Pertolongan Pertama Saat Windows Mengalami Masalah

Jika anda menemukan masalah di Windows anda, apakah langkah yang anda ambil? Mungkin, anda mulai membuka Google dan mengetikkan keyword sesuai dengan masalah yang anda hadapi. Eittss, tunggu dulu. Sebenarnya, di Windows sudah ada berbagai tool untuk memeriksakan masalah yang sedang anda alami dan juga memperbaiki masalah anda. Jadinya, gunakan cara ini terlebih dahulu sebelum anda mencari di Google.
Daripada anda lelah-lelah mencari di Google, saya sarankan untuk menggunakan pertolongan pertama ini. Nah, ini dia beberapa hal yang dapat anda coba jika terjadi masalah di komputer anda.
Action Center
 
Pernahkah anda memperhatikan Action Center? Ya, Action Center diperkenalkan pertama kali pada Windows Vista. Fungsinya adalah untuk monitoring kondisi Windows anda, apakah ada masalah atau tidak. Jadinya, jika anda memiliki masalah di Windows, silahkan cek dulu di Action Center.
Untuk mengakses Action Center, klik Start (Start Screen untuk Windows 8) dan ketik “Action Center” dan tekan enter. Maka, jendela Action Center akan terbuka.
Seperti yang terlihat pada gambar diatas, saya memiliki satu masalah. Yaitu ternyata Antivirus saya tidak aktif. Action Center akan memberikan solusi untuk masalah anda, yaitu anda akan diminta untuk menghidupkan antivirus anda. Klik saja “Turn on now” untuk menghidupkan antivirusnya.
Ketika anda sudah klik “Turn on now”, maka dialog box akan hadir. Klik saja “Yes, I trust the publisher and want to run this program”. Nantinya, antivirus anda akan aktif dengan sendirinya.
Perlu diingat juga, tidak semua masalah dapat dijelaskan pada Action Center. Jadinya, jika masalah anda tidak ada di Action Center, silahkan anda menuju tips dibawah ini.
Troubleshooting (Automatic)
 
Di Windows anda, sudah tersedia Troubleshooting secara otomatis. Troubleshooting adalah berbagai perlengkapan untuk memperbaiki masalah yang sedang anda hadapi. Untuk mengakses Troubleshooting, klik saja Start dan ketik “troubleshooting” dan tekan enter. Jendela Troubleshooting akan terbuka.
Jika anda terkoneksi dengan internet, anda bisa memberikan tanda centang pada “Get the most up-to-date troubleshooters from Windows Online Troubleshooting service”. Fungsinya adalah supaya Windows mengunduh pack untuk troubleshooting terbaru untuk masalah di Windows. Setelah itu, pilih saja masalah yang sedang anda hadapi. Misalnya, saya disini memiliki masalah tentang Windows Aero. Jadinya, klik saja “Appearance and Personalization”. Setelah itu, klik saja “Aero” pada jendela berikutnya.
Kemudian, jendela baru akan keluar. Disana, akan ada opsi “Advanced”. Jika anda klik, maka ada opsi “Apply repairs automatically”. Jika anda memberikan tanda centang, maka setiap masalah yang ditemukan, akan otomatis diperbaiki oleh Windows. Jika sudah, klik Next.
Tunggu hingga Windows menemukan masalah anda. Jika sudah ditemukan, Windows akan memperbaikinya secara otomatis. Laporan tentang apa saja yang diperbaiki akan ditampilkan setelah semua pengecekan berhasil. Jika sudah, maka laporannya seperti ini:
Perlu diperhatikan, tiap masalah yang anda hadapi mungkin saja berbeda cara perbaikannya. Bisa jadi untuk memperbaiki masalah tersebut, anda harus melakukan langkah demi langkah. Pada intinya, ikuti langkah pada Troubleshooting untuk memperbaiki masalah yang sedang anda hadapi.
Seperti pada gambar diatas, masalah saya ternyata terdapat pada Transparency yang dimatikan. Windows otomatis akan memperbaikinya untuk anda. Jika cara diatas belum bisa memperbaiki masalah anda, silahkan lakukan langkah dibawah ini.
Microsoft Fix It Solution Center
 
Ini adalah langkah terakhir dalam rangkaian pertolongan pertama untuk Windows. Microsoft Fix It adalah layanan dukungan terhadap Windows yang mirip dengan Troubleshooting yang sudah ada, namun dengan cara yang lebih mendalam. Cara yang diberikan adalah dengan mengunduh aplikasi Fix It dan anda menjalankannya. Cara penggunannya hampir mirip dengan Troubleshooting.
Microsoft Fix It dapat anda akses di link dibawah ini:
Setelah anda buka websitenya, pilih kategori dari masalah anda. Seperti pada gambar dibawah ini, saya memiliki masalah di Windows. Jadinya, pada bagian “Select a problem area” pilihlah Windows. Kemudian pada tahap kedua pada bagian “What are you trying to do?”, saya memilih “Fix performance, errors, or crashes”. Setelah itu, pada panel sebelahnya, saya memilih “Slow performance, startup, shut down, or memory”.
Setelah anda memasukkan kriteria masalah yang anda hadapi, maka solusinya akan ditampilkan dibawahnya.
Ada 2 solusi yang bisa diberikan oleh Microsoft Fix It:
  1. Software Troubleshooting Mode (Automatic): Solusi yang diberikan adalah berupa software yang bisa anda jalankan. Cara ini hampir sama dengan Troubleshooting di Windows. Untuk mengunduhnya, silahkan klik saja “Run Nom” pada solusinya. Otomatis, softwarenya akan terunduh.
  2. Tutorial Mode (Manual): Jika masalah yang anda hadapi belum ada softwarenya, berarti anda hanya memiliki opsi tutorial. Tutorial ini maksudnya adalah solusi atas masalah anda akan dijelaskan langkah demi langkah. Jadinya, anda tidak perlu mengunduh software.
Sebagai contoh untuk Software Troubleshooting Mode, saya akan menjalankan solusi pada “Fix Windows system performance problems on slow Windows Computers”. Jika anda klik “Run now”, anda akan mengunduh softwarenya. Selesai diunduh, jalankan saja softwarenya. Langkah pertama, klik saja “Accept” untuk menerimanya. Setelah itu, tunggu hingga Microsoft Fix It mengunduh enginenya. Ini tidak memerlukan waktu yang lama.
Setelah selesain diunduh, silahkan pilih modenya. Apakah secara otomatis atau tidak, itu terserah dari anda. Jika tidak secara otomatis, anda akan diarahkan langkah demi langkah bagaimana cara mengatasinya. Opsi ini hanya saya sarankan bagi anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang masalah anda.
Untuk yang Tutorial Mode, jika anda klik pada solusinya, maka akan keluar solusi langkah demi langkah yang harus anda lakukan secara manual. Contohnya adalah seperti dibawah ini:
Kesimpulan
 
Nah, itulah dia pertolongan pertama yang bisa anda lakukan untuk Windows kesayangan anda. Jika masalah yang anda hadapi tidak kunjung terpecahkan, silahkan mencoba mengunjungi Windows Fix Center dari Windowsku. Disana, terkumpul artikel-artikel yang memuat cara-cara memperbaiki Windows anda. Sekian artikel hari ini, semoga bermanfaat bagi pembaca. Terus kunjungi Windowsku, Pusat Informasi Komputer dan Windows.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.