lagi ke port USB smartphone anda. Apalagi ukuran kabel saat ini banyak sekali yang tipis, sehingga perlindungannya kurang maksimal.

Menggunakan kabel charger KW juga bisa menyebabkan pengisian baterai lambat. Ini sering sekali terjadi ketika kabel orisinil bawaan smartphone hilang, banyak orang yang membeli kabel yang tidak original. Kabel charger KW memiliki kualitas yang lebih buruk. Saran penulis ketika membeli kabel charger adalah beli saja yang second namun original. Akan lebih baik lagi jika anda membeli baru. Jangan sampai anda menggunakan kabel charger dengan merk yang tidak jelas.

2. Adapter Charger kualitasnya juga buruk

Selain kabel charger, tentu adapter-nya juga berpengaruh terhadap cepat atau tidaknya pengisian baterai. Adapter ini bisa saja tersandung oleh kaki anda maupun terinjak seperti kabelnya. Penggunaan adapter KW pun perlu diperhatikan, karena tidak ada jaminan bahwa smartphone anda aman saat menggunakan adapter ini.

Adapter Charger

Untuk itu, perhatikan adapter charger anda dengan seksama, apakah adanya kerusakan atau tidak. Jika anda menduga ada kerusakan dan anda ingin membeli adapter baru, membeli adapter dengan merk sama adalah opsi terbaik. Jika tidak, belilah merk lain namun dengan merk yang memiliki produk smartphone juga. Misalnya smartphone anda Asus, tidak mengapa jika anda membeli adapter merk Lenovo atau Samsung, yang penting original.

Jika tidak ada, berarti silahkan anda beli merk lain walaupun merk tersebut sebenarnya tidak memiliki produk smartphone. Pastikan saja adapter tersebut original.

3. Aplikasi yang berjalan di background

Penyebab pengisian baterai Android lambat bisa jadi karena aplikasi yang terinstall di smartphone anda. Jika anda memiliki aplikasi chatting seperti Whatsapp, BBM, Line, atau lainnya, aplikasi tersebut dapat mengeluarkan suara notifikasi ketika ada pesan masuk. Untuk melakukan tersebut, aplikasi chatting tersebut memiliki proses di latar belakang atau background. Proses tersebut memakan memori dan sumber daya prosesor anda. Hal ini membuat baterai juga terpakai akibat adanya aplikasi latar belakang.

Launch Manager Boost Aplikasi Android

Oleh karena itu, anda perlu mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Banyak smartphone Android yang membenamkan aplikasi untuk mengatur jalannya aplikasi. Seperti smartphone yang penulis pakai, penulis bisa menonaktifkan aplikasi tersebut agar tidak berjalan pada saat smartphone menyala.

Advanced Task Killer Android

Jika anda tidak memiliki aplikasi seperti diatas, anda bisa menggunakan aplikasi lain yang bisa anda download di Play Store. Contohnya adalah aplikasi Advanced Task Killer. Walaupun tampilannya seperti Android jaman dulu, tapi aplikasi tersebut dapat mematikan aplikasi dengan mudah. Cukup centang aplikasi yang ingin dimatikan dan sentuh “Boost (KILL)”. Pastikan saja bukan aplikasi chatting yang anda tutup, namun aplikasi lainnya yang sekiranya tidak penting. Jika aplikasi chatting, nanti anda tidak dapat notifikasi ketika ada pesan baru.

4. Kualitas baterai buruk

Apa anda baru saja membeli baterai baru untuk smartphone anda? Jika sehabis mengganti baterai anda merasa pengisian baterai menjadi lambat, bisa jadi baterai yang anda beli memiliki kualitas yang buruk. Sekali lagi, menggunakan baterai yang tidak original sangat kami tidak rekomendasikan, karena baterai dapat meledak sewaktu-waktu. Baterai seperti itu pastinya tidak di-control dengan baik. Performanya pun kalah dengan baterai yang original.

Baterai Smartphone

Memiliki baterai dengan umur pakai yang sudah lama juga bisa membuat pengisian daya Android menjadi lama. Karena baterai memiliki masa pakai. Setiap kali anda menggunakannya, maka performanya akan turun. Jika smartphone anda memiliki baterai yang dapat dilepas, menggantinya dengan baterai original adalah solusi terbaik.

5. Sumber daya listrik lemah

Bisa jadi Android anda lama mengisi dayanya diakibatkan sumber daya listriknya yang lemah. Ini biasanya terjadi jika anda mengisi daya menggunakan laptop. Laptop yang menggunakan standar USB 1.0 dan 2.0 hanya mampu mengeluarkan arus hingga 0,5 A. Sedangkan USB 3.0 mampu mengeluarkan arus hingga 0,9 A. Jika anda memiliki laptop dengan USB 1,0, 2,0, dan 3.0, maka pengisiannya lemah.

Jika anda ingin cepat mengisi baterai menggunakan laptop, pastikan laptop yang ada miliki mendukung USB 3.1. Karena USB ini mampu mendukung arus hingga 3 A dengan tegangan 5 V.

6. Smartphone anda tidak dilengkapi fitur Fast Charging

Banyak smartphone baru saat ini membenamkan fitur fast charging, dimana teknologi ini membuat pengisian daya smartphone menjadi lebih cepat. Tidak semua smartphone memiliki teknologi ini, sehingga jika pengisian daya baterai anda lambat, bisa jadi smartphone anda tidak mendukungnya. Teknologi Fast Charging yang digunakan smartphone berbasis SoC Qualcomm Snapdragon bernama Quick Charge.

Adapter Kabel Dash Charge
© Raimond Spekking / CC BY-SA 4.0 (via Wikimedia Commons), Dash Charge for OnePlus 5-8477, CC BY-SA 4.0

Walau smartphone anda menggunakan SoC Snapdragon, belum tentu ia mendukungnya. Silahkan cek di website resmi smartphone anda. Selain Snapdragon, SoC lain seperti Mediatek pun memiliki Fast Charging. Bahkan produsen smartphone sendiri membuat teknologi tersebut secara pribadi, seperti OnePlus dengan Dash Charge. Walaupun OnePlus menggunakan SoC Snapdragon, mereka lebih memilih teknologi yang mereka buat sendiri.

7. Anda menggunakan WIreless Charging

Wireless Charging
LG전자, Inductive charging of LG smartphone (1), CC BY 2.0

Teknologi pengisian daya nirkabel saat ini belum mampu mengungguli kecepatan pengisian daya tradisional lewat adapter dan kabel. Satu-satunya kelebihan yang dimiliki Wireless Charging adalah kenyamanan anda dalam mengisi daya, karena tidak perlu repot-repot mencari kabel dan mencolok smartphone anda.

Wireless Charging pun memiliki fitur Fast Charging, namun tetap saja saat ini belum bisa mengungguli Fast Charging menggunakan kabel.

8. Ukuran kapasitas baterai

Kapasitas Baterai Asus Zenfone Max Pro M1 Gsmarena
Kapasitas baterai Asus Zenfone Max Pro M1 dari GSMArena

Tahukah anda berapa kapasitas baterai anda? Biasanya bisa anda lihat informasi kapasitas baterai di kotak dus waktu membeli smartphone. Jika tidak ada, anda bisa cari di Google maupun langsung ke GSMArena dan cari model smartphone anda. Lalu, apa hubungannya kapasitas baterai dengan pengisian daya?

Kapasitas baterai yang biasa diukur menggunakan satuan mAh berpengaruh terhadap cepat atau lambatnya pengisian smartphone Android anda. Semakin besar kapasitasnya, maka semakin lama juga pengisiannya. Misalnya saja anda memiliki smartphone dengan kapasitas baterai sebesar 5000 mAh dan teman anda memiliki 3000 mAh saja, maka teman anda akan lebih cepat terisi penuh 100%.

Indikator BateraiTentu hal ini hanyalah perspektif saja. Sebenarnya jika dibandingkan, tetap sama saja cepat atau lambatnya pengisian daya. Namun di Android, anda hanya bisa melihat berapa persen kapasitas baterai yang ada saat ini, bukan berapa mAh yang sudah terisi.

9. Umur baterai

Umur baterai juga berpengaruh terhadap cepat atau lambatnya pengisian baterai. Semakin tua umur baterai, baterai akan kehilangan kemampuan dalam menyimpan arus listrik. Akibatnya, Android akan menampilkan kapasitas persentase baterai yang salah dan menyebabkan baterai seolah-olah tidak penuh. Jika anda merasa seperti itu, melakukan kalibrasi baterai mungkin bisa menjadi solusi.

Jika tidak, mengganti baterai bisa jadi menjadi satu-satunya cara. Hal ini sangat mudah jika anda memiliki smartphone dengan baterai yang dapat dilepas. Kalau tidak dapat dilepas, anda harus menyerah atau anda membeli smartphone baru. Karena mengganti baterai di baterai tanam sangatlah berbahaya.

10. Anda mengisi daya sambil menggunakan smartphone

Ini sama saja seperti anda mengisi bak mandi anda selagi anda mandi. Tentu bak mandi akan lama penuhnya jika sambil anda gunakan. Sama seperti di smartphone, jika anda menggunakan smartphone selagi mengisi daya, maka akan lama penuhnya. Apalagi aplikasi seperti Facebook dan Instagram adalah salah satu aplikasi yang banyak menghabiskan tenaga baterai.

Jika anda ingin cepat, tentu saja berhenti menggunakan selama smartphone di isi. Hal ini juga akan mengurangi panas berlebih dan membuat pengisian baterai Android menjadi lebih cepat.

11. Port USB terhalangi benda tak kasat mata

Sangat jarang bagi kita untuk memeriksa port USB yang ada di smartphone. Dan mungkin gara-gara itu, pengisian baterai Android anda jadi lambat. Bisa jadi anda benda tak kasat mata yang menghalangi pengisian daya, sehingga menjadi lebih lambat.

Port Usb Smartphone
Santeri Viinamäki, OnePlus 3 USB port (20160907), CC BY-SA 4.0

Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan kaca pembesar dan lihatlah ke port USB smarphone anda. Jika terlihat ada benda yang mencurigakan, tiup saja atau gunakan benda-benda panjang dan kecil untuk membuang benda tersebut. Namun anda harus hati-hati dalam membuat benda tersebut dan jangan sampai malah merusak port USB anda.

12. Port USB berkarat

Port USB seperti kebanyakan bahan metal lainnya bisa saja menjadi berkarat. Karat bisa terjadi akibat keringat atau kelembaban. Karat dapat melapisi port USB dan dapat menghalangi daya listrik mengalir dan mengakibatkan pengisian baterai Android lambat. Jika hal ini terjadi, penulis sarankan untuk menghubungi service center terdekat atau langsung kesana untuk memperbaikinya. Sangatlah fatal jika anda mencoba untuk memperbaikinya sendiri.

13. Port USB rusak

Hal ini adalah hal yang paling menakutkan. Jika anda mencoba memperbaiki sendiri port USB dan akibatnya anda tidak bisa mengisi daya smartphone anda lagi, maka anda telah mematahkan atau merusak port USB di dalamnya. Pada saat ini, anda harus segera ke service center dan mintalah memperbaikinya. Biasanya anda akan dikenakan biaya jika anda mencoba memperbaikinya sendiri dan rusak. Jika tidak, silahkan cek apakah garansi anda masih berlaku untuk mendapatkan perbaikan secara gratis.

Bagaimana menurut anda artikel 13 Penyebab Pengisian Baterai Android Lambat?

Kita semua ingin serba cepat dalam berbagai hal. Menunggu merupakan cara terburuk mengamalkan waktu karena setiap detiknya tidak akan bisa anda dapatkan lagi. Dari semua penyebab pengisian baterai Android lambat, yang manakah yang anda alami? Apakah anda memiliki penyebab lain selain di artikel ini? Silahkan tulis di kotak komentar.

Tinggalkan sebuah komentar

You have to agree to the comment policy.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.