Petunjuk Lengkap Sebelum Membeli Microsd Buying Guide

Petunjuk Lengkap Membeli microSD (microSD Buying Guide)

Jangan membeli microSD sebelum anda membaca artikel ini! Tidak semua microSD diciptakan sama dan anda harus tahu beberapa informasi berikut sebelum membelinya. Petunjuk lengkap sebelum membeli microSD atau microSD Buying Guide ini akan menuntun anda untuk menemukan microSD yang tepat untuk smartphone, kamera, dan perangkat lainnya.

Berbagai ukuran fisik SD (Secure Digital) Card

Dengan semakin menjamurnya perangkat smartphone, kita semakin sering mendengar istilah microSD. microSD saat ini menjadi pilihan utama untuk memperbesar kapasitas penyimpanan smartphone anda. Namun tahukah anda bahwa microSD hanyalah salah satu dari 3 tempat penyimpanan flash memory yang ada?

Berikut 3 ukuran fisik kartu SD yang bisa anda dapatkan saat ini:

  • Kartu Standard SD: Memiliki ukuran 32 x 24 x 2.1 hingga 1,4 mm
  • Kartu miniSD: Memiliki ukuran 21,5 x 20 x 1,4 mm
  • Kartu microSD: Memiliki ukuran 15 x 11 x 1 mm

Berbagai Bentuk Kartu Sd

Setelah anda membaca daftar diatas, bisa ditarik kesimpulan bahwa microSD merupakan kartu yang paling kecil diantara yang lain. Namun anda salah, karena pada bulan Oktober 2018, Huawei memperkenalkan nanoSD, dimana ukurannya sama persis seperti nano SIM!

Seperti artikel dari situs TheVerge, nanoSD atau Huawei sebut sebagai NM Card saat ini hanya bisa digunakan di smartphone terbarunya yaitu Huawei Mate 20 Pro. NM Card memiliki kapasitas hingga 256 GB dan kecepatan transfer hingga 90 MB/detik. Kita juga belum tahu bagaimana ketersediaan kartu ini, bahkan informasi smartphone Huawei Mate 20 Pro untuk Indonesia belum ada.

Namun untuk artikel ini, kita fokus membahas microSD saja, mengingat bentuk ini yang paling populer.

Kapasitas penyimpanan

MicroSD atau kartu SD lainnya memiliki berbagai macam kapasitas penyimpanan. Saat artikel ini turun, tersedia 4 tipe kapasitas. Tipe-tipe ini merupakan standard yang dikeluarkan oleh SD Association (sebuah ekosistem yang terdiri dari berbagai perusahaan untuk menciptakan sebuah standar). Tentu semakin besar kapasitasnya, harganya juga semakin mahal. Ini dia 4 tipe kapasitas penyimpanan kartu SD.

1. SD atau SDSC – SD Standard Capacity

Tipe ini merupakan microSD dengan kapasitas terkecil yaitu antara 1 MB hingga 4 GB. Saat kartu SD pertama kali dijual, orang-orang menyebutnya sebagai kartu SD saja. Istilah SDSC baru terdengar setelah mengeluarkan kapasitas yang lebih tinggi yaitu SDHC

Kartu Sd Sdsc

Setiap besaran kapasitas microSD atau kartu SD lainnya, terdapat sebuah logo yang menandakan tipe kapasitasnya. Jika ada logo “SD” seperti gambar diatas, maka kapasitasnya pasti antara 1 MB hingga 4 GB.

2. SDHC – SD High Capacity

Kartu Sd Sdhc
李家宇, MicroSD與SD記憶卡, CC BY-SA 4.0

Dengan kebutuhan penyimpanan data yang semakin lama semakin besar, SDHC yang diluncurkan bulan Januari 2006 memainkan peran besar disini. Dengan dukungan kapasitas 4 GB hingga 32 GB, penggunaannya sangat cocok untuk perekaman video. SDHC pun secara bawaan menggunakan file system berjenis FAT32.

Selain kapasitas yang semakin besar, SDHC juga bisa backward compatible. Artinya, microSD atau kartuSD dengan SDHC bisa digunakan dengan perangkat yang hanya mendukung SDSC. Sehingga jika anda memiliki perangkat yang mendukung SDSC, SDHC juga bisa digunakan di perangkat tersebut.

3. SDXC – SD eXtended Capacity

Diumumkan pada bulan Januari 2009 oleh SD Association, kartu ini sanggup menyimpan data 64 GB hingga 2 TB. microSD atau kartu SD tipe ini secara bawaan menggunakan file system berjenis exFAT dimana exFAT ini memiliki banyak keunggulan, salah satunya mendukung kapasitas hingga 4 TB. Hal ini tidak bisa dilakukan di FAT32, sehingga SD Association harus menggunakan exFAT.

Microsd Sdxc
Afrank99, Sandisk microSDXC 64GB Ultra, CC BY-SA 3.0

Perlu diingat bahwa SDXC ini merupakan standard kartu SD. Oleh karena itu, walaupun standard-nya sudah ada, sayangnya tidak banyak perusahaan yang membuat microSD dengan standard ini. Saat ini, salah satu perusahaan pembuat kartuSD yaitu Lexar baru akan meluncurkan kartu SD dengan ukuran 1 TB tahun depan. Bahkan kartu SD pertama dengan ukuran 512 GB saja baru dijual pertama kali pada bulan Januari 2018 oleh Sandisk.

Untuk kompatibilitas, tidak semua perangkat bisa menggunakan SDXC ini. Jika perangkat anda diluncurkan pada saat standar SDXC belum ada, otomatis perangkat anda tidak bisa menggunakan SDXC. Untuk itu, silahkan baca terlebih dahulu di buku manual apakah perangkat anda mendukung SDXC atau tidak.

4. SDUC – SD Ultra Capacity

Diumumkan pada bulan Juni 2018, kapasitas extra besar yang mendukung 4 TB hingga 128 TB ini belum bisa anda dapatkan. Karena microSD dengan kapasitas 1 atau 2 TB saja masih belum di produksi secara masal dan mungkin baru bisa anda beli di tahun 2019 nanti.

Walau belum bisa anda beli, SDUC ini nantinya bisa digunakan di perangkat yang telah mendukung SDHC dan SDXC. SDUC memang sangat penting, mengingat perekaman video saat ini bisa mencapai resolusi 8K. Dimana video 1 menit 8K rata-rata memakan kapasitas sebanyak 6 GB.

Kecepatan transfer data

Selain kapasitas microSD itu sendiri, kecepatan juga hal yang sangat penting untuk anda perhatikan. Karena percuma saja kapasitas microSD anda besar, namun ketika merekam video, microSD anda tidak mampu menyimpannya akibat microSD yang lambat. Alhasil, video bisa terlihat patah-patah maupun rusak.

Untuk itu, microSD memiliki ciri khusus yang menandakan kecepatan microSD. Total ada 3 ciri khusus yang harus anda pahami sebelum membeli microSD. Berikut informasinya.

1. Speed Class

Total ada 4 kelas yang memiliki kecepatan yang berbeda-beda. Berikut tabelnya:

Kelas Kecepatan
Class 2 Kartu SdClass 2 (C2) 2 MB/Detik
Class 4 Kartu SdClass 4 (C4) 4 MB/Detik
Class 6 Kartu SdClass 6 (C6) 6 MB/Detik
Class 10 Kartu SdClass 10 (C10) 10 MB/Detik

Hal yang penting yang perlu anda ingat adalah seluruh kecepatan pada tabel diatas merupakan kecepatan minimum. Ya, jika anda membeli microSD dengan speed class 10, maka kecepatan minimalnya adalah 10 MB/detik dan bisa saja kecepatannya melebihi.

2. Ultra High Speed (UHS) Class

Ultra High Speed Class merupakan kriteria baru yang dikeluarkan oleh Asosiasi Secure Digital untuk menunjukkan kartu SD dengan kecepatan tinggi. Kebutuhan akan kecepatan transfer data yang lebih cepat, membuat UHS ini begitu penting karena Speed Class hanya tersedia hingga Class 10 saja.

Berikut tabel informasi UHS Class:

Kelas Kecepatan
Uhs 1 Kartu SdClass 1 (U1) 10 MB/Detik
Uhs 3 Kartu SdClass 3 (U3) 30 MB/Detik

Seperti Speed Class, kecepatan pada tabel diatas juga merupakan kecepatan minimum dan kecepatan bisa lebih besar lagi. Dengan memiliki microSD dengan logo UHS, bisa dipastikan bahwa microSD anda akan memiliki performa yang sangat baik.

3. Video Speed Class 

Pada tahun 2016, Asosiasi Secure Digital kembali mengeluarkan kriteria Class terbarunya yaitu Video Class. Hal ini sangat penting, mengingat semakin banyak orang yang menggunakan smartphone untuk menangkap video. Kamera smartphone yang semakin canggih dan semakin besar, tentu harus ditopang dengan performa microSD yang baik pula, agar video yang direkam tidak patah-patah.

Berikut tabel informasi Video Class:

Kelas Kecepatan Penggunaan
V6 Class Kartu SdClass 6 (V6) 6 MB/Detik Perekaman Video HD hingga Full HD
V10 Class Kartu SdClass 10 (V10) 10 MB/Detik Perekaman video Full HD
V30 Class Kartu SdClass 30 (V30) 30 MB/Detik Perekaman video Full HD hingga 4K mulai dari 60/120 FPS
V60 Class Kartu SdClass 60 (V60) 60 MB/Detik Perekaman video 8K 60/120 FPS
V90 Class Kartu SdClass 90 (V90) 90 MB/Detik

Namun sebenarnya, seluruh 3 Speed Class yang telah dijelaskan diatas memiliki makna yang sama. Yang membedakan hanyalah kecepatannya saja. Misalnya microSD yang memiliki logo “C10”, maka microSD tersebut juga memiliki speed class “U1” dan “V10”. Ini dikarenakan “C10” memiliki kecepatan sequential sebesar 10 MB/detik yang sama dengan speed class “U1” dan “V10”. Agar lebih jelas, berikut tabelnya:

Kecepatan Transfer Data Minimum Speed Class UHS Class Video Speed Class
2 MB/Detik Class 2 Kartu SdClass 2 (C2)
4 MB/Detik Class 4 Kartu SdClass 4 (C4)
6 MB/Detik Class 6 Kartu SdClass 6 (C6) V6 Class Kartu SdClass 6 (V6)
10 MB/Detik Class 10 Kartu SdClass 10 (C10) Uhs 1 Kartu SdClass 1 (U1) V10 Class Kartu SdClass 10 (V10)
30 MB/Detik Uhs 3 Kartu SdClass 3 (U3) V30 Class Kartu SdClass 30 (V30)
60 MB/Detik V60 Class Kartu SdClass 60 (V60)
90 MB/Detik V90 Class Kartu SdClass (V90)

Dilihat dari tabel diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa jika anda membeli microSD dengan logo “U3”, maka microSD tersebut juga memiliki rating speed class yang “V30” atau minimum transfer data sebesar 30 MB/Detik. Walaupun microSD tidak tercantum logo “V30” namun hanya tercantum logo “U3” saja, itu tidak menjadi masalah.

4. Application Class

Tidak sama dengan Class lainnya yang ada di atas, Class ini lebih mengutamakan seberapa cepat pembacaan (Read) dan penulisan (Write) secara acak/random. Hal ini sangat penting mengingat seluruh aplikasi yang anda gunakan di smartphone anda setiap saat membaca ataupun menulis secara acak, tidak secara berurutan/sequential seperti pada saat meng-copy atau memutar video.

Untuk itulah Application Class hadir untuk mengukur kecepatan baca dan tulis secara acak. Satuan ukurannya yaitu IOPS yang merupakan kependekan dari Input/Output Operations Per Second. Berikut informasinya.

Kelas Kecepatan Minimum Tulis Secara Berurutan Kecepatan Minimal Baca Acak Kecepatan Minimal Tulis Acak
Application Class 1 Kartu SdClass 1 (A1) 10 MB/detik 1500 IOPS 500 IOPS
Application Class 2 Kartu SdClass 2 (A2) 4000 IOPS 2000 IOPS

UHS Bus Speed

Yang membuat membeli microSD semakin bingung adalah adanya rating UHS Bus Speed ini. Namun, anda tak perlu khawatir karena UHS Bus Speed ini sama saja seperti Speed Class, hanya saja UHS Bus Speed merupakan standard kecepatan maksimal yang mampu diberikan kartu SD.

Perlu diingat bahwa Speed Class dan Application Class mendefinisikan kecepatan minimal microSD. Dan UHS Bus Speed ini memberikan kecepatan maksimumnya. Seperti Speed Class dan Application Class, tentu ada logo yang bisa anda perhatikan untuk membedakannya dengan kartu SD lainnya. Berikut informasinya:

Uhs Bus Speed

Seperti gambar diatas, bisa anda lihat bahwa untuk mengetahui UHS Bus Speed, anda cukup melihat logonya dan bandingkan dengan logo yang ada diatas.

Bagaimana menurut anda artikel Petunjuk Lengkap Sebelum Membeli microSD (microSD Buying Guide)?

Dengan membaca artikel ini, anda pastinya siap membeli microSD yang sesuai dengan kebutuhan anda. Selain tips diatas, jangan sampai anda tergiur dengan microSD dengan spesifikasi yang bagus namun harganya sangat murah. Karena banyak sekali microSD atau kartu SD palsu beredar.

Cara paling mudah untuk melihat asli atau palsu microSD yaitu dengan melihat hologram dalam paket penjualan. Namun hologram ini tidak terdapat di semua merk microSD, sehingga anda harus cek di toko lain untuk mendapatkan informasi lebih.

Lalu, apakah anda memiliki pertanyaan? Bagaimana pengalaman anda dalam membeli microSD? Silahkan bagikan pengalaman anda di kotak komentar.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.