BerandaKeamananPrivate Browsing. Apakah kegunaannya?

Private Browsing. Apakah kegunaannya?

Privasi dan keamanan merupakan hal yang sangat penting dalam dunia web. Terkadang, kita ingin saat kita browsing di komputer teman, tidak ada data browsing yang tertinggal di komputer tersebut. Untuk itu, di setiap browser, sudah ada fitur Private Browsing. Dengan Private Browsing, data-data saat browsing segera dihapus setelah pengguna mengklik tombol close.

Pada browser yang terkenal, seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan Google Chrome, anda dapat mengakses Private Browsing. Caranya adalah:
Internet Explorer (InPrivate Browsing)
 
Anda dapat mengakses Private Browsing di Internet Explorer dengan mengklik ikon “gear” lalu pilih ‘Safety’ dan klik “InPrivate Browsing”. Atau anda juga bisa menekan tombol CTRL + SHIFT + P.
 
Mozilla Firefox
 
Di Firefox, anda bisa mengakses Private Browsing dengan mengklik Firefox Menu dan klik Start Private Browsing. Shortcutnya adalah CTRL + SHIFT + P
 
Google Chrome / Chromium (Incognito Window)

Anda dapat mengakses Incognito dengan cara mengakses Chrome menu dan klik “New Incognio Window”. Atau menekan shortcut CTRL + SHIFT + N


Hal – hal yang dilakukan dalam mode Private Browsing

Seperti namanya, Private Browsing akan berusaha agar aktivitas browsing anda sangat aman dan sangat pribadi. Ada banyak hal yang dilakukan browser. Bisa anda lihat dibawah ini:

  1. Semua data website yang anda kunjungi tidak akan disimpan. Biasanya, ketika kita membuka sebuah website, maka browser secara otomatis menyimpannya di History. Kalau mode Private Browsing dihidupkan, maka data tersebut tidak akan disimpan dalam history.
  2. Cookies tetap disimpan dalam browser, namun akan dihapus setelah pengguna mengklik tombol close. Di masing-masing website, biasanya website tersebut membutuhkan cookie agar website berjalan dengan lancar. Namun tentu saja akan dihapus setelah anda mengklik tombol close dari browser anda.
  3. Data temporary files akan terhapus juga saat browser ditutup. Termasuk daftar file yang diunduh.
Tidak semua data-data saat browsing akan dihapus secara permanen. Data-data dibawah ini akan tetap berada di komputer anda:
  1. Hasil unduh yang anda lakukan akan tetap berada di komputer.
  2. Bookmark juga akan tetap disimpan
Apakah setelah menghidupkan Private Browsing, aktivitas browsing saya sepenuhnya terjaga?
 
Tidak, karena Private Browsing hanya menghapuskan data yang ada di komputer anda saja. Sebagai contohnya:
  1. Website yang sengaja meminta anda untuk mengelola data anda.
  2. Internet Service Provider. ISP tentu saja bisa mengetahui aktivitas browsing anda.
  3. Software jahat yang ada di komputer juga bisa mengirimkan data ke server orang lain.
  4. Terkadang, diinternet akan ada orang yang melakukan survey terhadap aktivitas browsing. Biasanya orang ini merupakan agen rahasia dari sebuah negara, sehingga kita tidak bisa mencegahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *