Perbedaan 32 Bit Dan 64 Bit Header

Yuk Mengenal Perbedaan 32 Bit dan 64 Bit di Windows!

Selain Windows bisa dibedakan berdasarkan edisinya seperti Windows 10 Home dan Windows 10 Pro, Windows juga bisa di bagi berdasarkan faktor lain. Mungkin anda pernah mendengar istilah 32 Bit dan 64 Bit. Di artikel ini, kita akan membahas bagaimana 32 Bit dan 64 Bit Windows mempengaruhi komputer anda dan bagaimana cara mengetahui versi Windows atau komputer, apakah 32 atau 64 bit.

Istilah 32 bit dan 64 bit biasa dalam dunia komputer biasa disebut Arsitektur. Komputer saat ini paling banyak saat ini menggunakan arsitektur 32 atau 64 bit. Arsitektur ini sebenarnya lebih ditekankan kepada perangkat CPU atau prosesor. Selain itu jika dilihat dari angkanya, 64 bit lebih bertenaga dibandingkan dengan 32 bit. Apa alasannya?

Pengenalan Komputer 32 Bit dan 64 Bit

Mengenal angka biner

Komputer yang saat ini kita pakai tidak mengenal banyak angka seperti manusia. Jika kita dari TK sudah diajari jika angka dimulai dari angka 0 hingga 9, hal tersebut tidak berlaku untuk komputer. Komputer hanya mengenali angka 0 dan angka 1 saja. Artinya, semua aplikasi dan sistem operasi termasuk Windows sebenarnya berjalan dengan bermodalkan 2 angka ini saja yaitu 0 dan 1. Angka 0 dan 1 ini biasa disebut sebagai angka biner.

Contoh lainnya yaitu ketika anda menekan tombol “A” dengan keyboard anda. Walaupun di layar komputer, anda melihat huruf A, namun pemrosesan yang terjadi di komputer anda, huruf A tersebut di representasikan sebagai “010000010”, dimana angka ini merupakan angka biner. Begitu juga dengan huruf lainnya, semua huruf memiliki angka biner masing-masing.

Untuk mengubah teks menjadi angka biner, anda bisa menggunakan layanan online gratis bernama ASCII text to Binary Converter ini.

32 bit dan 64 bit

Arsitektur 32 maupun 64 bit mempengaruhi seberapa cepat informasi atau data dapat di ingat maupun di proses. Dan seperti yang kita ketahui sebelumnya, 64 bit lebih bertenaga dibandingkan 32 bit. Apa alasannya?

Ini dikarenakan komputer atau lebih spesifiknya prosesor yang mendukung 32 bit memiliki jumlah alamat yang bisa digunakan hingga 2^32 (dibaca 2 pangkat 32). Ini artinya prosesor 32 bit sanggup mengolah data sebesar 4.294.967.296 byte. Angka tersebut jika diubah menjadi Giga Byte menjadi 4 GB. Sedangkan 64 bit sanggup mengolah data sebesar 18.446.744.073.709.551.616 byte atau sebesar 16 exabyte (18 miliar GB).

DIkarenakan perbedaan yang sangat jauh, 64 bit menang di segala hal, mulai dari performa, data yang dapat diolah, hingga jumlah kapasitas RAM. Jika prosesor anda hanya mendukung 32 bit saja, anda tidak bisa menggunakan RAM lebih dari 4 GB. Sedangkan prosesor 64 bit sanggup menggunakan RAM hingga 16 exabyte.

Bagaimana Windows menangani 32 bit dan 64 bit

Prosesor saat ini sudah canggih dan kemungkinan prosesor anda sudah mendukung 64 bit sangat besar. Windows pun juga tersedia dalam bentuk 32 bit dan 64 bit. Sehingga jika anda memiliki prosesor 64 bit, menggunakan Windows versi 64 bit adalah pilihan yang tepat.

Untuk mengetahui arsitektur prosesor beserta versi Windows, anda bisa tekan tombol Windows + X di keyboard anda, kemudian tekan tombol “Y” untuk membuka System. Seperti gambar diatas, komputer yang saya miliki memiliki prosesor 64 bit dan juga menggunakan Windows versi 64 bit. 64 bit di Windows akan ditulis x64.

Berbeda dengan 32 bit, Windows akan mengenalinya sebagai x86. x86 ini murni hanya penamaan arsitektur saja dan bukan menunjukkan bahwa x86 lebih kuat dibandingkan x64. Istilah x86 digunakan pada jaman 1990-an. Dimana ketika itu, prosesor Intel yang mendominasi seperti seri Intel 8086 menggunakan angka “86”.

Hal lain yang perlu anda ketahui adalah prosesor 64 bit juga mendukung arsitektur 32 bit. Sehingga seluruh aplikasi atau program yang ditulis menggunakan arsitektur 32 bit bisa berjalan di prosesor 64 bit. Hal ini tidak berlaku untuk prosesor 32 bit.

Aplikasi 32 bit dan 64 bit

Download Firefox

Aplikasi atau program yang anda install pun berpengaruh terhadap arsitektur ini. Aplikasi yang biasa kita gunakan seperti Google Chrome, Firefox, Microsoft Word, dan aplikasi lainnya juga tersedia untuk arsitektur 32 maupun 64 bit.

Jika anda memiliki komputer 64 bit, menggunakan aplikasi 64 bit adalah pilihan terbaik agar performanya lebih baik. Namun jika si pembuat aplikasi tidak menyediakannya, anda juga bisa menggunakan aplikasi 32 bit di komputer anda.

Apakah saya bisa upgrade Windows 32 bit ke 64 bit?

Hal ini biasa terjadi jika anda sebenarnya memiliki prosesor yang mendukung 64 bit, namun Windows yang terpasang adalah 32 bit. Jika anda berada dalam kondisi tersebut, tentu anda bisa upgrade. Namun, anda perlu back-up seluruh file seperti dokumen, foto, video, musik, dan lain-lain.

Namun jika prosesor anda hanya mendukung 32 bit, anda tidak bisa menjalankan Windows 64 bit. Anda perlu upgrade komputer anda agar bisa menikmati 64 bit. Jika anda membelinya 6 tahun belakangan ini, seharusnya prosesor anda mendukung 64 bit.

Sekarang Anda Paham Mengenai 32 Bit dan 64 Bit

Jika anda masih menggunakan komputer 32 bit, mungkin ini sudah waktunya anda untuk upgrade. Komputer 64 bit menawarkan performa yang lebih tinggi, memori yang lebih banyak, dan dukungan program atau aplikasi terbaru juga terus anda dapatkan. Walaupun tidak ada kabar 32 bit akan punah, namun bisa dipastikan bahwa 64 bit akan terus berkembang.

Lalu, bagaimana menurut anda artikel perbedaan 32 bit dan 64 bit ini? Apakah masih ada hal yang belum anda pahami? Silahkan ketik di kotak komentar ya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.